Vitamin C merupakan jenis nutrisi yang tidak diproduksi tubuh secara alami. Namun, vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit, lho. Selain itu, vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

Dosis vitamin C harian bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah makanan dan suplemen multivitamin. Jika tubuh kekurangan dosis vitamin C, maka bukan tidak mungkin kamu mengalami sejumlah dampak buruk buruk.

Berikut ini deretan tanda tubuh kekurangan dosis vitamin C.

 

 

Imun Melemah dan Tubuh Mudah Lemas

Credit Image - halodoc.com

Beberapa penelitian menemukan bahwa kurangnya dosis vitamin C dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi, seperti flu dan pneumonia.

Selain imunitas yang melemah, tubuh terasa lemas juga merupakan salah satu gejala kekurangan vitamin C. Pasalnya, kekurangan vitamin C dapat menggangu proses perubahan lemak menjadi energi di dalam tubuh, serta mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Kekurangan dosis vitamin C yang memiliki sifat antioksidan ini juga dapat membuat mood mudah berubah, lho.

 

Kekurangan Zat Besi

Tanda kekurangan dosis vitamin C juga menyebabkan anemia defisiensi besi. Ini sering terjadi secara bersamaan. Gejala anemia defisiensi besi termasuk kulit pucat, mudah lelah, kesulitan bernapas saat berolahraga, kulit dan rambut kering, sakit kepala dan kuku berbentuk sendok atau cekung.

Tingkat vitamin C yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Sehingga ini mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan nabati dan mempengaruhi metabolisme zat besi. Gejala tubuh kekurangan dosis vitamin C juga meningkatkan risiko pendarahan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan anemia.

 

Sendi Mudah Nyeri

Credit Image - klikdokter.com

Tanda tubuh kekurangan dosis vitamin C juga dapat menyebabkan sendi dan otot mudah terasa nyeri. Hal ini karena persendian mengandung banyak jaringan ikat yang kaya kolagen, dan dapat dipengaruhi oleh kekurangan vitamin C.

Ada banyak kasus nyeri sendi yang dilaporkan terkait dengan kurang asupan vitamin C. Seringkali cukup parah hingga menyebabkan pincang atau kesulitan berjalan. Pendarahan di dalam persendian juga dapat terjadi pada orang yang kurang vitamin C, menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit berkepanjangan.

Ini dapat diobati dengan suplemen vitamin C dan biasanya sembuh dalam waktu yang cukup singkat.

 

Kulit Mudah Memar

Tanda tubuh kekurangan dosis vitamin C lainnya, yaitu kulit yang mudah memar. Kondisi tersebut terjadi akibat hancurnya pembuluh darah merah kecil (kapiler) di pinggir kulit. Asupan vitamin C yang kurang dapat menyebabkan pembuluh kapiler melemah dan pecah. Akibatnya, memar pada kulit pun muncul.

Kemudian, kurangnya dosis vitamin C harian juga akan menyebabkan proses penyembuhan luka menjadi lebih lama. Vitamin C berperan penting dalam menghasilkan kolagen kulit. Kolagen berfungsi menutup luka dalam proses penyembuhan luka. Sementara itu, defisiensi vitamin C membuat luka tidak kunjung sembuh setelah berhari-hari.

 

Gusi Berdarah, Sariawan, dan Mudah Mimisan

Credit Image - lifepack.id

Kurangnya dosis vitamin C ternyata juga bisa menyebabkan gusi mudah berdarah atau sariawan. Pasalnya, kurangnya kolagen akibat defisiensi vitamin C tidak bekerja dengan baik dalam menjaga kesehatan gusi.

Oleh sebab itu, gusi yang rusak atau sariawan yang muncul mungkin disebabkan oleh kekurangan vitamin ini.

Kekurangan dosis vitamin C juga akan menyebabkanmu lebih gampang mimisan. Perlu diketahui, sekitar 90% darah yang keluar akibat mimisan berasal dari pembuluh kapiler di hidung. Artinya, pembuluh kapiler yang melemah sangat mungkin terjadi karena asupan vitamin C yang kurang. Akibatnya, darah pun keluar dari hidung atau biasa disebut dengan mimisan.

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Harian

Dosis vitamin C harian dapat kamu penuhi dengan beragam cara, seperti mengonsumsi buah-buahan tertentu. Ada berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C yang dapat kamu temukan. Mulai dari pepaya, mangga jeruk, lemon, strawberry, jambu biji dan leci. Selain mengonsumsi buah secara langsung, kamu juga bisa membuatnya menjadi jus. 

Kemudian, kamu juga disarankan rutin mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C. Ada beberapa jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk memperoleh vitamin C seperti kentang, brokoli, bayam, kale, paprika merah atau hijau. Meminimalkan waktu memasak dapat mencegah penurunan kandungan vitamin C.

Dan, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan minum suplemen multivitamin, lho. Disarankan untuk memilih jenis multivitamin yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan tanda yang dialami tubuh ketika kekurangan dosis vitamin C harian. Pastikan kamu sudah mencukupi asupan nutrisi ini setiap harinya.

 

 

Featured Image – fimela.com