Bertambahnya umur memang merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindarkan. Memasuki usia emas atau 50 tahun ke atas, fungsi tubuh berisiko tinggi  melemah dan kesehatan tubuh pun terkadang ikut menurun. Sehingga pada waktu tersebut, lansia harus memastikan nutrisi hariannya terpenuhi untuk mendukung berbagai organ tubuh. Sayangnya kondisi tubuh yang berubah membuat lansia memiliki tantangan tersendiri dalam memenuhi nutrisi sehari-hari. Kabar baiknya adalah lansia dapat mengonsumsi suplemen untuk melengkapinya selain dari pola makan bergizi seimbang. Enervon Gold menjadi salah satu vitamin untuk usia 50 tahun ke atas yang direkomendasikan.

Memasuki usia 50 tahun ke atas, menjadi tetap aktif dan sehat mungkin menjadi tantangan tersendiri mengingat beragam fungsi tubuh telah menurun, mudah merasa lelah, organ tubuh yang melemah, serta lebih mudah terserang penyakit. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral menjadi hal yang tak boleh dilewatkan lansia sebab kedua mikronutrien ini punya peran besar dalam mengurangi risiko lansia terserang penyakit serius.

Untuk mendukung kesehatan usia emas, Enervon hadir dengan produk khusus lansia yakni Enervon Gold. Tambahan makan ini mengandung mikronutrien beragam yang diformulasikan khusus lansia. Tak kenal maka tak sayang, yuk kenali kandungan serta manfaat dari vitamin untuk usia 50 tahun ke atas yang terpercaya ini!

Mengenal Pentingnya Vitamin dan Mineral untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Perlu dipahami bahwa vitamin dan mineral merupakan dua jenis nutrisi yang penting dipenuhi bagi setiap manusia. Tubuh membutuhkan keduanya agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan bekerja sebagaimana mestinya. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan serta manfaat vitamin dan mineral harus lebih diperhatikan untuk lansia usia 50 tahun ke atas.

Bagi tubuh manusia, vitamin dan mineral berperan besar dalam metabolisme tubuh, pembentukan energi, mendukung fungsi sistem imun, hingga menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Beberapa jenis mikronutrien bahkan mampu ikut menjaga kesehatan organ jantung, mata, dan otak yang rentan terganggu saat seseorang masuk usia 50 tahun ke atas.

Dengan kondisi tubuh yang tetap sehat, bugar, dan aktif meskipun memasuki lansia, seseorang juga bisa menghindari berbagai macam gangguan kesehatan yang rawan menyerang, seperti penyakit kardiovaskular, pengeroposan tulang (osteoporosis), diabetes, hingga demensia. Beberapa penyakit lain juga bisa muncul jika lansia mengalami kekurangan vitamin dan mineral jenis tertentu meskipun kelebihan vitamin dan mineral jenis lainnya.

Image by shurkin_son on Freepik

Kandungan Enervon Gold dan Manfaatnya

Sayangnya memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi lansia memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari penurunan fungsi gigi dan gusi, rentan mengalami masalah pencernaan, penurunan tingkat nafsu makan, hingga pilih-pilih jenis makanan yang serupa berhari-hari. Untuk itu, Enervon Gold hadir sebagai suplemen yang akan mendukung pemenuhan gizi harian lansia. Berikut ini adalah kandungan vitamin dan mineral dalam Enervon Gold beserta manfaatnya.

1. Vitamin C (90 mg)

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menguatkan sistem imun. Selain virus dan bakteri, radikal bebas yang berasal dari makanan juga bisa memicu penyakit kronis. Selain itu, vitamin C juga menjadi salah satu komponen penting pembentuk kolagen, protein yang menyusun kulit, gigi, tulang, tulang rawan, sendi, dan jaringan ikat. Jadi, tanda penuaan pada kulit dapat dihindari. Mikronutrien ini juga mendukung penyerapan zat besi dan memperlancar produksi sel darah merah.

