5 Tips Perkenalan Diri Saat Interview, Buat First Impression yang Baik

5 Tips Perkenalan Diri Saat Interview, Buat First Impression yang Baik

font size A Ǎ

Enervoners, kamu pasti sudah tahu bahwa first impression ketika bertemu dengan HRD sangatlah penting. Nah, ini termasuk perkenalan diri saat interview, lho. Dengan perkenalan yang baik, maka pihak perusahaan pun bakal lebih tertarik – dan kamu berpeluang besar lanjut ke tahap-tahap seleksi selanjutnya.

Untuk kamu yang sedang mencari kerja – atau bahkan akan melakukan wawancara pekerjaan dalam waktu dekat, ada deretan tips perkenalan diri saat interview yang penting untuk diterapkan, lho. Apa saja?

Berikut informasinya.

 

 

Percaya Diri Ketika Memperkenalkan Diri

5 Tips Perkenalan Diri Saat Interview, Buat First Impression yang Baik

Credit Image - seputarkarir.com

Percaya diri merupakan modal pertama untuk mulus melakukan perkenalan diri saat interview kerja, lho. Ini memang terlihat klise, tapi kalau kamu menerapkannya akan membuahkan hasil yang baik untuk sesi-sesi rekrutmen berikutnya.

Percaya diri saat interview kerja bukan cuma isapan jempol belaka, ya.. Kamu musti bisa perkenalkan siapa dirimu dengan jujur dan baik. Dari hal ini akan terlihat seperti apa diri dan kekuatanmu di mata HRD.

 

Kenalkan Diri Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Tips perkenalan diri saat interview kerja selanjutnya, yaitu menyangkut caramu mengenalkan diri kepada pihak perusahaan.

Saat sesi interview, HRD ingin mengenal dirimu secara singkat. Jadi pastikan yang kamu tampilkan dalam proses ini dapat mengesankan mereka. Caranya, jangan buat sesi ini membosankan HRD dengan membaca ulang isi CV kamu, ya

Untuk mengantisipasinya, saat mengutarakan siapa dirimu usahakan dengan menampilkan gestur tubuhmu secara lebih profesional. Selain itu, coba deh persiapkan cerita tentang dirimu untuk awal sesi perkenalan, misalnya terkait passion di pekerjaan yang kamu lamar.

 

Ceritakan Pengalaman Kerja

5 Tips Perkenalan Diri Saat Interview, Buat First Impression yang Baik

Credit Image - rejekinomplok.net

Hal lain yang biasanya ditanyakan HRD saat sesi perkenalan diri adalah pengalaman kerja dan kesibukanmu saat ini. Menjawab pertanyaan atau mengutarakan hal tersebut kurang lebih sama seperti perkenalan singkatmu tadi, yakni sebaiknya tidak seperti membaca ulang CV-mu. 

Solusinya ialah kamu bisa menceritakan apa saja job desk detail harianmu, target apa yang kamu selesaikan, pencapaian hebat apa yang kamu dapat, bahkan prestasi apa yang menggugah dari kariermu selama ini. Terkait kesibukan, kamu sebaiknya menceritakan hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar ya.

 

Menjaga Attitude Selama Proses Wawancara

Satu hal lain yang penting dalam perkenalan diri saat interview kerja ialah menjaga attitude. Percaya gak, hal ini begitu diperhatikan rekruiter sepanjang proses rekruitmen.

Bahkan ada yang bilang bahwa attitude lebih diutamakan perusahaan ketimbang skill yang kandidat punya, lho. Maksudnya, skill kandidat bisa terus diasah dan ditingkatkan, tapi attitude yang buruk belum tentu cepat berubah.

Karena itu, baiknya kamu banyak-banyak berlatih mengendalikan dirimu dengan menjaga attitude. Bukan hanya saat sesi interview, tapi di keseharian jadikan hal itu sebagai bagian dari dirimu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa.

Misalnya menggunakan bahasa yang sopan ketika berbicara, seperti bahasa baku saat sesi interview, atau paling tidak sesuaikan bahasamu dengan rekruiter di tempat kamu melamar pekerjaan.

 

Antusias dan Siap Menjawab Pertanyaan Rekruiter

5 Tips Perkenalan Diri Saat Interview, Buat First Impression yang Baik

Credit Image - lifepal.co.id

Ketika sesi interview, harusnya kamu siap dengan segala pertanyaan yang akan diajukan kepadamu. Dengan begitu, kamu akan terlihat antusias saat memperkenalan diri saat interview dan tahapan-tahapan selanjutnya

Selain itu, coba hilangkan distraksi yang mungkin akan mengganggumu di proses interview, ya, Misalnya atur mode hening smartphone kamu – dan pastikan kamu gunakan pakaian yang nyaman ketika proses perekrutan. 

Nah, agar proses wawancara bisa berjalan dengan baik, pastikan pula kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, ketika sesi interview dimulai, kamu pun tetap merasa fokus dalam menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan, termasuk mengenai kelemahan diri, lho.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

 

Wah, bagimu yang akan menjalani kegiatan wawancara kerja dalam waktu dekat, jangan lupa terapkan tips perkenalan diri saat interview di atas, ya!

 

 

Featured Image – mas-software.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!