Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa pola makan seimbang penting untuk diterapkan? Jawabannya ternyata sederhana, lho. Mengonsumsi makanan yang sehat – dan tentunya dengan gizi seimbang merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan.

Tidak hanya itu, pola makan yang sehat pun bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh, sehingga risiko terkena penyakit menular dapat diminimalisir. Selain itu, kemungkinan terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi bisa dihindari.

Tak perlu repot, kamu bisa mendapakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan memastikan mengonsumsi makanan sehat dan bervariasi.

 

 

Apa Itu Pola Makan Seimbang?

Credit Image - doktersehat.com

Dilansir dari Pedoman Diet untuk Orang Amerika, makanan bergizi seimbang merupakan makanan padat nutrisi yang menyediakan vitamin, mineral, dan komponen pendukung kesehatan lainnya.

Jenis makanan yang dikonsumsi pun sebaiknya mengandung sedikit tambahan gula, lemak, dan natrium. Ada pun elemen inti yang membentuk pola makan sehat, yaitu:

  1. Semua jenis sayuran, mulai dari buncis, kacang polong, dan lentil, hingga sayuran lainnya.
  2. Buah-buahan, namun sebaiknya dalam bentuk utuh atau bukan jus.
  3. Biji-bijian setidaknya setengahnya adalah gandum utuh.
  4. Susu, termasuk susu bebas lemak, yogurt, dan keju, dan/atau versi bebas laktosa serta minuman kedelai – dan juga yogurt yang diperkaya sebagai alternatif.
  5. Makanan berprotein, termasuk daging tanpa lemak, unggas, dan telur, makanan laut, buncis, kacang polong, dan lentil. Lalu, kacang-kacangan, biji-bijian, serta produk kedelai.
  6. Minyak, termasuk minyak nabati dan minyak dalam makanan, seperti makanan laut dan kacang-kacangan.

Dilansir dari Kompas, variasi adalah kunci dalam hal makan buah dan sayur. Setidaknya, kamu dianjurkan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari. Mengonsumsi kedua jenis asupan tersebut juga baik untuk pencernaan dan mirkobioma tubuh. Ingat, pencernaan sehat juga memengaruhi kekebalan tubuh, lho.

Pola makan seimbang dapat memasok nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan baik. Tanpa hal ini, tubuh lebih rentan terhadap penyakit, infeksi, dan lebih gampang merasa lelah.

 

Pentingnya Pola Makan Seimbang

Credit Image - food.detik.com

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang memasok bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja secara efektif. Tanpa nutrisi yang seimbang, tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Makan berbagai makanan dan mengurangi garam, gula, dan lemak jenuh sangat penting untuk memastikan fungsi tubuh kamu sudah berjalan dengan baik. Jika pola makan tidak seimbang dan mengonsumsi makanan yang tidak memberikan nilai gizi yang cukup, kadar nutrisi akan mulai menurun.

 

Lengkapi Pola Makan Sehat dengan Konsumsi Multivitamin

Credit Image - orami.co.id

Untuk memastikan asupan nutrisi sudah terpenuhi, dalam menerapkan pola makan sehat kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian – dan juga menjaga imunitas tubuh.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Sudahkah kamu punya pola makan bergizi seimbang? Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mempertahankan imunitas.

 

 

Featured Image – hot.liputan6.com

Source – kompas.com