Hati-Hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Picu Stres, Baiknya Dihindari!

Hati-Hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Picu Stres, Baiknya Dihindari!

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa stres tidak hanya dapat mengganggu kesehatan mental saja, namun fisik pun ikut terkena dampaknya. Stres dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pekerjaan yang menumpuk, kondisi ekonomi, hubungan sosial yang sedang kurang baik, hingga mengalami pengalaman yang kurang menyenangan.

Selain itu, nyatanya masih ada kebiasaan yang dapat memicu stres, apalagi jika dilakukan secara terus menerus, lho. Lantas, apa saja aktivitas-aktivitas lainnya yang bisa membuatmu mengalami stres, hingga tingkat tinggi?

Ini informasi lengkapnya.

 

 

Terlalu Lama Menyendiri

Hati-Hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Picu Stres, Baiknya Dihindari!

Credit Image - klikdokter.com

Menyendiri memang terkadang baik dan bermanfaat untuk mendapatkan ketenangan diri, akibat berbagai tekanan dalam hidup ini. Namun, jika kamu terlalu lama menyendiri dan setiap hari kamu menghabiskan waktu dengan selalu beraktivitas seorang diri, maka kebiasaan ini juga dapat memicu stres tinggi.

Risiko mengalami depresi pun sulit dihindari. Manusia adalah makhluk sosial, sehingga ada baiknya kamu juga perlu menyeimbangkan kehidupanmu dengan beraktivitas bersama orang lain. Menjaga hubungan sosial yang baik dengan keluarga, teman, rekan kerja maupun lainnya adalah hal yang bisa membantumu mencegah stres dalam menjalani hidup ini.

 

Melakukan Multitasking Berlebihan

Banyaknya kegiatan yang harus kamu jalani dan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, memang terkadang menuntutmu untuk harus multitasking. Akan tetapi, aktivitas melakukan banyak hal dalam satu waktu, jika terus-menerus kamu jalani, hal ini dapat memicu stres tinggi.

Waktu, tenaga dan pikiran yang dibutuhkan ketika kamu beraktivitas secara multitasking akan meningkat dari biasanya. Energi pun bisa terkuras habis, jika kamu tetap memaksakan diri untuk beraktivitas seperti ini sepanjang hari, maka yang akan terjadi adalah perasaan tertekan dan stres akan meningkat tajam.

Untuk mencegahnya, cobalah untuk mengendalikan diri agar beraktivitas dengan satu kegiatan dulu, lalu istirahat sejenak, setelah energimu pulih barulah kamu melanjutkan melakukan aktivitas yang lainnya.

 

Berteman dengan Orang yang Punya Pengaruh Negatif

Hati-Hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Picu Stres, Baiknya Dihindari!

Credit Image - yourtango.com

Lingkungan pertemanan juga memiliki pengaruh besar terhadap kondisi mental seseorang. Dalam kegiatan bergaul bersama teman-teman yang memiliki pengaruh negatif, maka kamu akan merasakan hal-hal negatif juga pada dirimu. Beraktivitas bersama orang-orang negatif hanya akan menambah masalah dalam hidupmu.

Kesedihan dan tekanan mental lainnya pun bisa kamu rasakan. Perasaan negatif tersebut tentunya dapat memicu stres tinggi. Jadi, agar stres gak kamu alami, maka cobalah lebih selektif lagi dalam memilih lingkungan pergaulan, supaya aktivitas harianmu memberikan energi positif untuk dirimu sendiri.

 

Pola Istirahat yang Buruk

Aktivitas harian lainnya yang dapat memicu stres tinggi yaitu, pola istirahat yang berantakan. Kebiasaan tidur larut malam, selain akan mengganggu kesehatan fisik, aktivitas tersebut juga akan membuatmu selalu dipenuhi pikiran negatif setiap harinya. Aktivitas yang gak teratur tentu sangat berkaitan dengan stres yang dialami oleh seseorang.

Segera ubah kebiasaan burukmu ini, agar stres tinggi bisa kamu hindari. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting dan wajib kamu lakukan. Kesehatan merupakan salah satu aset berharga untuk meraih kesuksesan di masa depan. Cobalah untuk mengatur kembali jam istirahatmu agar lebih tertata dan cukup setiap harinya.

 

Kurang Produktif

Hati-Hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Picu Stres, Baiknya Dihindari!

Credit Image - mediago.id

Bagi kamu yang sering bermalas-malasan dan selalu menghabiskan waktu hanya untuk rebahan, itu adalah salah satu kegiatan harian yang memicu stres tinggi. Namun, jika kamu produktif dan selalu aktif bergerak, serta berkegiatan positif setiap harinya, maka hal ini akan meningkatkan rasa gembira di hati.

Kegembiraan dan kebahagiaan itu adalah hal yang dapat menurunkan risiko stres tinggi. Cobalah bergerak aktif dengan melakukan aktivitas positif. Misalnya, dengan melakukan aktivitas sosial membantu sesama, berolahraga, berkumpul bersama teman, atau kegiatan yang menyenangkan lainnya untuk mengisi waktu luang.

Untuk memaksimalkan produktivitasmu, pastikan kamu sudah menjaga energi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, cukup tidur, dan mendapat asupan vitamin dan mineral, seperti minum multivitamin Enervon Active yang nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Apakah kamu masih suka melakukan sejumlah kebiasaan di atas? Segera ubah rutinitas tersebut menjadi lebih positif lagi agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga dengan baik.

 

 

Featured Image – jatimnet.com

Source – idntimes.com

 

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!