Agar tubuh mampu bekerja sesuai sebagaimana mestinya, tentu dibutuhkan berbagai asupan bernutrisi tinggi, termasuk vitamin dan mineral. Kedua nutrisi tersebut pun punya beragam jenis yang baiknya dipenuhi setiap harinya.

Sayangnya, masih banyak yang belum bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, lho. Akibatnya, tubuh menjadi gampang lemas hingga lebih mudah terserang penyakit. Mudahnya, sistem kekebalan ikut menurun.

Selain itu, banyak pula yang belum memahami pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Biar kamu sudah mencukupi kedua nutrisi tersebut setiap harinya, berikut informasi lengkapnya.

 

 

Apa Itu Vitamin dan Mineral

Credit Image - ners.unair.ac.id

Vitamin dan mineral adalah zat gizi yang masuk ke kategori mikronutrien. Tubuh memerlukan kadar vitamin dan mineral dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Keduanya tentu merupakan nutrisi penting karena keduanya saling berhubungan dalam melakukan berbagai peran dalam tubuh.

Untuk itu, penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral secara bersamaan, ya. Selain vitamin D, vitamin dan mineral lain hanya bisa didapatkan dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Kamu bisa memperoleh beragam jenis vitamin dan mineral dari makanan dan minuman, lalu dilengkapi dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

Jenis Vitamin dan Mineral

Credit Image - klikdokter.com

Beberapa jenis vitamin yang dikenal adalah:

  • Vitamin A, C, D, E, K.
  • Vitamin B, termasuk thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksal (B6), kobalamin (B12) , biotin, dan asam folat/folat.

Sementara, jenis mineral terdiri dari:

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Natrium
  • Klorida
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Yodium
  • Tembaga
  • Fluorida
  • Mangan
  • Selenium

 

Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Credit Image - halodoc.com

Berikut berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.

1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Asupan yang sehat dan kaya gizi menjadi salah satu hal wajib yang perlu dibiasakan setiap harinya. Konsumsi makanan sehat membantu tubuh untuk mendapatkan berbagai gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk untuk mengisi sepiring makanan dengan komposisi berikut.

  • 2/3 karbohidrat, seperti nasi, kentang, dan ubi jalar,
  • 1/3 lauk-pauk kaya protein rendah garam, seperti tahu, tempe, daging, dan ikan,
  • 2/3 sayur-sayuran, dan
  • 1/3 buah-buahan.

Namun, usahakan untuk membatasi jumlah makanan manis yang dikonsumsi.

 

2. Mencukupi kebutuhan cairan

Dehidrasi atau kekurangan cairan membuatmu merasa lemas dan pusing yang bisa membuat aktivitas harian menjadi terhambat. Mencukupi kebutuhan cairan bukan hanya dari air mineral saja. Jus buah, air kelapa, dan sari buah termasuk jenis minuman sehat dan kaya gizi.

Air kelapa misalnya mengandung kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Atau jus buah kombinasi seperti mangga dan stroberi selain menyegarkan juga dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A, C, E, dan juga folat.

Selain itu, jus semangka tak kalah menyehatkan karena mengandung vitamin A, C, magnesium, dan zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

3. Minum suplemen

Suplemen menjadi asupan tambahan mineral dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Makanan dan minuman sehat yang kamu konsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk itu dianjurkan mengonsumsi suplemen multivitamin yang memiliki ragam vitamin dan mineral guna membantu memenuhi kedua nutrisi tersebut. Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dari Enervon yang punya kandungan lengkap – dan tentunya kaya akan manfaat.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, untuk kamu yang ingin perlindungan ekstra dapat minum Enervon-C Effervescent, ya. Kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, yaitu 1000 mg dapat optimalkan imunitas tubuh, lho. Multivitamin dalam bentuk effervescent juga dapat membuat tubuhmu terasa segar sepanjang hari.

Bagi yang punya masalah lambung sensitif, tak perlu khawatir, sebab kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks, dan Zinc yang aman dan nyaman di lambung – dapat bantu jaga imun tubuh, serta menjaga stamina tubuh agar tidak gampang lelah.

Selain berkat kandungan vitamin C yang dapat menguatkan imunitas, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini tentunya bisa bikin kamu makin produktif!

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Vitamin dan mineral merupakan kedua nutrisi yang penting dipenuhi asupannya setiap hari agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan maksimal. Pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tinggi sekaligus mengonsumsi suplemen multivitamin setiap harinya.

 

 

Featured Image – nutri-facts.org