Belum tuntas pandemi Covid-19, beberapa waktu silam ditemukan kembali varian terbaru virus corona yang masih dalam golongan Omicron, yaitu varian Omicron BA.4 dan BA.5. Keduanya pun sudah ditemukan di Indonesia.

Dilansir dari IDN Times, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti kemunculan dua subvarian Omicron ini bisa menyebabkan kenaikan kasus di sejumlah negara. Puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini sekitar sepertiga dari puncak Delta dan Omicron, sementara kasus hospitalisasinya juga sepertiga puncak Delta dan Omicron.

Sementara itu, kasus kematian sepersepuluh dari kasus kematian di puncak varian Delta dan Omicron. Jadi, meski terjadi kenaikan kasus, namun puncak dan kematiannya pun masih terbilang rendah.

Lantas, apa saja ciri-ciri gejala terpapar Omicron BA.4 dan BA.5? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Gejalanya Mirip Omicron BA.1

Credit Image - alodokter.com

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Erlina Burhan, mengungkapkan gejala yang muncul pada pasien terpapar Omicron BA.4 dan BA.5 mirip dengan gejala Omicron terdahulu. Sampai kini, kemungkinan gejala dari laporan berbagai negara mirip dengan Omicron BA.1.

Kemudian, gejala pasien dari dua subvarian tersebut yang paling sering dilaporkan adalah batuk, yaitu sebesar 89 persen, fatigue – atau kelelahan sebesar 65 persen, hidung tersumbat sebanyak 59 persen, demam 38 persen, mual dan muntah ada 22 persen.

Selain itu, ada pula gejala lainnya, yaitu sesak nafas sebanyak 16 persen, diare 11 persen, kemudian anosmia 8 persen. Dari 8 pasien kasus Omicron BA.4 dan BA.5, ada satu pasien yang sempat mengalami gejala berat.

 

Tercacat, Ada 8 Pasien yang Terpapar Omicron

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Kementerian Kesehatan mencatat sudah ada delapan kasus subvarian Omicron baru yakni BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Dari delapan pasien tersebuut tiga  diantaranya merupakan imported case dari Mauritius, Amerika, dan Brazil yang datang saat Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang digelar pada tanggal 23 hingga 28 Mei 2022, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Sementara lima kasus transmisi lokal, empat terdeteksi di Jakarta dan satu di Bali yang datang dari Jakarta, dalam acara GPDPRR.

 

Hindari Infeksi Varian Virus, Lakukan Langkah Ini!

Credit Image - republika.co.id

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan beragam mutasi virus, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Itulah deretan gejala yang paling sering ditimbulkan oleh varian Omicron terbaru. Terus waspadai risiko penularan virus dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

 

 

Featured Image – tirto.id

Source – idntimes.com