Pada umumnya, masalah sulit tidur ditangani dengan perubahan pola tidur yang lebih sehat. Bahkan pada kasus tertentu, orang yang mengalami insomnia butuh menjalani terapi atau mengonsumsi obat tidur.

Namun, ternyata ada minuman sehat alami yang bisa bantu kamu agar tidur lebih nyenyak sepanjang malam. Mau tau apa saja? Ini dia ulasannya!

1. Susu hangat

Credit: yummy.ph

Susu merupakan minuman sehat yang mengandung senyawa aktif triptofan, yang mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melationin. Kedua hormon ini yang akan membuatmu jadi lebih rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Selain itu, susu juga tinggi kalsium yang juga bisa bantu kamu jadi cepat tidur.

Agar tidur nyenyak, sebaiknya konsumsi susu hangat sebelum tidur. Suhu hangat juga bisa bantu kamu semakin merasa rileks dan santai.

2. Teh lavender dan chamomile

Credit: healthline.com

Teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuatmu tidur lebih nyenyak. Teh dari bunga chamomile yang dikeringkan memiliki efek yang bisa bantu menghilangkan stress dan menenangkan pikiran. Sedangkan, esensial lavender dapat melemaskan saraf tegang setelah aktivitas seharian.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan 2 kantung teh chamomile yang diseduh air hangat selama 8 menit. Lalu, aduk sambil ditambahkan 1 atau 2 tetes minyak lavender. Konsumsi minuman sehat ini 30-60 menit sebelum kamu tidur.

3. Jus ceri

Credit: medicalnewstoday.com

Jus ceri dipercaya dapat mengatasi masalah insomnia. Ceri memiliki sifat antiradang yang mampu membantu jam biologis dan siklus tidurmu jadi lebih baik lagi. Pastikan kamu mengonsumsi jus ceri murni tanpa gula tambahan.

4. Smoothies kacang almond

Credit: goodhousekeeping.com

Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja untuk menenangkan sistem saraf. Efeknya, otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuatmu cepat mengantuk.

Cara membuatnya yaitu dengan blender susu kacang almond (tawar) dengan potongan pisang. Pisang juga menjadi sumber makanan tinggi triptofan dan magnesium yang membantumu agar tidur lebih nyenyak.

5. Lemon balm

Credit: organicfacts.net

Sebuah penelitian mengataskan bahwa buah lemon balm dapat mengatasi masalah insomnia. Penelitian tersebut melaporkan bahwa 81 persen orang yang mengonsumsi teh herbal kombinasi lemon balm dan valerian dapat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, lemon balm juga memberikan efek menenangkan serta memperbaiki mood agar tidurmu jadi lebih nyenyak.

 

Featured Image - medicalnewstoday.com