2. Vitamin B Kompleks

Detail kandungan vitamin B kompleks untuk setiap kapsulnya adalah vitamin B1 (1,2 mg), B2 (1,4 mg), B5 (5 mg), B6 (1,7 mg), dan B12 (0,0024 mg). Vitamin B kompleks secara umum membantu proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang berperan penting untuk pembentukan energi. Tidak berhenti di situ, vitamin larut air ini juga memperbaiki DNA, mendukung fungsi kekebalan tubuh, menjaga kesehatan sistem saraf, membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Asam Folat (0,4 mg)

Sebagai salah satu keluarga vitamin B kompleks, asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Fungsi paling populer dari mikronutrien ini adalah membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar homosistein yang erat kaitannya dengan penyakit jantung dan strok. Selain itu, asam folat juga membantu menurunkan risiko gangguan kognitif pada otak, termasuk kemampuan mengingat. Dosisnya kecil dalam Enervon Gold karena memang manusia dianjurkan untuk mendapatkan jenis vitamin ini tidak lebih dari 1 mg per hari.

4. Omega 3 (350 mg)

Omega 3 paling banyak ditemukan pada minyak ikan dan satu kapsul Enervon Gold mengandung 500 mg minyak ikan. Di dalamnya terdapat omega 3 (350 mg) yang dikenal mampu menjaga kesehatan otak dengan mempertahankan fungsi kognitif, menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, hingga membantu lansia mengelola gejala peradangan sendi.

5. Lutein (10 mg)

Lutein sendiri merupakan salah satu jenis karotenoid yang ada pada mata manusia. Mengonsumsi suplemen yang mengandung lutein mampu menurunkan risiko terkena penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula (penurunan fungsi mata akibat pertambahan usia).

Cara Konsumsi dan Efek Samping

Dengan semua informasi manfaat dan dosis di atas, lansia usia 50 tahun ke atas cukup mengonsumsi 1 kapsul per hari. Untuk memaksimalkan proses penyerapannya, lansia dianjurkan mengonsumsinya 45 menit sebelum makan siang atau maksimal 2 jam setelah mengonsumsi makanan utama. Hal ini karena sebagian besar kandungannya terdiri dari multivitamin yang larut dalam air sehingga akan lebih maksimal diserap tubuh ketika tidak bersama makanan utama di lambung.

Karena dosis yang diberikan masih aman (bukan mega dosis) dan sesuai saran kesehatan, sehingga efek samping dari konsumsi Enervon Gold sangat jarang terjadi. Namun melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi tetap disarankan, terutama jika lansia memiliki kondisi medis tertentu.

Mengapa Perlu Memilih Enervon Gold sebagai Vitamin untuk Usia 50 Tahun ke Atas?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, deretan kandungan vitamin dan mineral dalam Enervon Gold memang memiliki segudang manfaat baik. Untuk manfaat yang optimal, pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin.

Keunggulan pertama dari varian Enervon yang satu ini tentu saja dari kandungannya yang lengkap dan spesifik diformulasikan untuk lansia. Artinya, dosis setiap kandungannya sudah sesuai dengan saran medis dari institusi kesehatan sehingga tidak berlebihan bagi lansia. Tidak hanya membantu pemenuhan nutrisi, konsumsi suplemen ini juga akan membantu menjaga kesehatan jantung, otak, dan mata lansia usia 50 tahun ke atas dalam jangka panjang.

Selain diproduksi oleh perusahaan farmasi terpercaya di Indonesia yaitu Darya Varia, produk ini juga telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Tidak berhenti di situ, kapsul selaput Enervon Gold juga lembut dan mudah ditelan. Akses produk yang mudah bagi lansia juga sudah tersedia dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee. Segera ajak keluarga lansia untuk mengonsumsi Enervon Gold agar deretan manfaat baiknya bisa segera dirasakan.

Referensi:

  • Kathleen M. 2024. The Benefits of Vitamin C. Diakses dari https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
  • Jennifer Berry dan Brittany Patterson. 2024. Benefits and uses of B-complex vitamins. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/324856#vitamin-b-complex
  • WebMD. Folic Acid - Uses, Side Effects, and More. Diakses dari https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1017/folic-acid
  • WebMD Editorial Contributor. 2023. What to Know About Fish Oil Dosage for Older Adults. Diakses dari https://www.webmd.com/healthy-aging/what-to-know-about-fish-oil-dosage-for-older-adults
  • WebMD. Lutein - Uses, Side Effects, And More. Diakses dari https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-754/lutein