5 Aturan Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral, Biar Manfaatnya Makin Terasa!

5 Aturan Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral, Biar Manfaatnya Makin Terasa!

Diketahui, suplemen vitamin dan mineral merupakan asupan gizi penunjang yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, agar manfaatnya terasa, pastikan kamu sudah menyeimbanginya dengan pola hidup sehat.

Kunci keberhasilan pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari terletak pada pola makan bergizi lengkap dan seimbang, lho. Seperti memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, mengurangi makanan berlemak, hingga membatasi asupan makanan tinggi gula.

Selain itu, ada hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Apa saja? Berikut informasinya.

 

 

Minum Suplemen Vitamin Larut Air

5 Aturan Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral, Biar Manfaatnya Makin Terasa!

Credit Image - health.detik.com

Dilansir dari WebMD, vitamin terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin larut air dan larut lemak. Nah, vitamin yang larut air termasuk vitamin C, vitamin B kompleks – seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan vitamin B12.

Tubuh tidak dapat menyimpan jenis vitamin larut air terlalu lama, lho. Seperti namanya, vitamin tersebut juga dapat larut dengan air. Konsumsi nutrisi ini perlu dipenuhi setiap hari agar fungsi tubuh dapat berjalan secara optimal.

 

Konsumsi Vitamin Larut Lemak

Kemudian, ada pula vitamin larut lemak yang terdiri dari vitamin A, D, E, dan vitamin K. Untuk memaksimalkan penyerapannya, vitamin jenis ini perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak.

Tapi, kamu tak perlu makan banyak lemak untuk membantu penyerapan jenis vitamin kok, kok. Konsumsi lemak dalam jumlah cukup – dan pilihlah sumber lemak yang sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

 

Minum Suplemen Zat Besi

5 Aturan Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral, Biar Manfaatnya Makin Terasa!

Credit Image - kompas.com

Nah, untuk suplemen yang satu ini, ada baiknya dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Dan, pastikan kamu meminumnya dengan air putih, ya. Namun, jika kamu ada masalah lambung yang sensitif – atau suplemen zat besi membuatmu mual, maka bisa diminum setelah makan.

Selain itu, hindari minuman berkafein dan berkalsium tinggi, seperti teh, kopi, cokelat, susu, dan produk susu karena bisa menghambat penyerapan zat besi. Ada baiknya, kamu mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C ketika mengonsumsi suplemen zat besi, karena bisa mengoptimalkan penyerapan mineral yang satu ini.

 

Tetap Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Harian

Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin dan mineral setiap orang bisa berbeda-beda, bergantung jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatannya. Biasanya, kamu disarankan mengonsumsi jenis suplemen vitamin dan mineral dengan dosis tertentu dengan menakar pertimbangan tersebut.

Misalnya, orang lansia membutuhkan banyak vitamin D dan vitamin B12 lebih banyak dari anak muda. Sementara, wanita membutuhkan kalsium dan vitamin D lebih banyak setelah menopause. Kebutuhan vitamin dan mineral ini penting diperhatikan, ya.

 

Suplemen yang Direkomendasikan

5 Aturan Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral, Biar Manfaatnya Makin Terasa!

Credit Image - alodokter.com

Buatmu yang masih bingung, kira-kira apa suplemen vitamin dan mineral yang baiknya dikonsumsi, kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin dari Enervon yang punya kandungan lengkap dan kaya akan manfaat!

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, untuk kamu yang ingin perlindungan ekstra dapat minum Enervon-C Effervescent, ya. Kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, yaitu 1000 mg dapat optimalkan imunitas tubuh, lho. Multivitamin dalam bentuk effervescent juga dapat membuat tubuhmu terasa segar sepanjang hari.

Bagi yang punya masalah lambung sensitif, tak perlu khawatir, sebab kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks, dan Zinc yang aman dan nyaman di lambung – dapat bantu jaga imun tubuh, serta menjaga stamina tubuh agar tidak gampang lelah.

Selain berkat kandungan vitamin C yang dapat menguatkan imunitas, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini tentunya bisa bikin kamu makin produktif!

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah memahami aturan konsumsi suplemen vitamin dan mineral yang tepat, kan? Pastikan kamu rutin mengonsumsinya setiap hari – dan barengi dengan pola hidup sehat!

 

 

Featured Image – jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!