Pernahkah kamu mendengar sinking fund? Aspek perencanaan keuangan yang satu ini ternyata juga penting dimiliki. Memang, mengelola keuangan dengan baik akan memberikanmu kesiapan secara finansial, sehingga kamu tak perlu khawatir dalam menghadapi situasi apapun.

Selain dana darurat, kamu juga perlu memiliki sinking fund juga perlu dimiliki sebagai salah satu langkah untuk menutupi pengeluaran darurat yang terjadi di masa mendatang. Nah, sinking fund juga perlu dimiliki bagimu yang punya properti, lho.

 

 

Apa Itu Sinking Fund?

Credit Image - thesavvycouple.com

Belajar untuk mengelola keuangan penting untuk dilakukan. Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik dan membagi keperluan finansial sesuai dengan skala prioritas, bisa memberikan kamu rasa tenang di kemudian hari. Salah satu pengelolaan keuangan yang perlu diperhatikan adalah sinking fund. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan sinking fund itu?

Dikutip dari MyGate, secara umum, sinking fund adalah sederet biaya yang perlu disiapkan atau disisihkan dalam sebuah rekening terpisah untuk melunasi hutang, dana tambahan dari aset yang terdepresiasi, melunasi hutang masa depan, atau membayar hutang jangka panjang.

Sinking fund diperlukan supaya di kemudian hari tidak ada kekurangan budget yang diperlukan untuk membayar berbagai hal yang bersifat darurat, sehinggamu tidak perlu berhutang untuk menyelesaikan masalah yang ada.

 

Apa Fungsinya?

Credit Image - blog.e-mas.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengelola keuangan bisa membantu kamu untuk menyiapkan sebuah simpanan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat. Sinking fund memiliki beberapa fungsi penting, seperti berikut ini.

  • Sinking fund dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk dana darurat yang bisa digunakan untuk kondisi darurat seperti memperbaiki kerusakan yang terjadi pada apartemen.
  • Sinking fund dapat menjaga nilai jual properti, karena properti yang kamu miliki berada dalam keadaan yang baik.
  • Dalam perusahaan, sinking fund berfungsi untuk meringankan perusahaan saat jatuh tempo pembayaran hutang sudah tiba. Biaya tersebut bisa menjadi jaminan keamanan bagi para investor yang tertarik ingin melakukan pendanaan pada perusahaan.

 

Keuntungan dan Kerugian dari Sinking Fund

Credit Image - blog.orento.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, sinking fund memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu meringankan beban kamu di kemudian hari. Dibalik beberapa keuntungannya, ternyata sinking fund juga memiliki beberapa kerugian.

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang perlu diperhatikan:

  • Sinking fund umumnya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kamu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyiapkan biaya darurat tersebut.
  • Sinking fund wajib disiapkan dan dibayar di awal saat kamu hendak membeli atau menyewa apartemen. Oleh karena itulah, kamu harus menyiapkan budget lebih saat hendak membeli atau menyewa apartemen.
  • Berbeda dari uang deposit, sinking fund sifatnya permanen atau tidak bisa diambil kembali. Apabila kamu memiliki rencana untuk menjual apartemen, kamu harus memasukkan biaya sinking fund pada harga dari apartemen yang akan dijual.

Dalam mengelola keuangan, termasuk sinking fund, biar semua aktivitas tersebut bisa berjalan lancar, tentunya kamu mesti menjaga stamina, sehingga mengelola keuangan dapat dilakukan dengan maksimal.

Biar energi tetap terjaga, kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, kini kamu sudah mengetahui untung dan rugi memiliki sinking fund, ya? Aspek keuangan yang satu ini tentu tak kalah pentingnya dari dana darurat, lho!

 

 

Featured Image – dailynationtoday.com