Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan semua orang. Tidak jarang, beragam cara akan ditempuh untuk mendapatkan berat badan ideal, mulai dari mengonsumsi obat diet, sedot lemak, hingga diet ketat. Padahal, ada cara diet sehat alami yang bisa dilakukan.

Diet sehat alami tidak mengharuskan kamu menahan rasa lapar secara berlebihan, artinya kamu tetap dapat mengonsumsi makanan, hanya saja jenis makanan yang dikonsumsi harus lebih sehat.

Berbagai cara diet sehat alami

Berikut ini beberapa cara diet alami yang perlu kamu ketahui.

1. Penuhi kebutuhan kalori harian

Credit: starberita.com

Berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan secara umum seseorang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda. Misalnya, pada wanita usia 19 hingga 30 tahun yang tidak aktif bergerak, membutuhkan kalori sekitar 2.000 hingga 2.200 kalori. Lalu, untuk pria usia 19-30 tahun yang tidak aktif bergerak membutuhkan kalori sekitar 2.600 sampai 2.800 kalori per harinya.

Kebutuhan kalori harian ini bisa bertambah atau berkurang, tergantung dari aktivitas fisik yang kamu lakukan sehari- hari. sebaiknya, cukupi kebutuhan kalori harianmu dan jangan melebihi batas yang sudah ditentukan. Karena, jika kamu konsumsi kalorimu melebihi dari kebutuhan harian, maka kalori tersebut akan disimpan tubuh sebagai lemak.

Untuk mendukung diet sehat alami, sebaiknya cukupi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari sumber kalori yang kurang sehat, seperti makanan manis dengan kandungan gula tinggi.

2. Minum cukup air

Credit: brita.co.nz

Tubuh membutuhkan cairan agar organ di dalamnya bisa berfungsi dengan baik, menjaga suhu tubuh, memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, melembapkan kulit, mencegah dehidrasi, dan menjaga ginjal tetap sehat.

Selain itu air putih bisa digunakan sebagai salah satu cara diet sehat alami. Dengan mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi rasa lapar. Rasa kenyang setelah meminum air putih akan membuatmu lebih sedikit dalam mengonsumsi kalori, sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

3. Makan sayur dan buah- buahan

Credit: thedailymeal.com

Saat menjalani diet sehat alami, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Selain mengandung vitamin dan mineral, sayur serta buah juga mengandung banyak serat dan air. Kandungan inilah yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sayur dan buah juga merupakan makanan rendah kalori, jadi kamu tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

 

Mendengar istilah diet sehat alami mungkin kamu langsung berpikir bahwa cara ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan berat badan ideal. Padahal, jika cara- cara ini dilakukan dengan disiplin dan diimbangi dengan olahraga teratur, sangat memungkinkan kamu untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu yang singkat.

Selain diet, untuk menjaga kesehatan sebaiknya konsumsi vitamin C dari Enervon setiap harinya untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - popsugar.com.au