Ada Covid Toes, Inflamasi pada Jari Ketika Terinfeksi Corona

Ada Covid Toes, Inflamasi pada Jari Ketika Terinfeksi Corona

font size A Ǎ

Gejala baru Covid-19 masih terus bermunculan. Jika biasanya infeksi tersebut menyebabkan gejala batuk, demam, pusing, dan sulit bernapas. Namun, ada kondisi unik yang ternyata juga dialami oleh pasien Covid-19, yaitu inflamasi pada bagian jari.

Para ahli pun menyebut fenomena tersebut sebagai Covid toes. Ini merupakan kondisi ketika bagian jempol kaki, jari-jari kaki, atau bahkan keduanya mengalami inflamasi atau peradangan. Inflamasi pada jari kaki biasanya hanya terjadi pada saat cuaca sedang dingin saja.

Berdasarkan informasi dari National Geographic, fenomena Covid toes hampir terjadi di seluruh dunia. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan.

 

 

Gejala Covid Toes

Ada Covid Toes, Inflamasi pada Jari Ketika Terinfeksi Corona

Credit Image - kompas.com

Dilansir WebMD, pasien dengan Covid toes akan mengalami pembengkakan pada jempol kaki atau jari-jari kaki. Jari yang mengalami inflamasi akan berwarna merah yang kemudian berubah menjadi ungu. Walaupun pasien kondisi ini biasanya tidak merasakan apa-apa, tetapi dalam beberapa kasus gejala bisa disertai:

  • Kulit melepuh.
  • Gatal.
  • Rasa sakit.
  • Benjolan yang menyakitkan.
  • Area kulit menjadi kasar.

 

Penyebabnya

Untuk saat ini, penyebab Covid toes masih belum bisa dipastikan. Menurut studi yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, kondisi ini bisa disebabkan oleh reaksi imun tubuh terhadap paparan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Pasien dengan Covid toes memiliki tingkat protein imun tubuh yang tinggi yang disebut dengan autoantibodi. Protein ini secara keliru menyerang jaringan sehat mereka sendiri yang akhirnya menyebabkan Covid toes.  Mereka juga memiliki tingkat protein interferon tipe 1 yang tinggi. 

Selain itu, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Menurut American Academy of Dermatology, anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mengalami Covid toes

Para pasien muda yang mengalami kondisi ini termasuk sehat dan tidak memiliki gejala umum Covid-19 seperti batuk, demam, dan sulit bernapas. Saat pasien Covid toes mengalami gejala umum tersebut, gejalanya cenderung ringan. 

 

Hingga Kini, Gejala Covid Toes Masih Menjadi Misteri

Ada Covid Toes, Inflamasi pada Jari Ketika Terinfeksi Corona

Credit Image - bhamfoot.com

Fenomena Covid toes menjadi kasus unik yang masih sulit untuk dijelaskan. Alasan utamanya karena kondisi ini sangat mirip chilblains, sebuah kondisi inflamasi jari kaki yang disebabkan oleh suhu dingin. 

Dilansir Nature, fenomena Covid toes muncul pada pasien yang berstatus positif Covid-19 dan pasien yang berstatus negatif. Ini menyebabkan kebingungan di antara para ahli terkait penyebab fenomena Covid toes.

Fenomena Covid toes merupakan topik yang masih terus digali oleh para ahli di bidang kesehatan. Apabila kamu merasa mengalami gejala ini – maupun indikasi umum Covid-19 tetap di rumah, konsultasi dengan petugas kesehatan, dan tanyakan apakah kamu perlu menjalani tes. Ini khususnya sangat penting bila kamu belum mendapatkan vaksin atau hidup dengan orang yang belum menerima vaksin.

 

Hindari Paparan Virus, Lakukan Langkah Pencegahan Ini!

Selama pandemi, untuk menghindari risiko paparan virus kamu disarankan untuk tetap melakukan upaya pencegahan, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pastikan sudah memakai masker ketika bepergian, menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. Sejumlah langkah pencegahan tersebut pun masih harus diterapkan, meskipun nanti sudah memperoleh vaksinasi Covid-19.

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan – lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah informasi mengenai gejala Covid-19 yang bisa dialami pada bagian jempol maupun jari kaki. Terus perhatikan indikasi yang satu ini, ya!

 

 

Featured Image – dpgchicago.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!