5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Sudah Rajin Dikonsumsi Belum?

5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Sudah Rajin Dikonsumsi Belum?

font size A Ǎ

Apakah kamu sering merasa masih lapar padahal sudah makan banyak? Kalau begitu, ada kemungkinan kamu mengonsumsi asupan yang kurang bergizi. Ingat, banyak makan bukan berarti bisa membuatmu lekas kenyang, karena pemilihan makanan tanpa gizi yang memadai justru akan memicu rasa lapar datang kembali.

Pemilihan makanan yang tepat bermanfaat untuk menjaga rasa kenyang lebih lama, karena pada akhirnya, hal ini bisa menjaga berat badan tetap stabil. Dalam hal ini, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan rasa kenyang.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Kentang

5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Sudah Rajin Dikonsumsi Belum?

Credit Image - seriouseats.com

Kentang yang diolah dengan cara direbus dan tidak dikupas kulitnya adalah makanan dengan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan potasium. Selain itu kentang mengandung karbohidrat, kaya akan air, serat dalam jumlah yang sedang dan protein yang disebut proteinase inhibitor 2 (PI2), yang dapat menekan nafsu makan.

Jadi, dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi lainnya, kentang sangat cocok untuk mengenyangkan dan menahan nafsu makan. Tapi ingat ya hal ini akan bekerja apabila kentang diolah dengan cara direbus.

 

Sayuran

Sayuran sudah dikenal dengan beragam khasiat dan manfaatnya, sayuran adalah makanan yang sangat bergizi tinggi. Sayuran kaya akan sarat dengan segala macam vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Sayuran juga merupakan makanan rendah kalori, mengandung serat serta air yang dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Selain itu, dikutip dari Healthline sayuran membutuhkan waktu untuk dikunyah dan dengan karena itu bisa membuat kamu merasa lebih puas.

 

Telur

5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Sudah Rajin Dikonsumsi Belum?

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Telur makanan sehari-hari yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat adalah makanan yang sangat sehat dan padat akan nutrisi. Sebagian kuning telur menyumbang banyak nutrisi yang dibutuhkan, seperti antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Telur juga adalah makanan dengan sumber protein berkualitas tinggi. Maka tak heran jika seseorang yang sarapan menggunakan telur merasa kenyang lebih lama karena kandungan protein yang dimiliki oleh telur.

 

Ikan

Makanan berikutnya yang bisa memberimu rasa kenyang lebih lama, yakni ikan. Ini merupakan makanan yang mengandung serat dan protein yang berkualitas tinggi. Tak hanya itu ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak esensial yang harus diperoleh dari makanan.

Dalam sebuah penelitian asam lemak omega 3 bisa membuat rasa kenyang lebih lama terhadap orang yang berlebihan berat badan dan obesitas. Dikutip dari Healthline yang membandingkan protein ikan, ayam, dan daging sapi. Para peneliti menemukan bahwa protein ikan memiliki efek paling kuat pada rasa kenyang.

 

Gandum Utuh atau Biji-Bijian

5 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Sudah Rajin Dikonsumsi Belum?

Credit Image - klikdokter.com

Dikutip dari myplenity.com, biji-bijian utuh, seperti beras merah, roti gandum utuh, dan pasta gandum utuh, terkait dengan pengendalian berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini bisa jadi karena serat, nutrisi, dan senyawa tanaman yang ditemukan dalam biji-bijian.

Ketika mengonsumsi biji-bijian saat sarapan bisa membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu dengan mengonsumsi biji-bijian, maka ini akan membuat kamu mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Selain memerhatikan asupan makanan agar kenyang lebih lama, jangan lupa pastikan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat memaksimalkan proses metabolisme agar energi tubuh tetap terjaga.

Selain dari makanan, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan kedua nutrisi tersebut dari suplemen multivitamin dari Enervon.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Dan kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon akan membantu proses metabolisme makanan dan diubah menjadi sumber energi tubuh yang lebih lama. Dengan begitu, tubuh tidak gampang merasa lemas ketika melakukan aktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Nah, jika kamu ingin mempertahankan berat badan sekaligus mengontrol nafsu makan, cobalah konsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat tinggi, seperti sejumlah jenis asupan di atas.

 

 

Featured Image – jamiegeller.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!