Menjadi seorang pekerja lepas – atau freelancer tentu dibutuhkan beragam skill yang dapat membantu meningkatkan jenjang karir. Tidak hanya hard skill saja, namun soft skill juga tidak kalah pentingnya untuk dimiliki, lho.

Diketahui, hard skill memang bisa saja dimiliki banyak orang. Berbeda dengan soft skill, kemampuan ini bisa membantu membedakanmu dari para freelancer lainnya. Hal inilah yang akan membuatmu mendapat pelanggan, mempertahankannya, dan terus mengembangkan keuntungan dari pekerjaan lepas yang dilakukan.

Berikut ini 5 soft skill yang sebaiknya dimiliki oleh para freelancer.

 

 

1. Manajemen Waktu

Credit Image - edukatama.com

Sudah tak heran lagi kalau skill manajemen waktu sangat penting bagi freelancer. Pasalnya, freelancer bisa bekerja kapan saja. Hal ini memang merupakan salah satu kelebihan dari kerja lepas.

Akan tetapi, bagi orang yang kurang bisa mengelola waktunya dengan baik, bekerja sebagai freelancer justru bisa jadi suatu hal yang menantang. Tanpa kendali diri yang baik, akan sulit bagimu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah dijanjikan dengan klien.

Jika begitu, kamu akan dianggap kurang profesional dan tidak menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.

 

2. Sales dan Negosiasi

Mengutip Freelancer Map, sales dan negosiasi adalah dua skill berikutnya yang dibutuhkan oleh freelancer. Karena bekerja sendiri, kamu harus bisa memasarkan jasamu secara mandiri pada calon klien yang potensial.

Bukan hanya menarik calon klien saja, kamu juga nantinya harus menjalin hubungan agar orang-orang mau menggunakan jasamu berulang kali. Saat ada yang tertarik menggunakan jasamu, kamu juga harus pandai bernegosiasi agar tidak dibayar terlalu rendah.

Dua skill ini sangat penting untuk memastikan kamu akan mendapatkan penghasilan yang stabil dan cukup untuk kebutuhanmu sehari-hari.

 

3. Komunikasi

Credit Image - qubisa.com

Skill komunikasi masih erat hubungannya dengan poin sebelumnya, yaitu sales dan negosiasi. Untuk bisa mempromosikan diri dan bernegosiasi dengan baik, tentunya kamu harus memiliki skill dasar komunikasi terlebih dahulu.

Dengan kemampuan ini, kamu bisa menjadi proaktif saat dikontak klien. Komunikasi juga tentu dibutuhkan selama kamu bekerja dan menyelesaikan suatu proyek. Klien perlu komunikasi yang jelas agar tahu sudah sampai mana perkembangan pesanannya.

Kamu juga harus bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik agar semuanya jelas dan berjalan lancar. Selain itu, kemampuan tersebut juga dibutuhkan untuk networking dengan freelancer lainnya. Tentunya, ini sangat penting untuk pekerja lepas, kan?

 

4. Cepat Beradaptasi

Bisa beradaptasi dengan cepat sebagai freelancer adalah sebuah skill, lho. Tak semua orang bisa beradaptasi dengan cepat. Padahal, untuk pekerja lepas, ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, kamu akan bekerja dengan klien yang berbeda-beda dalam satu waktu.

Tentu saja, masing-masing klien punya gaya komunikasi, preferensi, dan cara kerja yang berbeda-beda. Sebagai freelancer, kamu harus cepat bisa menyesuaikan diri dengan orang yang kamu hadapi. Dengan begitu, kamu bisa langsung bekerja secara efektif.

Biasanya, skill ini akan sangat dibutuhkan bagi kamu yang freelance sebagai tutor, virtual assistant, dan sebagainya.

 

5. Evaluasi Diri

Credit Image - ekrut.com

Saat bekerja dengan begitu banyak orang, tentu saja masukan yang beragam akan kamu terima. Kadang, ini bisa membingungkan. Misalnya, satu klien bilang bahwa pekerjaanmu sangat baik. Akan tetapi, klien lain punya opini yang jauh berbeda.

Bisa jadi, kamu dikomplain karena suatu hal. Nah, skill evaluasi diri ini penting untuk bisa mengolah banyaknya masukan yang datang ini. Sebagai freelancer, penting untuk bisa mengevaluasi saran dan masukan mana saja yang memang membangun untuk kariermu.

Itulah kunci agar tetap bisa semangat, terus meningkatkan diri, dan menjadi lebih baik lagi di waktu yang mendatang.

Agar kegiatan pekerjaan lepas bisa dilakukan dengan maksimal, pastikan kamu sudah menjaga produktivitas dan energi tubuh, ya.

Pastikan sudah beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian – yang dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Soft skill memang diperlukan dalam urusan pekerjaan, termasuk bagi para freelancer. Lantas, sudahkah kamu memiliki deretan skill di atas?n

 

 

Featured Image – finansialku.com