5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Risiko Buruk Penyakit Jantung

5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Risiko Buruk Penyakit Jantung

font size A Ǎ

Sudah diketahui, jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bisa dikatakan, tanpa kinerja jantung yang baik, maka tubuh pun tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Untuk itu, menjaga kesehatan jantung memang sangat penting, lho. Menurut WHO, penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia pada tahun 2016 silam. Nah kesehatan jantung pun erat kaitannya dengan pola hidup sehat, serta kebiasaanmu dalam berolahraga.

Dihimpun dari Livestrong dan Johns Hopkins Medicine, ada 5 jenis olahraga yang baik untuk memelihara kesehatan jantung – apalagi jika dilakukan secara rutin. Berikut informasinya.

 

 

1. Lari

5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Risiko Buruk Penyakit Jantung

Credit Image - femina.co.id

Ada kabar baik bagi kamu yang menyukai olahraga lari. Sebab, sebuah studi yang dimuat dalam Journal of The American College of Cardiology pada 2015 menyebutkan bahwa orang yang rutin lari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang atau tak pernah berlari.

Bahkan, lari santai selama 5 sampai 10 menit berpotensi menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Ini karena lari meningkatkan kapasitas jantung dalam memompa darah, sehingga sirkulasi menjadi lancar. Idealnya, lari dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu selama 30 menit.

 

2. Jalan Kaki

Jika kamu belum terbiasa berolahraga, jalan kaki secara rutin bisa menjadi pilihan alternatif, lho. Walau intensitasnya lebih rendah dibandingkan lari, tetapi jalan kaki telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini dikonfirmasi melalui studi dalam jurnal Preventing Chronic Disease tahun 2019.

Untuk mengoptimalkan manfaatnya, kamu bisa tambah kecepatan ketika berjalan. Melalui studi yang dilakukan di Universitas Sydney tahun 2018, dijelaskan bahwa makin cepat kecepatan jala kaki, maka manfaatnya akan lebih maksimal.

 

3. Menari

5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Risiko Buruk Penyakit Jantung

Credit Image - goodto.com

Bagi banyak orang, menari merupakan bentuk hiburan untuk melepas penat. Aktivitas fisik yang satu ini juga dapat mempererat ikatan sosial. Namun, tak disangka-sangka bahwa melalui studi dalam American Journal of Preventive Medicine tahun 2016, ditemukan hasil bahwa menari dengan intensitas sedang dapat menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Di samping itu, efek menari juga terlihat pada aspek psikososial. Rutin menari dapat mendongkrak suasana hati, kepercayaan diri, dan kemampuan sosial seseorang, yang juga baik untuk kesehatan jantung.

 

4. Latihan Kekuatan

Tak perlu diragukan, latihan kekuatan menjadi salah satu jenis olahraga yang baik untuk memelihara jantung. Dijelaskan melalui studi yang terbit dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise pada 2020, latihan beban yang dilakukan secara rutin mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 40 sampai 70 persen.

Latihan kekuatan efektif dalam meningkatkan massa otot dan mengurangi massa lemak tubuh. Dengan demikian, ini dapat mencegah atau mengurangi obesitas yang diketahui merupakan aktor utama di balik berbagai penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

 

5. HIIT – High Intensity Interval Training

5 Jenis Olahraga untuk Mencegah Risiko Buruk Penyakit Jantung

Credit Image - parade.com

Untukmu yang ingin berolahraga tapi tidak punya banyak waktu luang. Tak perlu khawatir, kamu  tetap bisa memacu detak jantung dalam waktu singkat dengan melakukan high-intensity interval training (HIIT) – atau latihan interval berintensitas tinggi. 

Nah, walau hanya sebentar, rutin melakukan olahraga ini diketahui dapat menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan, lho.

Akan tetapi, risiko cedera yang ditimbulkan saat melakukan HIIT lebih besar dibandingkan olahraga kardio lainnya. Untuk menghindari hal itu, pastikan kamu melakukan gerakannya dengan benar dan hindari berolahraga HIIT terlalu sering, ya.

 

Sejumlah olahraga di atas memang baik buat kesehatan jantung, ya. Namun pastikan kamu juga sudah mengimbangi kebiasaan olahraga dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti menerapkan pola makan sehat, termasuk mengonsumsi gizi seimbang, serta menghindari makanan tinggi gula, garam, dan lemak.

Dan, optimalkan kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan olahraga yang baik buat kesehatan jantung. Yuk, rutin lakukan sejumlah aktivitas fisik tersebut!

 

 

Featured Image – eatthis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!