Agar tubuh bisa bekerja sebagaimana mestinya, maka diperlukan asupan vitamin dan mineral yang tepat. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya nutrisi vitamin dan mineral, hingga perannya masing-masing.

Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang termasuk dalam kategori mikronutrien. Nah, tubuh pun memerlukan keduanya, karena baik vitamin maupun mineral saling berhubungan dalam melakukan perannya bagi tubuh.

Selain itu, agar semakin optimal, kamu dianjurkan mengonsumsi keduanya secara bersamaan, misalnya konsumsi vitamin C bersama dengan zinc karena bisa memaksimalkan proses penyerapan vitamin C.

Berikut ini deretan manfaat vitamin dan mineral yang penting untuk diketahui.

 

 

Memproduksi Sel-Sel Baru

Credit Image - ners.unair.ac.id

Vitamin terdiri dari beragam macam, namun manfaat yang satu ini berkaitan erat dengan vitamin B kompleks, lho. Kelompok vitamin B terbukti membantu memperbanyak sel dengan cara menghasilkan DNA baru pada tubuh.

Tak hanya vitamin B, namun zinc juga berperan dalam membantu memproduksi sel-sel baru. Dengan cara kerja ini, vitamin dan mineral akan membantu regenerasi sel. Dan juga vitamin C yang membantu memproduksi kolagen – untuk menghasilkan fibroblas atau sel-sel otot, kulit, dan organ tubuh.

 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Zinc bisa meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki lapisan membran, mempercepat pembekuan darah, dan membantu pembentukan lapisan jaringan tubuh. Melansir jurnal Current Chemical Biology, mineral tembaga juga membantu luka agar cepat sembuh. Tembaga meningkatkan kadar kolagen dan elastin agar membentuk sel fibroblas baru.

Selain itu, ada pula vitamin C dan K yang juga dapat membantu proses memulihkan luka dengan cara meningkatkan kolagen serta membekukan luka.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Credit Image - wolipop.detik.com

Beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting menjaga kekebalan tubuh adalah vitamin A, C, D, E, zat besi, dan zinc, berikut fungsinya.

  • Zat besi: membantu menjaga komponen enzim penting pada sistem imun.
  • Vitamin A: mencegah dari infeksi pada permukaan tubuh.
  • Vitamin C: memproduksi sel darah putih dan pembentukan antibodi.
  • Zinc: mempercepat penyembuhan luka sehingga tidak rentan terkena infeksi.
  • Vitamin D: merusak protein virus dan bakteri jahat.
  • Vitamin E: bekerja sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

 

Memperkuat Tulang

Kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin D adalah vitamin dan mineral utama untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D membantu penyerapan kalsium pada usus. Sementara itu, ada juga vitamin K yang dapat membantu menjaga tulang agar tetap padat dan tidak mudah patah.

Kalsium, magnesium, dan fosfor berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang. Efeknya, tulang pun lebih kuat dan risiko patah tulang dan osteoporosis berkurang. Dan kalium juga berperan penting untuk kesehatan tulang. Bila kadar kalium rendah, hal ini membuat jumlah kalsium di dalam tubuh ikut berkurang.

 

Menjaga Metabolisme Tubuh

Credit Image - klikdokter.com

Seluruh jenis vitamin B berperan dalam menjaga metabolisme energi. Multivitamin B bekerja mengatur enzim yang berperan dalam penggunaan dan penyimpanan energi.

Kemudian, mineral, seperti mangan dan yodium, membantu memetabolisme karbohidrat dan kolesterol agar bisa digunakan atau disimpan di dalam tubuh. Mineral pada tubuh juga penting untuk membangkitkan energi pada tubuh.

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang – yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Kemudian pastikan juga kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Mencukupi kebutuhan cairan bukan hanya dari air mineral saja. Jus buah, air kelapa, dan sari buah termasuk jenis minuman sehat dan kaya gizi.

Air kelapa misalnya mengandung kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Atau jus buah kombinasi seperti mangga dan stroberi selain menyegarkan juga dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A, C, E, dan juga folat.

Selain itu, jus semangka tak kalah menyehatkan karena mengandung vitamin A, C, magnesium, dan zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yang terakhir, kamu juga dianjurkan mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Suplemen menjadi asupan tambahan mineral dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Makanan dan minuman sehat yang kamu konsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk itu dianjurkan mengonsumsi suplemen multivitamin yang memiliki ragam vitamin dan mineral guna membantu memenuhi kedua nutrisi tersebut. Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dari Enervon yang punya kandungan lengkap – dan tentunya kaya akan manfaat.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, untuk kamu yang ingin perlindungan ekstra dapat minum Enervon-C Effervescent, ya. Kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, yaitu 1000 mg dapat optimalkan imunitas tubuh, lho. Multivitamin dalam bentuk effervescent juga dapat membuat tubuhmu terasa segar sepanjang hari.

Bagi yang punya masalah lambung sensitif, tak perlu khawatir, sebab kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks, dan Zinc yang aman dan nyaman di lambung – dapat bantu jaga imun tubuh, serta menjaga stamina tubuh agar tidak gampang lelah.

Selain berkat kandungan vitamin C yang dapat menguatkan imunitas, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini tentunya bisa bikin kamu makin produktif!

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Jadi itulah deretan peran vitamin dan mineral bagi kesehatan tubuh, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan kedua nutrisi tersebut setiap harinya.n

 

 

Featured Image – longlife.com