Yuk, Bangun Reputasi Positif di Kantor! Berikut Deretan Caranya

Yuk, Bangun Reputasi Positif di Kantor! Berikut Deretan Caranya

font size A Ǎ

Sudahkah kamu memiliki reputasi yang baik di lingkungan kerja? Jangan disepelekan, hal ini penting dalam membantu perkembangan karir, lho. Bagi seorang pekerja, reputasi baik akan menjadi pertimbangan ketika kamu mencari pekerjaan sampai menyangkut soal promosi jabatan.

Sementara itu, reputasi adalah hal yang juga penting bagi perusahaan. Dalam hal ini, reputasi positif dapat membawa perkembangan bisnis ke arah yang diinginkan sekaligus membawa keuntungan – atau profit.

Nah, untukmu yang ingin membangun reputasi di tempat kerja. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diterapkan.

 

 

Bersikap Terbuka dan Ramah

Yuk, Bangun Reputasi Positif di Kantor! Berikut Deretan Caranya

Credit Image - gkdi.org

Langkah awal untuk membangun reputasi adalah melalui sikap terbuka dan ramah. Kamu bisa menunjukkannya melalui tindakan kecil seperti menyambut dan memperkenalkan diri ke rekan kerja baru.

Hal ini membuat orang lain merasa dihargai dan dihormati, yang mana mereka pun akan melakukan hal yang sama padamu.

Selain itu, jangan lupa terapkan sikap transparansi, ya. Maksudnya, yaitu bersikap jujur dan tidak menutup-nutupi informasi, baik ke rekan kerja maupun klien. Sebagai contoh, jika produk yang dipesan klien tidak tersedia dalam waktu yang ditetapkan sebelumnya, maka bagikanlah informasi tersebut.

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan klien yang turut membuat reputasimu semakin baik, lho.

 

Menepati Janji

Untuk membangun reputasi yang baik, kamu juga perlu selalu menepati janji di lingkungan kerja, lho. Ingatlah untuk selalu berkomitmen – salah satunya dengan menepati janji, baik itu ke klien, rekan kerja, maupun atasan.

Salah satu bentuk menepati janji yaitu selalu mencoba untuk memenuhi deadline pekerjaan yang diminta oleh atasan atau klien. Dengan menunjukkan komitmen untuk menepati janji, mengutip Forbes, hal ini dapat membangun reputasi baik serta kredibilitas diri.

 

Memiliki Karakteristik yang Kuat

Yuk, Bangun Reputasi Positif di Kantor! Berikut Deretan Caranya

Credit Image - klikdokter.com

Reputasi adalah hal yang dapat dibangun dengan karakteristik yang kuat, lho. Dilansir dari Indeed, maksud dari karakter yang kuat, yaitu kamu bisa menunjukkan rasa perhatian serta melakukan hal yang benar meskipun sulit.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki integritas diri, bersikap sopan – dan pastinya tidak merendahkan moral, selalu mengungkapkan kebenaran, menepati janji ke rekan kerja atau orang-orang di lingkungan kantor, dan tidak menyebarkan informasi sensitif ke rekan kerja dari departemen yang berbeda.

 

Menjaga Bahasa Tubuh

Cara lain untuk membangun reputasi adalah dengan memperhatikan body language atau bahasa tubuhmu di kantor. Ketika berinteraksi dengan orang lain, jagalah kontak mata dan mengangguk untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan lawan bicara secara aktif.

Nah, dengan bahasa tubuh yang efektif, kamu pun dapat membuat komunikasi verbal semakin meyakinkan.

Kemudian, dalam berbicara dengan rekan kerja di kantor, pastikan kamu tidak menyinggung topik yang sensitif, seperti gosip. Sebaiknya, gantilah menjadi topik lain yang lebih apresiatif. Tidak hanya itu, ketika orang lain sedang bergosip tentang rekan kerjamu, kamu bisa membuat obrolan itu menjadi positif dengan memberikan pujian mengenai rekan kerja yang digosipi tersebut.

 

Membantu Rekan Kerja

Yuk, Bangun Reputasi Positif di Kantor! Berikut Deretan Caranya

Credit Image - listerine.co.id

Membangun reputasi pun bisa kamu lakukan dengan membantu orang lain dalam mencapai tujuannya. Dengan membantu orang lain, hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah seorang team player. Berikut beberapa tindakan yang bisa disebut membantu orang lain di tempat kerja, seperti:

  • memberikan credit ke orang lain atas pekerjaannya
  • memuji dan memberitahu orang lain ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik
  • menunjukkan apresiasi
  • menjadi mentor untuk rekan kerja
  • menawarkan bantuan dan feedback untuk pekerjaan orang lain

dalam membangun reputasi yang baik di tempat kerja, pastikan juga kamu sudah menjaga kesehatan dengan baik, ya. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengurangi makan makanan berlemak, istirahat yang cukup, hindari begadang jika tidak mendesak, dan olahraga rutin minimal 3 kali seminggu.

Dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang dapat membantu proses metabolisme dan membantu pembentukan energi tubuh agar kamu tidak gampang lemas ketika melakukan aktivitas.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Wah, gimana? Apakah kamu sudah punya reputasi yang baik di tempat kerja? Kalau belum, jangan ditunda lagi, segera bangun image yang baik agar karirmu bisa terus berkembang!

 

 

Featured Image – parapuan.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!