Sistem imun atau daya tahan tubuh diperlukan untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Berbeda dengan orang dewasa, anak- anak belum memiliki sistem imun yang kuat. Ia masih rentan sakit karena sistem imunnya belum terbentuk dengan sempurna.

Apa saja yang menjadi faktor penyebab lemahnya sistem imun anak? Dan bagaimana cara meningkatkannya? Berikut ini ulasannya.

Faktor penyebab lemahnya sistem imun anak

1. Kekurangan nutrisi

Credit: alodokter.com

Ketika anak tidak mendapatkan cukup nutrisi, maka proses alami yang terjadi di tubuhnya akan melambat. Kemudian, proses menghasilkan sel darah putih yang berfungsi untuk menghalau virus pun ikut melambat. Dan secara otomatis sistem imun anak pun ikut melemah.

2. Kurang olahraga

Credit: solusisehatku.com

Jika tubuh kurang bergerak, sel- sel darah putih jadi tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Akibatnya, leukosit tidak dapat bekerja secara maksimal untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. jadi, selain mencukupi kadar leukosit anak, rutin olahraga juga diperlukan untuk membuat kerja leukosit bisa lebih baik.

3. Mengonsumsi gula berlebih

Credit: candyindustry.com

Camilan manis memang disukai oleh anak- anak. Namun, ternyata camilan manis yang dikonsumsi secara berlebihan akan menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Dan sistem imun anak pun menurun sehingga mudah sakit.

4. Terus berada di lingkungan yang bersih

Credit: yourworkforthem.com

Kamu mengira kalau menjaga lingkungan si kecil selalu bersih dapat membuatnya terhindar dari penyakit. Ternyata hal ini salah. Menempatkan anak di lingkungan yang terlalu bersih secara terus menerus dapat menyebabkan sistem imunnya kurang terlatih dan si kecil pun jadi tidak siap saat harus melawan berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

5. Penggunaan antibiotic yang tidak sesuai

Credit: korukids.co.uk

Anak yang sakit dan diperiksa oleh dokter biasanya akan diresepkan obat antibiotic. Nah, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai petunjuk dokter. Antibiotic memang ditujukan untuk membunuh bakteri, namun jika digunakan tidak sesuai anjurkan dokter, dapat berpotensi melemahkan bakteri baik yang bertugas untuk menguatkan sistem imun anak.

Cara meningkatkan sistem imun anak

Credit: babysmiles.co.au

Agar si kecil tidak mudah sakit, kamu bisa berupaya untuk meningkatkan sistem imunnya. Misalnya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi anak, hindari konsumsi camilan manis yang berlebihan, mengajak anak aktif untuk berolahraga, cukupi waktu tidurnya untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, jauhi anak dari asap rokok dan asap kendaraan, dan jangan lupa untuk mengecek kesehatan si kecil ke dokter secara rutin.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan anak suplemen vitamin C dari Enervon dalam bentuk sirup secara rutin. Yang dapat membantu menjaga sistem imun anak dan menjaganya selalu sehat serta terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri.

 

Featured Image - todaysparent.com