Memiliki personal branding yang kuat di dunia kerja merupakan hal yang penting, karena dengan personal branding kamu akan dianggap sebagai orang yang profesional di tempat kerja. Namun, bagaimana cara tepat membangun personal branding yang baik?

Personal branding memang menjadi hal krusial untuk dilakukan oleh setiap orang, entah di media sosial maupun di dalam tempat kerja. Sudahkah kamu punya personal branding? Yuk, bangun citra yang baik dengan tips berikut ini!

 

 

Kenali Diri Sendiri

Credit Image - adecco.ca

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membangun personal branding di tempat kerja adalah dengan mengenali diri sendiri. Seperti dilansir dari Northeastern, memilih area tertentu yang ingin difokuskan dalam personal branding adalah salah satu strategi terbaik.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengenali diri sendiri? Kamu harus mengajukan beberapa pertanyaan kepada dirimu sendiri:

  • Apa kelebihanku?
  • Motivasi apa yang membuatku tetap bersemangat?
  • Peran apa yang tidak sesuai dengan diriku?

Jika kebingungan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa bertanya kepada orang lain mengenai dirimu. Setelah mengetahui salah satu area yang ingin difokuskan, kamu akan semakin mudah untuk memperkenalkan diri sendiri di tempat kerja.

 

Membangun Jaringan Profesional

Seperti di dunia kerja, jaringan atau networking sangat penting dalam membantumu untuk mengembangkan proses personal branding-mu. Sebagai contoh, kamu bisa datang ke acara-acara internal maupun eksternal kantor supaya dapat berkenalan dengan orang-orang di sekitar.

Setiap orang yang kamu jumpai, bisa jadi akan menjadi orang penting dalam hidupmu di masa yang akan datang. Jadi, untuk membangun personal branding, pastikan kamu sudah memiliki jaringan profesional yang baik, ya!

 

Mengajukan Pertanyaan dalam Pertemuan

Credit Image - tugu.com

Cara lain untuk membangun personal branding di tempat kerja adalah dengan mengajukan pertanyaan dalam setiap pertemuan yang diadakan. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya orang-orang akan mengenali siapa dirimu daripada hanya diam dan tidak memberikan respons saat rapat atau pertemuan.

Akan tetapi, jangan ajukan pertanyaan yang biasa-biasa saja. Beri pertanyaan yang out of the box atau yang berbau kritis supaya orang-orang juga mendapatkan pengetahuan baru darimu. Selain itu, dengan mengajukan pertanyaan, kamu memperlihatkan bahwa kamu memperhatikan topik pembicaraan dengan serius.

 

Kelola Media Sosial dengan Bijak

Tidak hanya secara offlinepersonal branding juga bisa dibangun dengan efektif secara online. Media sosial menjadi sarana yang bagus untuk digunakan dalam mengembangkan personal branding secara online.

Tidak jarang, ada rekan kerjamu yang melihat-lihat isi media sosialmu, mulai dari LinkedIn, Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Oleh karena itu, perhatikan dengan baik penggunaan media sosialmu. Jangan sampai ada hal negatif yang ada di dalamnya. Gunakan media sosial dengan bijak, salah satunya bisa dengan membagikan hasil karyamu. Misalnya, tulisan-tulisanmu di blog, hasil fotografi dan videomu, dan lain-lain.

Dengan begitu, rekan kerja yang melihatnya akan terpesona dengan apa yang telah kamu buat selama ini.

 

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Credit Image - dreamstime.com

Pada akhirnya, menurut Psychology Today, salah satu hal penting dalam membangun personal branding adalah menjadi diri sendiri. Semakin tinggi orisinalitasnya, semakin besar kemungkinan kamu disukai oleh rekan kerja tim.

Jangan menjadi orang lain agar terlihat bagus. Sebab, hal tersebut justru tidak akan membuatmu nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dalam membangun personal branding pastikan pula energi tubuh sudah terjaga dengan baik, sehingga produktivitas tidak terganggu.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active.

Untuk memperoleh produk Enervon, kamu bisa segera mengunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Membangun personal branding bisa dilakukan dengan tips di atas. Namun pastikan kamu sudah memerhatikan setiap langkah yang diterapkan, ya!

 

 

Featured Image – kuncie.com