Terlalu lama duduk ketika bekerja mungkin menjadi kebiasaan yang kerap diterapkan bagi sebagian besar orang di zaman sekarang. Meski terdengar sepele, namun menghabiskan waktu untuk duduk sampai 6 jam setiap harinya bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik jangka pendek maupun panjang.

Tidak hanya soal kesehatan fisik saja, seperti mengganggu kinerja jantung, namun duduk terlalu lama berpotensi menyebabkan timbulnya rasa sakit di bagian punggung, lho. Pada akhirnya, kebiasaan ini akan menyebabkan degenerasi dini.

Tapi tenang, untuk menghindari sejumlah dampak buruk akibat duduk terlalu lama, kamu bisa melakukan peregangan secara berkala, ya. Berikut 5 gerakan peregangan yang direkomendasikan.

Simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Breathing Bridge untuk Menguatkan Diafragma

Credit Image - cantik.tempo.co

Bekerja di depan komputer seharian tentu akan membuat kamu lelah, kan? Nah, bagi kamu yang jarang bergerak, maka sebaiknya lakukan gerakan peregangan dengan latihan pernapasan. Melalui breathing bridge selama 2 menit, ini akan melatih pikiran dan tubuh kamu.

Dimana breathing bridge adalah salah satu proses tubuh yang yang memiliki hubungan langsung dengan fungsi sistem saraf otonom. Bahkan sangat berguna untuk mengurangi keadaan stres, memperkuat diafragma, inti maupun bagian glute kamu.

 

2. Side Stretch, Peregangan yang Mudah Dilakukan

Ingatlah, menggerakkan tulang punggung sangat penting untuk keseluruhan kesehatan tubuh. Apalagi bagi kamu yang setiap harinya sering terlalu lama duduk bekerja. Nah, kali ini sebaiknya kamu berlatih side stretch. Dengan melakukannya, maka bisa membantu meredakan nyeri bahu dan punggung yang menumpuk karena duduk.

Kamu pun dapat mencoba gerakan Side stretch saat istirahat makan siang. Caranya sangat mudah, yaitu berdiri dengan kaki diatur sedikit lebih lebar dari bahu. Kemudian angkat lengan kiri ke atas dan ke samping di atas kepala.

Kemudian, pada saat yang sama, raih ke bawah dengan lengan kanan dan tekuk tubuh bagian atas ke bawah ke sisi kanan. Ulangi ini di sisi lain dan hindari bersandar ke depan atau ke belakang saat melakukannya.

 

3. Shoulder Stretch untuk Mengurangi Ketegangan

Credit Image - medicalnewstoday.com

Ketika otot meregang akibat terlalu lama duduk bekerja, maka cobalah melakukan latihan shoulder stretch. Bahwa gerakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mobilitas, mengurangi ketegangan dan menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, shoulder stretch juga membantu meredakan ketegangan otot, nyeri dan sesak di leher maupun bagian bahu. Terutama ketika bahu terasa kaku, alami ketidaknyamanan dan membatasi rentang gerak kamu.

Jadi jika sesak tidak terkendali, sebaiknya segera berdiri. Kemudian, lakukan sejumlah gerakan ini.

  • Melebarkan kaki paralel dengan pinggul dan posisikan jari-jari kaki lurus ke depan.
  • Kaitkan jari-jemari di belakang punggung.
  • Sementara kamu mengambil napas, luruskan kaki, regangkan tubuh bagian atas dan tarik kedua bahu ke belakang.
  • Remas tangan dan jaga agar tetap lurus di belakang punggung.
  • Buang napas dan perlahan bungkukkan tubuh ke depan.
  • Tetap regangkan punggung.
  • Angkat bahu dan tarik punggung bagian atas.

 

4. Seated Pidgeon yang Kaya akan Manfaat Baik

Gerakan peregangan selanjutnya yang bisa kamu lakukan, yaitu seated pdigeon. Gerakan ini berperan penting untuk mencegah melemahnya otot-otot dan menstabilkan otot kaki maupun bagian glute.

Dilansir dari Healthline, berlatih seated pidgeon secara teratur memberikan banyak manfaat. Pose tersebut berfokus pada pembukaan pinggul yang mendukung mobilitas dan fleksibilitas pada sendi. Seated pidgeon juga meregangkan fleksor pinggul dan punggung bagian bawah, yang biasanya tegang karena terlalu lama duduk.

Caranya cukup sederhana, yakni duduk di ujung kursi dan kemudian:

  • Jejakkan telapak kaki dengan mantap di lantai.
  • Angkat betis kanan dan tempatkan di atas paha kiri sambil melenturkan kaki kanan.
  • Tekan tangan kiri ke dalam telapak kaki kanan. Ini sekaligus juga berikan tekanan konstan pada kaki kanan untuk melawan tekanan tangan kiri untuk terus melenturkan kaki.
  • Tarik paha bagian dalam ke belakang dan ciptakan peregangan pada pinggul dan punggung bawah.
  • Regangkan tulang belakang dan tarik napas dalam-dalam. Ulangi untuk sisi yang satunya.

 

5. Warrior Pose untuk Meregangkan Dada dan Paru-Paru

Credit Image - jacquinoelyoga.com

Daripada kamu menahan rasa sakit dan pegal linu selama di kantor, cobalah melakukan warrior pose sebagai gerakan peregangan tubuh. Dimana berlatih dari warrior pose sendiri membutuhkan banyak kekuatan dan stabilitas, fleksibilitas di pinggul maupun tubuh bagian atas. 

Gerakan ini juga dapat meregangkan dada, paru-paru, bahu, leher, perut dan selangkangan. Bahkan manfaatnya memperkuat bahu, lengan dan otot punggung. Termasuk bagian betis, pergelangan kaki dan paha kamu. Jadi warrior pose pada akhirnya membebaskan tubuh kamu dari ketegangan, pikiran akan kembali segar dan bersemangat kembali.

Dari penjelasan di atas, rutin melakukan peregangan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, apalagi jika kamu duduk dalam waktu yang lama. Dengan cara ini, aktivitas harian pun tidak akan terganggu, ya.

Biar kegiatan semakin maksimal, kamu juga disarankan menjaga stamina tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Nutrisi satu ini bisa kamu peroleh dari sumber makanan – dan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti multivitamin dari Enervon.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Bagi yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga sistem kekebalan, sekaligus mempertahankan stamina tubuh biar tidak mudah lelah.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering menghabiskan waktu untuk duduk? Kalau begitu, jangan lupa lakukan peregangan secara berkala!

 

 

Featured Image – sgpainsolutions.com