Habis Sakit? Lakukan 5 Cara Menaikkan Imunitas Tubuh Ini, Yuk!

Habis Sakit? Lakukan 5 Cara Menaikkan Imunitas Tubuh Ini, Yuk!

font size A Ǎ

Setelah sembuh dari sakit, tentu saja kamu perlu memulihkan imunitas sekaligus stamina tubuh agar kembali bugar. Memang, usai sembuh, tubuh belum bisa pulih 100 persen seperti sedia kala. Selama masa pemulihan, kamu perlu melakukan cara menaikkan imunitas tubuh agar bisa kembali melakukan aktivitas harian.

Tak bisa dipungkiri, imunitas dan stamina merupakan energi yang mampu mendukung kegiatan secara fisik dan mental dalam jangka waktu yang lama. Bagimu yang baru pulih dari sakit, begini cara menaikkan imunitas tubuh yang dapat diterapkan.

 

 

Rutin Berolahraga

Habis Sakit? Lakukan 5 Cara Menaikkan Imunitas Tubuh Ini, Yuk!

Credit Image - timesindonesia.co.id

Cara menaikkan imunitas tubuh yang pertama usai sakit, yaitu mulai rutin berolahraga. Rasanya pasti melelahkan dan berat untuk memulai olahraga. Meskipun sulit, dorong dirimu untuk melakukan aktivitas fisik. Karena cara ini ini mampu memulihkan tubuh setelah sakit. Misalnya, bersepeda, jalan pagi, atau jogging.

Menurut Kerry J. Stewart, profesor dan direktur klinis dan riset olahraga fisiologi dari Hopkins University School of Medicine., olahraga secara konsisten dapat menambah semangat dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Secara efisien, olahraga mampu memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, maupun otot. Aktivitas fisik dapat memenuhi stamina. Bagi kamu yang setiap harinya hampir dilanda deadline, ada baiknya berolahraga untuk memompa stamina.

 

Banyak Minum Air Putih

Selanjutnya, cara menaikkan imunitas tubuh setelah sembuh dari sakit yang bisa kamu lakukan adalah perbanyak konsumsi air putih. Jaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara memulihkan kondisi tubuh. Paling tidak, setiap orang harus minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Untuk memastikan apakah tubuh kekurangan minum atau tidak, cobalah tengok warna urin. Jika urin berwarna kuning gelap, itu tandanya kamu kurang minum. Namun, jika warna kuning terang hingga bening, artinya kamu sudah mendapat asupan cairan yang cukup.

 

Makan Lebih Sering dan Teratur

Habis Sakit? Lakukan 5 Cara Menaikkan Imunitas Tubuh Ini, Yuk!

Credit Image - lifepal.co.id

Usai sakit, biasanya tubuh masih terasa lemas – setuju, kan? Untuk itu, cobalah untuk makan lebih banyak, sebagai cara untuk memulihkan stamina sekaligus imunitas tubuhmu. Nah, kamu bisa makan dalam porsi kecil tetapi sering sepanjang hari.

Kemudian, perhatikan juga pemilihan asupannya. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks biasanya memakan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh, serta mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

 

Tidur yang Cukup

Meskipun kamu perlu beraktivitas fisik selama pemulihan, tapi jangan abaikan waktu istirahat. Kurang waktu tidur dapat meningkatkan kelelahan, sehingga kamu jadi kembali tak bertenaga pada keesokan harinya.

Dilansir oleh WebMD, studi dari Standford University mengatakan bahwa cukup tidur dapat meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah. Maka itu, penting untuk mengatur jam tidur dan istirahat.

Setidaknya setiap orang butuh waktu paling tidak 10 menit untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Sementara itu, kualitas jam tidur seseorang setidaknya 7-8 jam setiap harinya.

 

Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Habis Sakit? Lakukan 5 Cara Menaikkan Imunitas Tubuh Ini, Yuk!

Credit Image - investor.id

Cara menaikkan imunitas tubuh yang terakhir, yaitu memastikan kamu sudah mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup. Jika kedua nutrisi tersebut sudah terpenuhi dengan baik, maka daya tahan tubuh pun bakal semakin meningkat.

Selain dari asupan makanan, seperti sayur dan buah, vitamin serta mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, lho. Kamu direkomendasikan untuk minum rangkaian multivitamin dari Enervon.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Nah, untukmu yang baru saja pulih dari sakit. Yuk, terapkan kelima cara menaikkan imunitas tubuh di atas agar kembali bugar – dan dapat kembali menjalani aktivitas harianmu!

 

 

Featured Image – wartabromo.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!