Ada beragam faktor yang dapat melemahkan imunitas tubuh, selain urusan pola makan, stres juga menjadi salah satu hal yang bisa membuat kekuatan kekebalan menurun, lho. Jadi, stres tidak hanya mengganggu kesehatan mental saja.

Memang, dalam kehidupan sehari-hari kamu sering menghadapi situasi yang membuat stres. Seperti tingginya tuntutan kerjaan hingga kondisi yang kurang pasti. Jika kamu mengalaminya, stres mesti segera diatasi karena akan mengganggu kondisi fisik.

Namun, mengapa stres bisa melemahkan imunitas tubuh? Berikut informasinya.

 

 

Alasan Stres Dapat Menurunkan Kekebalan

Credit Image - halodoc.com

Dilansir dari CNN Indonesia, semakin stres seseorang, maka orang tersebut akan lebih mudah jatuh sakit. Sebuah meta analisis yang dilakukan terhadap 345 penelitian yang mencari hubungan antara stres dan kesehatan di Taiwan dalam kurun waktu 980-2033. Hasilnya, peneliti menemukan hubungan antara stres dan berbagai aspek kesehatan fisik.

Studi tersebut melihat hubungan stres psikologis dan sistem kekebalan manusia. Stressor akut, seperti akan menghadapi ujian dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan regular beberapa parameter natural imunnity – atau kekebalan alami dan penurunan regulasi beberapa fungsi kekebalan spesifik.

Perlu diketahui, tubuh memiliki sistem pertahanan berlapis. Yang pertama adalah kulit dan membrane mukosa. Lapisan kedua merupakan sel darah putih dan sel pembunuh alami. Dan lapisan ketiga, yaitu berupa antibodi dan antitoksin – atau yang biasa disebut dengan sistem kekebalan tubuh.

Sementara, sistem kekebalan tubuh spesifik disebut sebagai sistem pertahanan terakhir tubuh. Sistem akan aktif jika mikroba patogen mampu menembus lapisan pertahanan luar. Sistem kekebalan spesifik memiliki kemampuan pertahanan yang kuat dalam menghadapi berbagai jenis mikoorganisme patogen tertentu.

Kemampuan sistem kekebalan untuk mengingat mikroba patogen tertentu yang pernah menyerang menjadi kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya. Kondisi ini ditemukan dalam penyakit cacar yang tidak akan menjangkiti tubuh untuk kedua kalinya. Hal tersebut disebabkan kemampuan sistem kekebalan yang kian meningkat mendeteksi dan melawan virus penyebab cacar.

Stressor psikologis yang berkepanjangan – atau kronis dipercaya dapat menekan sistem kekebalan spesifik tersebut. Keadaan fisik, seperti usia dan penyakit juga meningkatkan kerentanan terhadap perubahan kekebalan tubuh selama stres.

Jadi, stres psikologis baik yang akut maupun berkepanjangan akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap organisme patogen.

 

Stres Juga Dapat Memengaruhi Fungsi Hormon

Saat mengalami stres cenderung lebih mudah lelah dan merasa cemas. Hal ini disebabkan, saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres, yakni hormon adrenalin dan hormon kortisol.

Adrenalin tersebut meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan pasokan energi. Sementara itu, kortisol yang merupakan hormon stres utama mampu meningkatkan glukosa dalam aliran darah.

Kortisol mampu mengubah respons sistem kekebalan, menekan sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan proses pertumbuhan. Sistem alami yang kompleks ini juga berkomunikasi dengan daerah otak yang mengontrol suasana hati, motivasi, dan ketakutan. Inilah sebabnya kamu lebih mudah merasa cemas – dan pada akhirnya kekebalan tubuh pun menurun.

 

Produksi Antibodi Turut Menurun

Credit Image - mayapadahospital.com

Tingkat sel darah putih dan hormon sangat berhubungan dengan fungsi imun. Beberapa studi menemukan bahwa stres terkait dengan perubahan, baik dalam sirkulasi jumlah sel darah putih dan jumlah antibodi dalam darah.

Terlebih lagi, stres dikaitkan dengan perubahan dalam berfungsinya sel imun. Artinya, peningkatan kortisol berhubungan dengan berkurangnya jumlah sirkulasi sel darah putih pada individu yang mengalami stres. Dengan lebih banyak stres dan kecemasan, maka lebih sedikit pula antibodi yang dihasilkan.

 

Stres Menyebabkan Pola Hidup Tak Sehat yang Dapat Melemahkan Imun

Ketika sedang stres, orang cenderung kurang tidur, jarang berolahraga, memiliki pola makan yang buruk, serta lebih banyak merokok. Atau bahkan sampai menerapkan stress eating, mengonsumsi alkohol, hingga obat-obatan lainnya yang dianggap dapat membantu mengatasi stres.

Padahal, semua perilaku tersebut telah terbukti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh untuk merespons infeksi, lho. Akibatnya, hal tersebut meningkatkan risiko kondisi kesehatan lain seperti sakit kepala, flu, penyakit kardiovaskular, diabetes, asma, dan maag.

Ketika mengalami stres, imunitas tubuh memang bisa menurun. Untuk itu, usahakan mengatasi stres dengan baik, misalnya melakukan kegiatan favorit, atau aktivitas apa saja yang bisa membuat kamu bahagia.

Yang tak kalah pentingnya, kamu juga disarankan tetap menjalani gaya hidup sehat, salah satunya termasuk rutin mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan untuk meningkatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan nutrisi sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah alasan mengapa stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jika kamu sedang mengalaminya, cobalah segera cari penyebab stres – dan diatasi, ya. Dengan demikian, sistem imunitas tidak ikut menurun.

 

 

Featured Image – sehatnegeriku.kemkes.go.id