Stress di tempat kerja dapat terjadi karena berbagai tekanan, mulai dari situasi hingga lingkungan kerja yang tidak mendukung. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi kondisi mental dan kesehatanmu.

Stress kerja tidak hanya membuat kamu jadi malas pergi ke kantor, tetapi juga membuatmu merasa lelah, mudah marah, lebih gampang sakit, sulit berkonsentrasi, dan sulit tidur.

Penyebab stress di tempat kerja

Credit: iamexpat.nl

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stress berat di kantor:

  • Beban kerja yang terlalu berat atau banyak
  • Tuntutan kerja dan tekanan kerja yang tidak sesuai atau melebihi kemampuan
  • Gaji yang rendah
  • Tidak menguasai bidang pekerjaan yang dijalani
  • Tidak mendapat apresiasi dari atasan
  • Terlalu perfeksionis
  • Memiliki hubungan yang buruk dengan atasan atau rekan kerja
  • Mendapat pengawasan yang terlalu ketat dari atasan
  • Lingkungan kerja yang tidak sehat

Stress kerja memang umum terjadi, namun bukan berarti kamu boleh menyepelekan gejala yang muncul akibat stress. Karena, jika tidak ditangani dengan baik, stress dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan.

Dampak stress di tempat kerja

Dalam jangka pendek, stress kerja dapat membuat seseorang mengalami sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, kelelahan, mual, dan muntah. Dan dalam jangka panjang, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih berat, seperti:

1. Migrain

Credit: liputan6.com

Stress kerja dapat menyebabkan otot jadi tegang. Dan hal ini bisa menyebabkan migrain serta nyeri kornis lainnya.

2. Tekanan darah tinggi

Credit: hellosehat.com

Saat stress, kadar hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan ini dapat menyebabkan sakit kepala dan meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

3. Diabetes

Credit: healthline.com

Dalam jangka panjang, stress kerja dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes. Hal ini berkaitan dengan kenaikan kadar gula darah saat stress, baik karena pengaruh hormon stress maupun karena perubahan hidup akibat stress.

4. Depresi

Credit: idnews.co.id

Bila dibiarkan, stress akibat kerja dapat menganggu kesehatan mental. Dan kondisi inilah yang membuatmu jadi lebih berisiko mengalami depresi.

Stress di tempat kerja dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan, untuk mengatasinya kamu bisa membicarakan masalah atau keluhan yang membuatmu stress kepada atasan, lakukan beberapa perubahan yang bisa mengurangi tingkat stress, atur pekerjaan dengan baik, jangan memendam stress sendiri, dan nikmatilah waktu libur dengan baik.

Jangan anggap stress di tempar kerja merupakan hal yang sepele. Jika kamu mengalami hal ini, segera lakukan perubahan pada kondisi dan pola kerjamu. Tidak perlu malu untuk berkonsultasi pada psikolog, terutama jika kamu sudah merasa sangat tertekan dan tidak sanggup mengatasi stress kerja sendiri.

 

Featured Image - thrivetalk.com