Disebut-sebut Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. Hal ini mengacu pada menurunnya tren kasus virus corona pada belakangan waktu terakhir. Selain itu, perubahan status tersebut juga dilakukan karena kembali tingginya mobilitas masyarakat.

Sebelumnya, perubahan status endemi sudah lebih dahulu dilakukan oleh sejumlah negara. Dimulai dari status endemi.

Lantas, benarkah Indonesia sudah mulai memasuki masa endemi? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Apa Itu Endemi?

Credit Image - playsitsmile.xyz

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, endemi adalah penyakit yang menjangkit suatu daerah atau suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan kondisi yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di suatu populasi atau daerah tertentu. Contoh endemi adalah malaria dan demam berdarah. 

Selain itu, saat terjadi endemi, peningkatan jumlah kasus sangat signifikan tetapi masih terbatas di wilayah tertentu saja. Keparahan penyakit saat endemi bisa diamati berdasarkan populasi, lingkungan, maupun wilayah. 

Dan, ketika sudah menyandang status endemi, maka peningkatan status akan terjadi secara signifikan tetapi terbatas pada satu wilayah tertentu saja. Artinya, penyakit yang mewabah hanya memengaruhi populasi, lingkungan, dan wilayah tertentu.

 

Indonesia Sedang Memasuki Masa Endemi

Credit Image - nasional.kompas.com

Dilansir dari Detik, sebagaimana yang tertera pada data Covid-19 kini, memang sudah nampak penurunan angka kasus, perawatan di rumah sakit termasuk layanan intensif dan kematian. Jadi, bisa dikatakan bahwa Indonesia sudah mulai bertransisi menuju endemi.

Meski demikian, ditegaskan bahwa upaya pengendalian dan pengawasan akan tetap dijalani menyesuaikan kondisi Covid-19 di Indonesia. Namun, Indonesia sudah tidak berada di dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi – dan mulai transisi menuju fase endemi.

Hal tersebut pun tercermin pada mulai menurunnya efek Covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Misalnya, pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeksi belanja meningkat, serta mobilita masyarakat keluar rumah juga mulai berangsur naik.

 

Virus Masih Ada, Langkah Pencegahan Masih Harus Dilakukan!

Credit Image - bola.net

Meskipun Indonesia tengah memasuki fase endemi, namun langkah pencegahan mesti harus dilakukan sehingga penularan tetap dapat dihindari. Ingatlah bahwa virus masih tetap ada, lho.

Tetap patuhi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan.

Selain itu, tetap jaga kesehatan selama bepergian keluar rumah, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah informasi mengenai Indonesia yang disebut sudah mulai memasuki fase endemi. Tapi, jangan langsung lengah, ya. Sebisa mungkin tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

 

 

Featured Image – akurat.co

Source – detik.com