Hepatitis akut misterius masih jadi momok menyeramkan bagi masyarakat, terutama orangtua. Pasalnya, penyakit yang satu ini lebih mudah menyerang anak-anak, namun tetap tidak menutup kemungkinan orang dewasa terjangkit hepatitis terbaru ini.

Untuk menghindari risiko penularan cuci tangan secara tepat.

Berikut ini cara mengajak anak mencuci tangan dengan benar, simak informasinya, yuk!

 

 

Menggunakan Sabun dengan Busa yang Melimpah

Credit Image - babydashblog.wordpress.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau anak-anak cenderung menyukai aktivitas yang berhubungan dengan air. Setuju, ya? Nah, hal tersebut bisa dimanfaatkan ketika mengajari Si Kecil mencuci tangan, lho. Dengan begitu, kegiatan membersihkan tangan ini bisa menjadi lebih menyenangkan.

Mengajari anak menjalani kebiasaan mencuci tangan dapat menggunakan sabun dengan busa yang berlimpah. Melalui cara ini, kamu bisa melihat betapa senangnya anak ketika bermain sabun sembari mencuci tangan.

 

Sembari Menyanyikan Lagu

Cara terbaik untuk membuat anak mencuci tangannya selama 20 detik, yaitu sembari menyanyikan sebuah lagu. Tips ini akan menjadikan kegiatan cuci tangan menjadi lebih menyenangkan – sekaligus tidak terasa.

Lagu yang dinyanyikan bisa disesuaikan dengan pemahaman anak. Misalnya, bisa menyanyikan lagu “Twinkle Twinkle Little Star” atau lagu apa pun yang disukainya. Atau, bisa menyanyikan beberapa lagu yang dikarang sendiri, karena cukup menarik perhatian anak ketika sedang cuci tangan.

 

Mencampur Sabun dengan Glitter

Credit Image - encompassnw.org

Mengajari anak untuk mencuci tangannya sampai bersih bisa mengibaratkan glitter sebagai kuman atau bakteri.

Ketika anak mencuci tangannya dengan sabun, cobalah taburkan glitter di tangannya. Kemudian, beritahu bahwa glitter tersebut adalah bakteri maupun kuman. Secara langsung, anak akan memahami bahwa cuci tangan harus dilakukan sampai bersih, dalam hal ini, hingga glitter hilang ketika dibilas dengan air.

 

Terapkan Rutinitas

Beri kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mana anak diwajibkan untuk mencuci tangannya sebelum dan sesudah beraktivitas. Misalnya, anak bisa diajarkan mencuci tangan setelah menyentuh mainannya, sebelum makan, sebelum tidur, atau aktivitas lainnya.

Nah, kebiasaan yang terus berulang dapat membantunya memahami betapa pentingnya aktivitas cuci tangan untuk menjaga kesehatan sekaligus menghindari risiko berbagai macam penyakit.

 

Gunakan Sabun yang Menarik Perhatian Anak

Credit Image - sheknows.com

Mengajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan juga dapat dimulai dengan menggunakan sabun yang menarik perhatiannya. Sebagai contoh, sabun dengan gambar tokoh kartun atau superhero favoritnya sampai aroma-aroma yang membuatnya senang mencuci tangan.

 

Menjelaskan Soal Kuman dan Bakteri

Yang perlu kamu lakukan, memberitahu inti dari pentingnya mencuci tangan, yaitu memberikannya pemahaman soal kuman, bakteri, dan virus. Terapkan edukasi tersebut sesuai dengan usia dan pemahamannya.

Nah, tidak hanya dengan mencuci tangan, menjaga kesehatan Si Kecil juga bisa dilakukan dengan menjaga kekebalan tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi suplemen vitamin C yang berfungsi mempertahankan imunitas, sehingga risiko terserang penyakit dapat diminimalisir. Dan lengkapi pula kebutuhan vitamin dan mineral, seperti memberi asupan multivitamin.

Berikan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan kandungan vitamin tersebut mampu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya, memelihara kesehatan tulang dan gigi, sekaligus meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Itulah tips mengajari sekaligus membiasakan anak mencuci tangan untuk menghindari risiko penularan hepatitis akut. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – theactivetimes.com

Source – kompas.com