5 Tips Mengatasi Perut Perih Setelah Makan Pedas

5 Tips Mengatasi Perut Perih Setelah Makan Pedas

Siapa di sini yang masih sering mengalami perut perih setelah makan? Ya, kondisi ini sepertinya kerap dialami, apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas. Tak perlu khawatir, perut perih setelah makan pedas bisa diatasi dengan beberapa cara tertentu, lho.

Rasa sakit – atau perut perih setelah makan pedas biasanya dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Senyawa tersebut berkaitan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga bisa mengganggu pencernaan. Jadi, ada baiknya kamu membatasi asupan jenis makanan tersebut, ya.

Untuk mengatasi perut perih setelah makan pedas, berikut ini tipsnya.

 

 

Menggunakan Kompres Hangat

5 Tips Mengatasi Perut Perih Setelah Makan Pedas

Credit Image - health.grid.id

Cara mengatasi perut perih setelah makan pedas yang pertama, yaitu mengompres bagian perut dengan handuk hangat. Tips ini memang tidak mengatasi sakit perut secara langsung. Namun, sensasi hangat akan mengalihkan dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

Kamu pun bisa menggunakan sejumlah perlengkapan di rumah untuk membuat kompres hangat, seperti kain lap yang dibasahi air hangat, botol berisikan air hangat, atau heating pad. Tempelkan kompres hangat pada perut saat sakit mulai terasa setelah makan pedas. Namun, jangan menggunakannya terlalu lama karena hal ini bisa membuat iritasi pada kulit.

 

Konsumsi Campuran Lemon dan Madu

Jika mengompres perut dengan handuk – atau botol yang berisikan air hangat belum bisa meredakan rasa perut perih setelah makan pedas, maka kamu bisa mengonsumsi campuran lemon dan madu yang bisa meredakan rasa pedas pada mulit.

Madu mengandung butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sementara lemon yang bersifat asam dapat menetralisir capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, berhati-hatilah jika memiliki gangguan pada lambung, seperti refluks asam lambung (penyakit GERD) dan iritasi lambung. Pasalnya kandungan asam pada lemon bisa memperparah gejalamu, lho.

 

Makan Makanan dan Minuman Pelarut Capsaicin

5 Tips Mengatasi Perut Perih Setelah Makan Pedas

Credit Image - cnnindonesia.com

Cara mengatasi perut perih setelah makan pedas berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa melarutkan capsaicin. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan sakit perut karena makan pedas yaitu dengan menghilangkan penyebabnya, yakni capsaicin.

Untuk mengurangi efek capsaicin yang menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan, kamu perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat melarutkannya. Pada dasarnya, capsaicin akan larut dalam lemak.

Jadi, kamu bisa melarutkan capsaicin dengan mengonsumsi susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun.

 

Melakukan Diet BRAT

Apa itu metode diet BRAT? Ketika mengalami sakit perut, kamu bisa mengubah pola makan. Pola diet yang satu ini dinilai cukup efektif jika sedang mengalami gangguan pencernaan, salah satunya akibat makan pedas.

Pola makan BRAT dengan mengonsumsi buah pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang dipercaya bermanfaat untuk menenangkan sakit perut. Jenis makanan ini rendah serat, sehingga lebih mudah tubuh kamu cerna. Jika sakit perut disertai diare, diet BRAT juga membantu memadatkan feses dan mencegah tanda-tanda dehidrasi.

 

Minum Teh Peppermint

5 Tips Mengatasi Perut Perih Setelah Makan Pedas

Credit Image - hot.liputan6.com

Jika kamu mengalami sakit perut, cobalah untuk minum teh peppermint. Tanaman herbal ini telah dikenal lama sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan. Mengutip Mount Sinai, peppermint memiliki efek menenangkan dan meredakan gejala sakit perut berkat kandungan mentol dan metil salisilat yang memiliki efek antispasmodik.

Efek tersebut dapat membantu menenangkan saluran pencernaan. Bahkan, sejumlah penelitian mendukung penggunaan peppermint untuk gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

Selain menyeduh secangkir teh peppermint, kamu juga bisa mengisap permen mint atau mengunyah daun mint secara langsung. Beberapa metode tersebut bisa dilakukan untuk hilangkan efek samping sakit perut karena konsumsi makanan pedas.

 

Agar kesehatan secara keseluruhan tetap terjaga, pastikan kamu terus mempertahankan imunitas tubuh yang dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga energi tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imunitas biar kamu tak mudah merasa lelah.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Nah, bagimu yang sering mengalami perut perih setelah makan pedas, itulah kelima tips yang dapat membantu mengatasinya. Silahkan dicoba, ya!

 

 

Featured Image – honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!