Jadwal kuliah memang tidak seperti sekolah yang benar- benar memakan banyak waktu. Karena itu, banyak mahasiswa yang mencoba kerja sambil kuliah. Selain untuk mengisi waktu luang, kerja sambil kuliah juga bisa menambah uang sakumu.

Meskipun begitu, jangan sampai kamu melupakan kewajiban dan tugas kuliah, begitu pula dengan tanggung jawabmu sebagai karyawan. Nah, jika kamu ingin kerja sambil kuliah, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Fokus pada tujuan akhir

Credit: Liputan6.com

Kerja sambil kuliah bisa menjadi hal yang membuatmu stress. Meskipun begitu, yuk ingat kembali alasanmu ingin mengambil kedua tanggung jawab ini. Entah itu untuk mencari yang tambahan, atau membiayai kuliahmu sendiri. Dengan mengingat tujuan akhir tersebut, kamu akan lebih semangat dalam menjalani kerja dan kuliah.

2. Lakukan perencanaan

Credit: id.techniasia.com

Menjalani kerja sambil kuliah tanpa perencanaan bisa membuatmu ribet sendiri, lho. Cobalah untuk buat perencanaan dan break down  tugas- tugas yang perlu kamu kerjalan pada saat kerja sambil kuliah.

Selain itu, manfaatkan juga teknologi yang ada untuk mempermudahmu. Misalnya, gunakan aplikasi reminder atau gunakan dokumen online yang bisa kamu edit bersama rekan- rekanmu. Dengan begitu, kerja sambil kuliah yang kamu jalani jadi lebih lancar.

2. Manfaatkan waktu perjalanan

Credit:techdonut.co.uk

Lokasi rumah, kantor, dan kampusmu bisa jadi berjauhan dan memakan banyak waktu. Nah, waktu dalam perjalanan itu bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan banyak hal. Misalnya, belajar untuk ujian kampus atau mengerjakan tugas terentu.

3. Lakukan pengorbanan

Credit: studentstudios.co.uk

Saat kamu memilih kerja sambil kuliah, tentunya akan ada hal- hal lain yang harus kamu korbankan. Misalnya, kurangi waktu untuk bersantai, menonton TV, atau bermain bersama teman- teman. Dibanding menghabiskan waktu dengan bermain, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaanmu.

4. Multitasking

Credit: businessnewsdaily.com

Selama kamu kerja sambil kuliah coba latih kemampuanmu untuk melakukan multitasking. Misalnya, selagi kamu siap- siap, makan, atau bersantai, kamu bisa sembari mengerjakan pekerjaan atau belajar materi kuliah.

Jadi, setiap waktu yang ada sebenarnya bisa kamu manfaatkan. Dengan begitu, kerja sambil kuliah pun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

5. Maksimalkan waktu liburan

Credit: smallbusiness.co.uk

Waktu liburan memang enak untuk bersantai, tapi coba tunda sejenak pemikiran ini, terutama bagi kamu yang kerja sambil kuliah. Misalnya, saat libur kuliah, kamu jadi bisa fokus pada pekerjaan dan fokus menyelesaikan semua tanggung jawabmu.

Selama kamu bisa memanfaatkan dan memaksimalkan setiap waktu yang ada, kerja sambil kuliah pasti bisa diselesaikan dengan baik.

 

Featured Image - rmit.edu.au