Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan beragam cara. Mudahnya, kamu disarankan untuk menjalani hidup sehat, seperti tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya, hingga rutin berolahraga.

Sejumlah hal tersebut bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga risiko terkena penyakit dapat diminimalisir. Sayangnya, dari sekian banyaknya cara menjaga imunitas, rutin olahraga merupakan salah satu yang sulit dilakukan, apalagi jika memiliki aktivitas padat.

Guna menjaga kekebalan, ada deretan jenis olahraga yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Senam

Credit Image - hot.liputan6.com

Jenis olahraga pertama untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah terserang penyakit adalah senam. Olahraga yang satu ini juga sangat santai ketika dilakukan di dalam rumah. Kamu bisa melakukan senam seperti Zumba, yoga, maupun dance modern.

Selain itu, kamu juga bisa mencari banyak referensi video senam di YouTube. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya untuk melakukannya secara rutin di pagi hari sesuai dengan durasi yang kamu inginkan, ya.

 

Jalan Cepat

Jenis olahraga kedua untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dilakukan adalah jalan cepat. Olahraga sederhana ini sangat efektif menjaga kebugaran karena termasuk jenis olahraga aerobik.

Nah, kamu dapat melakukan olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah terserang sejumlah ini di dalam rumah dan berkeliling selama 10-15 menit. Cukup mudah dilakukan, ya?
 

Strength Training

Credit Image - eatthis.com

Strength Training – atau disebut juga sebagai latihan kekuatan, jenis olahraga satu ini benar-benar melibatkan sebuah resistansi atau beban untuk melatih otot-otot tertentu pada tubuh, lho. Tentu ini baik untuk melatih kekuatan badanmu.

Selain untuk melatih otot, mengencangkan atau menguatkan, bahkan membesarkan, olahraga ini dapat memompa darah dengan baik, sehingga sirkulasi darah makin lancar. Dengan lancarnya sirkulasi darah akan membantu tubuh memproduksi hormon endorphins, untuk melawan rasa stres.

 

High-Intensity Interval Training – HIIT

Selanjutnya, ada pula high-intensity interval training – atau HIIT yang juga mampu menjaga daya tahan tubuhmu. Tidak hanya itu saja, jenis olahraga yang satu ini juga baik buat organ tubuh, termasuk jantung – karena, dengan HIIT jantung menjadi lebih terpompa.

Tetapi, HIIT sebaiknya hanya dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Pasalnya, olahraga yang berlebihan justru dapat menjadi bumerang bagi sistem kekebalan tubuh. Moderasi atau pengaturan intensitas agar tidak berlebihan adalah kunci dalam hal olahraga apa pun.
 

Naik Turun Tangga

Credit Image - kompas.com

Dikutip dari Mayo Clinic, naik turun tangga adalah salah satu praktik aktivitas fisik harian yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Naik turun tangga selama 15 menit setidaknya dapat membakar 65 kalori tubuh.

Aktivitas ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah maupun kantor. Selain itu, kamu juga bisa menambah beberapa variasi, misalnya meningkatkan kecepatan saat naik turun tangga atau membawa beban bisa membantu membakar kalori lebih banyak.

Sejumlah olahraga di atas memang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun pastikan kamu juga sudah mengimbangi kebiasaan olahraga dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti menerapkan pola makan sehat, termasuk mengonsumsi gizi seimbang, serta menghindari makanan tinggi gula, garam, dan lemak.

Dan, optimalkan kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Itulah kelima jenis olahraga yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk, rutin dilakukan!

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – kesehatan.kontan.co.id