5 Tips Konsumsi Vitamin C Buat yang Punya Lambung Sensitif

5 Tips Konsumsi Vitamin C Buat yang Punya Lambung Sensitif

Bagi pemilik lambung sensitif, mengonsumsi vitamin C, terutama dalam bentuk suplemen mungkin menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Pasalnya, jenis vitamin C yang satu ini bisa saja memicu naiknya asam lambung, lho.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak memenuhi dosis vitamin C harianmu, ya. Vitamin C tetap diperlukan tubuh untuk membantu menjaga kekebalan sekaligus mengoptimalkan fungsi tubuh lainnya.

Apakah kamu termasuk yang punya msasalah lambung sensitif? Berikut ini 5 tips mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi dosis vitamin C harian. Simak selengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

1. Perhatikan Jenis Vitamin C

5 Tips Konsumsi Vitamin C Buat yang Punya Lambung Sensitif

Credit Image - bbcgoodfood.com

Sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin C pilihanmu, ada baiknya perhatikan dahulu jenis vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C datang dalam bentuk murni – atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Adapun berbagai jenis vitamin C, yaitu:

  • Asam askorbat. Jenis vitamin C yang satu ini merupakan bentuk paling murni. Asam askorbat paling mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.
  • Sodium askorbat. Kemudian, ada pula jenis sodium askorbat – yang dapat meningkatkan kadar sodium di dalam tubuhmu.
  • Kalsium askorbat. Jenis vitamin C ini mengikat asam askorbat ke kalsium – jadi, juga berfungsi untuk menetralkan keasaman. Kalsium askorbat ideal untukmu yang memiliki perut ekstra sensitif.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk memilih suplemen vitamin C dengan kandungan kalsium askorbat – atau dikenal juga sebagai non-acidic vitamin C.

Sebab, suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin C dengan sifat anti-asam lebih aman dan nyaman di lambung, bahkan bisa dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, lho.

 

2. Hindari Konsumsi dengan Makanan Asam

Bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, ada baiknya mengonsumsi suplemen vitamin C tidak dibarengi dengan makanan yang bersifat asam dan pedas, ya. Sebab, mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut dapat memicu kenaikan asam lambung.

Jika ingin mengonsumsi buah yang mengandung asam, seperti kiwi, jeruk, maupun lemon alangkah baiknya tidak dibarengi dengan konsumsi suplemen vitamin C. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih jenis buah yang rendah asam – dan juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti alpukar, pisang, pepaya, dan jambu biji.

Selain itu, meminum suplemen vitamin C usai mengonsumsi makanan pedas juga tidak disarankan, lho. Hal ini bisa memicu perut terasa perih, karena kandungan capcaisin – zat yang ditemukan di dalam makanan pedas dapat memicu lambung menjadi nyeri dan sensitif.

Jadi, perhatikan tips yang satu ini, biar dosis vitamin C harianmu bisa tercukupi secara maksimal.

 

3. Ketahui Waktu Tepat Konsumsi Suplemen Vitamin C

5 Tips Konsumsi Vitamin C Buat yang Punya Lambung Sensitif

Credit Image - health.kompas.com

Selanjutnya, pastikan juga kamu sudah meminum suplemen vitamin C di waktu yang tepat. Dengan demikian, masalah lambung sensitif bisa dihindari, serta manfaat dari vitamin C dapat dirasakan secara maksimal.

Memang, suplemen vitamin C direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum makan – atau dalam keadaan perut kosong. Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tidak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan.

Untuk kamu yang tidak memiliki masalah lambung sensitif, mungkin cara tersebut dapat diterapkan. Lantas, bagaimana kalau yang punya masalah pencernaan? Dalam hal ini, direkomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin C bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum suplemen vitamin C di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar makin maksimal, konsumsi suplemen vitamin C pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin oleh tubuh, sehingga dosis vitamin C harian bisa terpenuhi dengan baik.

 

4. Konsumsi Bersamaan dengan Zinc

Perlu diketahui bahwa vitamin C dan zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Artinya, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, manfaatnya pun dapat lebih terasa, lho. Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C terbaik pilihanmu bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

Atau, bisa juga dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan juga zinc. Pastinya, cara ini lebih mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang punya aktivitas padat.

 

5. Jenis Suplemen yang Direkomendasikan

5 Tips Konsumsi Vitamin C Buat yang Punya Lambung Sensitif

Credit Image - enervon.co.id

Apakah kamu masih merasa bingung, kira-kira apa suplemen multivitamin yang aman dikonsumsi bagi pemilik lambung sensitif? Kalau begitu, multivitamin Enervon Active merupakan pilihan yang tepat untukmu, nih!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya bisa mempertahankan imun biar tubuh tak gampang terserang penyakit.

Yang pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Kamu pun tak perlu khawatir tubuh gampang lelah meski punya rutinitas yang padat.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Jadi, gimana? Bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, memenuhi dosis vitamin C harian tetap tidak boleh dilewatkan. Untuk konsumsi suplemen, kamu bisa perhatikan tips di atas agar perut tetap terasa nyaman.

 

 

Featured Image – jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!