5 Cara Memenuhi Dosis Vitamin C Harian, Bantu Kuatkan Kekebalan!

5 Cara Memenuhi Dosis Vitamin C Harian, Bantu Kuatkan Kekebalan!

font size A Ǎ

Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting dipenuhi asupannya setiap hari. Untuk memenuhi dosis vitamin C harian, kamu bisa mendapatkannya dari sayuran, buah-buahan, serta rutin mengonsumsi suplemen multivitamin.

Dengan mencukupi dosis harian vitamin C, maka imunitas tubuh – atau kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit pun semakin kuat. Dan tentunya hal ini akan membuat fungsi tubuh bisa berjalan secara optimal.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam vitamin C juga mampu mengurangi peradangan, hingga menurunkan berbagai risiko penyakit, termasuk flu, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sampai kanker jenis tertentu.

Untuk memenuhi dosis vitamin C harian, berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan.

 

 

1. Konsumsi Beragam Jenis Buah Setiap Hari

5 Cara Memenuhi Dosis Vitamin C Harian, Bantu Kuatkan Kekebalan!

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Ada berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C yang dapat kamu temukan. Mulai dari pepaya, mangga jeruk, lemon, strawberry, jambu biji dan leci. Selain mengonsumsi buah secara langsung, kamu juga bisa membuatnya menjadi jus. Lima porsi buah dapat memberikan tubuh sekitar 200 mg vitamin C.

Selain itu, jika kamu mencari buah dengan kandungan vitamin C yang tak kalah tingginya, kamu bisa mengonsumsi jambu biji, ya. Perlu diketahui, satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada di dalam jeruk.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C yang baik, tetapi jambu biji juga kaya akan serat, lho. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi di dalam buah yang satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi, kamu bisa rutin mengonsumsi sumber vitamin C yang satu ini, ya!

 

2. Lengkapi Menu Harian dengan Sayur Tinggi Vitamin C

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan, dosis vitamin C harian juga dapat dipenuhi dengan menambahkan beragam jenis sayur yang tinggi akan kandungan vitamin C ke dalam menu harian kamu, lho.

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk memperoleh vitamin C seperti kentang, brokoli, bayam, kale, paprika merah atau hijau. Meminimalkan waktu memasak dapat mencegah penurunan kandungan vitamin C.

 

3. Pilih Makanan Kemasan yang Diperkaya Vitamin C

5 Cara Memenuhi Dosis Vitamin C Harian, Bantu Kuatkan Kekebalan!

Credit Image - thenavybar.com

Selanjutnya, mencukupi dosis vitamin C harian juga dapat kamu lakukan dengan memilih makanan kemasan yang diperkaya dengan kandungan vitamin tersebut. Cara ini pun cocok dilakukan bagimu yang punya aktivitas padat, sehingga lebih praktis.

Ada beberapa jenis makanan yang sudah diperkaya atau fortifikasi vitamin D, seperti yoghurt. Meski demikian, ada pula makanan dengan fortifikasi vitamin C, misalnya dalam jus jeruk kemasan. Sebaiknya, kamu baca label kemasan sebelum membeli untuk memastikan.

 

4. Konsumsi Makanan Segar Setiap Hari

Nah, agar pemenuhan dosis vitamin C harian semakin optimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan segar setiap harinya, ya. Mengingat, kadar vitamin C pada makanan bisa menurun setiap hari, selama masa penyimpanan.

Kalau memang memungkinkan, sebaiknya konsumsi makanan mengandung vitamin C yang masih segar. Namun, jika sulit mendapatkan makanan segar, kamu dapat memilih makanan atau buah yang dibekukan, dibandingkan yang sudah tidak segar. 

 

5. Minum Suplemen Vitamin C

5 Cara Memenuhi Dosis Vitamin C Harian, Bantu Kuatkan Kekebalan!

Credit Image - health.detik.com

Selain dengan sejumlah cara memenuhi dosis vitamin C di atas, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan minum suplemen multivitamin, lho. Disarankan untuk memilih jenis multivitamin yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan cara memenuhi dosis vitamin C harian. Pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin ini setiap harinya agar kesehatan tubuh semakin terjaga.

 

 

Featured Image – eatthis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!