Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

font size A Ǎ

Sudah menjadi rahasia umum bahwa demam merupakan keluhan yang umum terjadi, termasuk anak-anak. Tak jarang, demam menjadi alasan umum bagi orangtua pergi ke unit gawat darurat – atau UGD pada malam hari.

Jangan langsung panik dahulu, moms dan dads, ketika anak mengalami demam, apalagi tiba-tiba suhu tubuhnya makin meningkat ketika malam hari, pasalnya hal ini sebenarnya wajar terjadi. Pada malam hari, suhu tubuh memang meningkat secara alami.

Akibat dari kondisi tersebut, demam yang ringan saat siang hari sekali pun dapat dengan mudah melonjak di malam hari. Nah, berikut ini cara mengatasi anak demam di malam hari yang bisa moms dan dads lakukan.

Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

Menjaga Cairan Tubuh Anak

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

Credit Image - popmama.com

Cara mengatasi anak demam di malam hari yang pertama, yaitu menjaga asupan cairan anak tetap stabil. Ketika demam, Si Kecil dapat kehilangan cairan secara cepat, sehingga akhirnya ia pun bisa mengalami dehidrasi.

Jika ini terjadi, dehidrasi pada anak dapat menyebabkan komplikasi serius dan memperburuk gejala demam, lho. Untuk itu, hindari dehidrasi dengan membantu memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil. Di malam hari, moms dan dads bisa memberinya air putih, susu, ASI – bagi yang masih menyusui, maupun jus untuk anak.

 

Obat Penurun Panas

Cara mengatasi anak demam di malam hari berikutnya adalah memberikan obat penurun panas. Penggunaan obat ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat Si Kecil merasa lebih nyaman.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan bahwa parasetamol bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri. Namun, jika anak berusia di bawah 2 bulan, moms dan dads baiknya berkonsultasi pada dokter sebelum memberikan jenis pengobatan apapun.

Hal ini menjadi salah satu alasan agar segera mencari bantuan pertolongan dokter anak ketika ia demam di malam hari

 

Mengenakan Pakaian yang Lebih Longgar

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

Credit Image - jovee.id

Pilih pakaian untuk Si Kecil dengan bahan yang ringan dan lembut serta menggunakan kain atau selimut tipis. Menggunakan pakaian yang berlebihan dapat membuat panas tubuh terjebak dan menyebabkan suhu tubuh naik.

Bukan cuma itu, cara mengatasi anak demam di malam hari juga dapat dilakukan dengan mengatur suhu kamar atau ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin. Suhu ruangan yang tepat bisa membantu anak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

 

Mengompres Anak

Kompres merupakan cara yang sudah lama dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh ketika demam. Namun, kompres untuk menurunkan demam sebaiknya tidak menggunakan es atau air dingin karena dapat membuat badan menggigil.

Sebaliknya, gunakan kain yang direndam air hangat, kemudian letakkan di lipat ketiak dan selangkangan selama 10-15 menit. Cara ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh karena panas dapat keluar dari pori-pori kulit melalui proses penguapan.

 

Skin to Skin

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

Credit Image - ibupedia.com

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ibu dan bayi bila melakukan kontak skin to skin setelah melahirkan. Selain membantu proses menyusui, kontak skin to skin juga dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi.

Nah, ternyata, hal ini tidak hanya bermanfaat pada bayi yang baru lahir. Faktanya, kontak skin to skin juga bisa menjadi cara termudah untuk membantu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi demam anak di malam hari.

Jika anak mengalami demam, pastikan moms dan dads tetap memerhatikan suhu tubuhnya – dan mencatat gejala lainnya yang mungkin dialami. Kalau kondisi tersebut sudah berlangsung lebih dari tiga hari, segera kunjungi fasilitas kesehatan agar penanganan tepat bisa diperoleh anak, moms.

Untuk mencegah anak sakit, pastikan ia sudah menerapkan pola hidup bersih, seperti rajin mencuci tangan. Selain itu, Si Kecil pun tetap harus mendapat asupan suplemen untuk mengoptimalkan perlindungan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk memperoleh produk Enervon, kamu bisa segera mengunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Itulah deretan cara mengatasi anak demam di malam hari. Moms dan dads jangan langsung panik dahulu, kamu bisa menerapkan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!