Siapa bilang membuat menu diet sehat itu sulit untuk dilakukan? Beragam menu diet sebenarnya mudah dibuat dengan bahan yang dapat ditemukan di pasaran. Menu diet sehat juga tidak terlalu mahal, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Apa saja menu diet sehat yang mudah dan praktis untuk kamu ikuti? Berikut ini listnya!

1. Telur kukus

Credit: tribunnews.com

Cara membuat telur kukus sama seperti ketika meracik telur dadar atau omelette dengan tambahan daun bawang, jamur, tomat, dan bumbu- bumbu lainnya. Kukus telur dalam wadah kaca atau stainless  hingga matang. Atau kamu bisa memilih telur rebus sebagai alternative yang lebih praktis.

2. Dada ayam kukus

Credit: hellosehat.com

Jika ingin dietmu sukses, konsumsilah dada ayam tanpa kultinya. Masak dada ayam dengan cara dikukus atau direbus dengan dibumbui dengan sedikit garam dan merica. Selain itu, kamu bisa memasak dada ayam dengan cara dipanggang dalam oven atau dibakar di atas bara api.

3. Sayuran rebus

Credit: bettycrocker.com

Berikan variasi jenis- jenis sayuran agar kamu tidak mudah bosan. Misalnya, hari ini kamu makan siang dengan brokoli rebus, makan malam dengan sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda). Lalu, esok harinya kamu bisa ganti sayuran tersebut dengan sawi- sawian yang dikukus, pare kukus, atau kacang panjang dan toge yang direbus.

3. Kentang panggang dan mashed potato

Credit: foodnetwork.com

Sebagai pengganti nasi, kentang adalah salah satu jenis karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan. Selain dikukus atau dipanggang, kamu bisa meracik mashed potato dengan cara menumbuk halus kentang kukus. Kemudian, bumbui dengan mentega, merica, dan garam.

4. Ikan bakar

Credit: bonappetit.com

Kamu pasti sudah familiar dengan makanan ini. Kamu bisa memasak ikan nila, bawal, kembung, mas, gurami, atau yang lainnya dengan cara di bakar. Dan untuk variasi kamu bisa membakar ikan dengan bumbu rujak.

5. Salad sayuran

Credit: simple-veganista.com

Kamu bisa menyajikan salad dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun, dan hindari salad dengan dressing mayonnaise. Untuk sayurannya, kamu bisa memilih selada, tomat, mentimun, atau jagung rebus.

6. Sup ayam sayuran

Credit: prepdish.com

Menu diet sehat berikutnya adalah sup ayam sayuran yang diracik dengan kaldu sup dari tulang ayam. Kemudian, masukkan potongan daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengan berbagai jenis sayuran. Sup ayam bening ini cocok untuk kamu yang sedang berdiet, tapi ingin makanan berkuah yang gurih. Mudah bukan?

7. Tumis jamur- jamuran

Credit: myfoodandfamily.com

Salah satu alasan kenapa jamur sering dijadikan menu diet sehat karena kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat menurunkan berat badan. Selain itu, jamur seringkali disantap para wanita yang ingin awet muda karena mengandung anti aging.

 

Nah itu dia 8 menu diet sehat yang mudah dan praktis untuk kamu ikuti. Selain dengan berdiet dan mengonsumsi makanan yang sehat, konsumsi vitamin C dari Enervon setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Enervon mengandung vitamin dasar yang baik untuk tubuh, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.

 

Featured Image - hallmarkchannel.com