Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Sebagai orangtua, kamu memang perlu mengawasi setiap aktivitas anak untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus benar- benar menempel dengan anak ketika ia sedang bermain.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan orangtua untuk membiasakan anak mereka main sendirian, karena dapat memberikan manfaat yang baik bagi tumbuh kembangnya. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Menumbuhkan sikap mandiri

Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Credit: parents.com

Anak- anak yang main sendiri mengharuskan mereka untuk melakukan segala sesuatunya sendiri pula. Misalnya, memasang pakaian pada boneka, mengurutkan puzzle, dan lain sebagainya.

Mandiri mengajari anak bahwa orangtua tidak akan selalu membantunya setiap saat, sehingga mau tidak mau ia harus berusaha sendiri. Dan anak yang terbiasa main sendiri cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

2. Meningkatkan imajinasi

Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Credit: republika.co.id

Anak- anak memang memiliki imajinasi yang tinggi, namun belum terlalu terasah dengan baik. Dengan membiarkan anak main sendiri memungkinkan ia untuk mengembangkan ide- ide kreatif dan berusaha untuk membuat imajinasinya jadi nyata. Hal ini tentu akan meningkatkan kreativitas anak.

Misalnya, saat anak main boneka. Ia mungkin akan berperan sebagai teman, ibu, atau bahkan memainkan profesi orangtua seperti polisi, dokter, atau guru. Hal sederhana seperti ini akan membantu anak mengenali diri sendiri, bakat, kesukaan, dan mimpi- mimpinya yang mungkin bertahan sampai dewasa.

3. Belajar untuk memecahkan masalah

Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Credit: parenting.firstcry.com

Saat anak main sendiri, ia akan cenderung berusaha untuk memecahkan masalah. Misalnya, saat anak bermain puzzle. Permainan ini merangsang anak untuk berpikir, memecahkan masalah, dan melakukan tidakan agar puzzle tersebut tersusun lengkap.

Meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah membantu anak untuk mengendalikan diri dan emosi. Dengan begitu, ia akan terbiasa untuk berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu.

4. Memberikan ketenangan

Ini Dia 4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Credit: atlasmission.com

Membiarkan anak main di luar rumah bisa meningkatkan kemampuannya untuk berintertaksi dengan anak seusianya. Sementara, membiarkan anak main sendiri di rumah memberikan ia waktu untuk mengenal dirinya lebih baik, serta memberikan ketenangan bagi anak dengan mainannya.

 

Featured Image - nashvilleparent.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!