5 Tips Menjaga Imun Tubuh Bagi yang Punya Aktivitas Padat

5 Tips Menjaga Imun Tubuh Bagi yang Punya Aktivitas Padat

font size A Ǎ

Bagimu yang memiliki aktivitas padat, menjaga kesehatan tubuh mungkin menjadi tantangan tersendiri. Terlalu sibuk dengan pekerjaan kerap membuatmu mengabaikan kondisi tubuh – apalagi, jika memiliki sedentary lifestyle, sehingga lebih jarang menggerakkan tubuh. Waspadai, hal ini bisa berbahaya, lho.

Kebiasaan gaya hidup tak sehat pun akhirnya bisa melemahkan kekebalan tubuh, sehingga kamu lebih mudah terserang penyakit berbahaya. Tapi tenang, kini, kamu bisa mulai memperbaiki pola hidup perlahan-pelahan, ya.

Berikut ini 5 tips menjaga kekebalan bagimu yang punya aktivitas padat.

 

 

Tetap Rutin Berolahraga

5 Tips Menjaga Imun Tubuh Bagi yang Punya Aktivitas Padat

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Dilansir dari Kompas, setiap orang disarankan untuk rutin berolahraga dengan intensitas sedang – atau 3-5 kali setiap minggunya. Durasinya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh, namun dianjurkan selama 30 sampai 45 menit.

Manfaat ini bisa membantu menjaga kekebalan tubuh, menjaga ritme pernapasan, menjaga postur tubuh, dan mempertahankan kebugaran.

Bila kamu tak memiliki waktu untuk berolahraga, cobalah berjalan kaki. Misalnya, parkir kendaraan pribadi di tempat yang lebih jauh dari pintu masuk agar kamu dapat bergerak lebih lama. Alangkah baiknya memilih fasilitas tangga ketika hendak menuju tempat lain dari pada menggunakan lift.

Di sela-sela waktu kosong, kamu dapat melakukan gerakan stretching ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Misalnya menggerakan kepala ke kiri dan kanan atau meregangkan kaki selama beberapa saat. Tubuh pun akan kembali segar seketika.

 

Istirahat yang Cukup

Tahukah kamu bahwa kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada banyak hal, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang kreativitas, produktivitas, kesehatan otak dan jantung , serta mempertahankan berat badan ideal. 

Dalam semalam orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam. Sayangnya masih banyak di antara kita yang menganggap enteng hal tersebut. Tidur cukup dengan kualitas yang baik akan membuatmu lebih berenergi dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari. 

Bila kamu kurang tidur, maka efeknya justru melemahkan imunitas, menambah berat badan, mempercepat penuaan dini dan sebagainya. 

 

Mengurangi Asupan Makanan Manis

5 Tips Menjaga Imun Tubuh Bagi yang Punya Aktivitas Padat

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Dalam keseharian, tentu saja kamu sering tergoda dengan makanan atau minuman manis. Apalagi, jika sedang bekerja di kantor, keinginan untuk jajan minuman manis, seperti es kopi susu akan semakin meningkat.

Hati-hati dengan kebiasaan ini. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, lho. Selain itu, mengonsumsi makanan olahan juga tidak baik, karena tak hanya rendah nutrisi, namun hal tersebut akan melemahkan imunitas.

 

Banyak Minum Air Putih

Terlalu lama duduk di depan komputer sering membuatmu lupa untuk minum. Setuju, kan? Pada akhirnya, tubuh akan dehidrasi. Padahal, minum air putih sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari.

Porsi tersebut dinilai cukup untuk menghidrasi tubuh dan membantu fungsi sistem metabolisme agar mampu bekerja dengan baik, termasuk menguatkan kekebalan. Agar kamu tak lupa minum, cobalah taruh botol air putih atau gelas di meja kerja, ya.

 

Konsumsi Vitamin C

5 Tips Menjaga Imun Tubuh Bagi yang Punya Aktivitas Padat

Credit Image - eatthis.com

Masih dilansir dari Kompas, menurut Ketua Pokja Pengurus Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia sekaligus Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan menyampaikan upaya untuk meningkatkan imun agar tidak terkena penyakit, yaitu mengonsumsi suplemen vitamin C.

Hal ini menjadi penting, apabila kamu memiliki kegiatan harian yang cukup padat. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh dapat terhindar dari penyakit, tubuh menjadi lebih segar, dan mampu beraktivitas dengan baik.

Tapi, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi?

Kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan tips menjaga kekebalan tubuh bagi kamu yang punya aktivitas padat. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!