5 Kesalahan dalam Membuat CV Fresh Graduate, Bikin Tak Dilirik Perusahaan!

5 Kesalahan dalam Membuat CV Fresh Graduate, Bikin Tak Dilirik Perusahaan!

font size A Ǎ

Ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, namun kerap mendapat penolakan karena ada kesalahan dalam membuat CV? Kalau begitu, informasi di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan, apalagi jika kamu termasuk fresh graduate.

Memang dalam membuat CV fresh graduate, tak sedikit calon pelamar kerja yang kerap melakukan berbagai kesalahan. Seringkali kamu beranggapan bahwa CV yang dibuat sudah sesuai, namun usai perusahaan meneliti kembali, ternyata banyak kesalahan.

Padahal, kesalahan dalam CV fresh graduate pun terbilang sederhana. Sangat disayangkan jika kamu gagal hanya karena faktor yang satu ini. Lantas apa saja kesalahan dalam membuat CV fresh graduate yang perlu dihindari?

Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Kesalahan dalam Penulisan CV

5 Kesalahan dalam Membuat CV Fresh Graduate, Bikin Tak Dilirik Perusahaan!

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Kesalahan pada penulisan (typo) merupakan suatu kesalahan yang sangat sederhana tetapi banyak calon pekerja yang tidak memperhatikan hal tersebut. Perusahaan sangat mementingkan ketelitian dalam penulisan. Maka dari itu, kamu sebagai calon pekerja yang baik harus lebih teliti dalam penulisan tersebut. Tidak enak bukan apabila perusahaan menolak kita hanya karena kesalahan sederhana.

 

Ingin Terlihat Kreatif, Tapi Berlebihan

Kamu telah mengetahui bahwa banyak sekali ragam bentuk CV, salah satunya CV kreatif. Tidak jarang calon pekerja menonjolkan idenya melalui penulisan tersebut. Tetapi sayangnya hal itu tidak diperlukan oleh perusahaan, bahkan terkadang apabila perusahaan tersebut bukan perusahaan yang bekerja pada bidang industri kreatif mereka akan langsung menolak.

Penyebabnya adalah perusahaan hanya ingin melihat hal-hal penting yang ada tanpa kamu perlu memberikan banyak hiasan. Alangkah baiknya saat kamu membuatnya, pakailah font yang tetap mudah dibaca dan tidak banyak hiasan agar perusahaan dapat membacanya dengan lebih mudah.

 

Terlihat Aktif, Tapi Tidak Valid

5 Kesalahan dalam Membuat CV Fresh Graduate, Bikin Tak Dilirik Perusahaan!

Credit Image - lokerjakarta.id

Banyak calon pekerja yang memiliki banyak pengalaman serta prestasi yang membanggakan. Namun tidak semua hal dapat kamu tulis secara mendalam dalam CV fresh graduare. Perusahaan ingin melihat hal utama yang dapat kamu tonjolkan. Maka dari itu, kamu dapat mempersingkat pengalaman yang telah kamu punya tanpa harus memasukkan banyak informasi yang dapat menutup point utama.

 

Melamar pada Tempat yang Tidak Sesuai

Banyak para calon pekerja yang masih seringkali melamar semua pekerjaan dengan CV yang sama. Padahal perlu diperhatikan bahwa CV yang baik adalah CV yang sesuai dengan perusahaan yang ingin kamu lamar. Jika kamu melamar perusahaan negara tetapi yang kamu berikan CV yang bersifat fleksibel tentu hal itu tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Sesuaikan kembali dengan keinginan perusahaan agar nantinya kamu tidak salah sasaran dalam melakukan lamaran pekerjaan. Selain itu, kamu dapat menonjolkan kemampuanmu sesuai dengan perusahaan yang ingin kamu lamar.

 

Fokus pada CV Hingga Cover Letter Terlupakan

5 Kesalahan dalam Membuat CV Fresh Graduate, Bikin Tak Dilirik Perusahaan!

Credit Image - ef.co.id

Seringkali terjadi para calon pekerja sibuk pada pembuatan CV hingga lupa untuk menyisipkan pula Cover Letter. Memang pada dasarnya perusahaan tidak akan langsung meminta hal tersebut. Namun alangkah lebih baik jika kita telah menyiapkan hal tersebut.

Tentunya perusahaan akan memberikan nilai tambah kepada kita sebagai bentuk apresiasi atas kesiapan dan kesiagaan diri kita. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan cover letter, ya! Begitulah beberapa kesalahan calon pekerja yang tidak mereka sadari. Terlihat sederhana tetapi bukan hal yang sepele, kamu harus teliti kembali CV yang telah kamu buat.

Dan yang terpenting, selama membuat CV fresh graduate, pastikan kamu sudah menjaga konsentrasi dengan baik, sehingga tidak ada yang terlewatkan. Untuk menjaga konsentrasi, energi tubuh harus dimiliki, lho.

Pembentukan energi bisa dibantu dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, kamu direkomendasikan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan kesalahan dalam membuat CV fresh graduate. Pastikan kamu sudah menghindarinya, ya!

 

 

Featured Image – bullfrag.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!