Diketahui, ada kalanya amandel mengalami peradangan, sehingga membengkak dan menyebab sakit pada tenggorokan. Kondisi ini pun bisa terjadi pada anak hingga orang dewasa, namun lebih sering pada anak-anak.

Ketika anak mengeluh karena area tenggorokan sakit, sebaiknya kamu – sebagai orangtua kamu harus segera waspada. Untuk itu, ada baiknya kamu mengenali ciri-ciri amandel pada anak sekaligus cara mengobatinya.

Yuk, simak informasinya di bawah ini.

 

 

Apa Itu Radang Amandel pada Anak?

Credit Image - halodoc.com

Amandel sebenarnya merupakan kelenjar atau kumpulan jaringan lunak di belakang tenggorokan yang membantu tubuh melawan infeksi. Namun, virus dan bakteri juga dapat menginfeksi amandel pada anak sehingga menyebabkan peradangan akut.

Mengutip dari Kids Health, infeksi atau radang amandel dalam dunia medis juga disebut sebagai tonsillitis. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, peradangan akut pada amandel dapat berkembang menjadi peradangan kronis.

Radang amandel pada anak merupakan hal yang umum terjadi. Apalagi, saat anak mengalami flu disertai pilek dan batuk. Mengutip dari lama Mayo Clinic, radang amandel atau tonsilitis paling sering menyerang anak juga remaja di usia 5 hingga 15 tahun.

 

Ciri-Ciri Amandel pada Anak

Saat amandel mulai meradang hingga membengkak, area tenggorokan anak pun akan terasa sakit. Hal inilah yang membuatnya mengalami kesulitan makan, minum, juga menelan. Berikut beberapa ciri-ciri amandel yang bisa terjadi pada anak.

  • Sakit di bagian tenggorokan.
  • Warna amandel menjadi kemerahan.
  • Anak mulai mengalami demam.
  • Ada pembengkakan di area kelenjar getah bening.
  • Terlihat lapisan kuning atau putih di bagian amandel.
  • Bau mulut.
  • Kehilangan nafsu makan.

Pada anak yang usianya lebih tua, ia bisa mengalami gejala lain seperti sakit kepala, sakit kuping, serta sakit di bagian perut.

 

Cara Mengatasinya

Credit Image - alodokter.com

Jika kamu merasakan ciri-ciri penyakit amandel, tak perlu terburu-buru melakukan operasi. Sebenarnya, amandel juga bisa disembuhkan tanpa harus melalui prosedur operasi. Selain itu, cara mengobati gejala amandel juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Cara paling mudah yang dilakukan adalah dengan kumur menggunakan air garam. Kumur dengan air garam akan dapat membantumu untuk bersihkan lendir pada tenggorokan. Selain itu, minum-minuman seperti teh yang dicampur madu juga dapat membantumu atasi radang amandel.

Memiliki radang amandel bisa diringankan dengan memakan makanan yang dingin seperti es krim. Hal itu karena makanan dingin bisa membantu ringankan rasa sakit akibat dari tonsilitis pada tenggorokan.

Selain itu, karena kondisi amandel bisa disebabkan oleh infeksi virus, maka menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat mesti dilakukan. Ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, ya.

Konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup merupakan langkah sederhana tapi ampuh dalam menjaga imunitas, lho. Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat Si Kecil dengan memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Kapan Harus Diberikan Tindakan Serius?

Pada sebagian besar kasus radang amandel yang disebabkan virus, anak bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu tetap harus waspada apabila peradangan serta pembengkakan radang amandel pada anak tidak juga membaik.

Berikut beberapa komplikasi yang perlu kamu perhatikan sehingga perlu membawa anak ke dokter.

  • Gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea obstruktif).
  • Infeksi menyebar hingga ke dalam jaringan sekitar tenggorokan.
  • Infeksi yang menyebabkan adanya nanah di belakang amandel.
  • Kesulitan untuk menelan hingga mengalami tanda dehidrasi.
  • Sakit pada area mulut hingga tidak bisa membuka mulut.

Saat anak baru pertama kali mengalami radang tenggorokan, sebaiknya kamu juga membawanya ke dokter.

 

Jadi, itulah deretan ciri-ciri amandel pada anak berserta cara mengatasinya. Pastikan kamu terus mewaspadai sejumlah gejala yang mungkin dialami.

 

 

Featured Image – klikdokter.com