5 Jenis Olahraga Untuk Membentuk Otot Perut, Tertarik Mencoba?

5 Jenis Olahraga Untuk Membentuk Otot Perut, Tertarik Mencoba?

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa otot-otot tubuh berfungsi untuk menopang tubuh? Ya, hal ini memungkinkan gerakan dan menahan organ di tempatnya, yakni dengan mengatur tekanan perut bagian dalam. Nantinya, otot-otot perut bagian dalam, bersama otot-otot di punggung akan membentuk otot-otot inti.

Sejumlah fungsi tersebut pun akan menjaga tubuh tetap stabil dan melindungi tulang bagian belakang. Nah, agar tidak menyebabkan ketegangan otot di bagian tersebut – dan membuatnya menjadi lebih kuat. Berikut gerakan untuk membentuk otot perut yang dapat kamu lakukan secara rutin.

Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

Bicycle Crunch Melatih Otot dengan Cara Berbeda

5 Jenis Olahraga Untuk Membentuk Otot Perut, Tertarik Mencoba?

Credit Image - sehatq.com

Sebaiknya hindari diri kamu kehilangan otot perut. Agar bisa menstabilkan tubuh dan membentuk otot perut, maka cobalah melakukan bicycle crunch. Dimana jenis olahraga ini dapat memberi banyak manfaatnya. 

Dimana bicycle crunch termasuk gerakan multi otot yang menargetkan otot perut, meningkatkan stabilitas. Berlatih gerakan tersebut, perut dan inti memastikan kamu melatih otot dengan cara yang berbeda. Jadi jangan kamu melewatkan sesi ini, ya!

Dilansir dari Verywellfit, bicycle crunch sangat baik untuk mengaktifkan rektus abdominis. Terutama otot perut bagian atas dan mengaktifkan obliques, yaitu otot perut samping. Selain itu juga mengencangkan paha, karena paha belakang dan paha depan akan terlibat.

 

Crossover Crunch Latihan yang Cocok Bagi Pemula

Mulai sekarang cobalah berlatih crossover crunch yang menghubungkan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Ini guna memiliki inti yang kokoh dan menciptakan landasan untuk semua aktivitas. Apalagi crossover crunch adalah latihan yang bisa dilakukan oleh pemula.

Terutama bagi yang ingin membentuk otot perut depan dan menargetkan perut samping. Jadi tambahkan gerakan crossover crunch ke latihan penguatan inti kamu, termasuk untuk bagian tengah tubuh terasa kencang.

Dikutip dari Sportskeeda, crossover crunch juga disebut cross-body crunch. Gerakan teesebut adalah latihan yang membangun inti lebih kuat. Dimana crossover crunch memiliki dampak yang sedikit lebih rendah pada tubuh.

 

Plank untuk Mempertahankan Kekuatan Inti

5 Jenis Olahraga Untuk Membentuk Otot Perut, Tertarik Mencoba?

Credit Image - popmama.com

Sebenarnya ada banyak latihan perut yang membentuk otot-otot di bagian tersebut. Salah satunya adalah plank. Melakukannya akan menargetkan kekuatan inti kamu. Termasuk memperkuat lengan, bahu, punggung, glutes dan kaki.

Dirilis dari Healthcorps, plank merupakan cara yang bagus untuk mempertahankan kekuatan di inti. Jadi plank sangat serbaguna dalam menargetkan banyak kelompok otot terpenting pada tubuh. Singkatnya, plank dinilai sebagai aktivitas atau cara membentuk otot perut yang pasif. Dimana gerakan dari plank akan melatih kekuatan otot perut dan lama-kelamaan berguna membuat perut berotot.

 

Reverse Crunch Mengaktifkan Otot Perut Utama

Reverse crunch adalah variasi tingkat latihan menengah untuk membentuk tubuh bagian atas. Termasuk mengencangkan perut. Ini melatih seluruh panjang otot rektus abdominis (otot six-pack), yakni sampai ke perut bagian bawah yang dalam.

Kamu bisa memasukkan reverse crunch setiap hari atau tiga hari dalam seminggu. Terutama sangat bagus untuk pemula yang ingin mengaktifkan otot perut utama. Termasuk obliques eksternal di sisi perut dan mengembangkan otot perut.

Dilansir dari Byrdie, reverse crunch merupakan gerakan penguatan inti klasik yang menargetkan perut bagian bawah. Dimana reverse crunch dilakukan dengan kaki terangkat dari lantai.

 

Sit-up untuk Membangun Kekuatan Otot pada Perut dan Pinggul

5 Jenis Olahraga Untuk Membentuk Otot Perut, Tertarik Mencoba?

Credit Image - manfaat.co.id

Sit-up adalah latihan perut klasik yang bisa kamu lakukan dengan berbaring telentang dan mengangkat tubuh. Dimana sit-up menggunakan berat badan untuk mengencangkan otot perut yang menstabilkan inti. Plus, memberi postur yang baik. Terutama melatih otot punggung dan gluteal.

Dikutip dari Times of India, jika berbicara tentang memperkuat otot inti maka sulit melewatkan sit up. Latihan seluruh tubuh ini memberi manfaat hampir semua otot utama tubuh. Gerakan gabungan tanpa peralatan mempromosikan postur yang baik, yakni dengan menargetkan punggung bawah dan otot gluteal.

Dengan rentang gerak yang lebih besar, sit-up membangun kekuatan otot pada perut dan pinggul. Berlatih sit-up secara rutin, mungkin merupakan salah satu cara untuk kamu yang sedang kehilangan otot alami karena penuaan. Jadi mulailah melakukannya 10 sesi sit-up guna memiliki tingkat massa dan fungsi otot yang lebih tinggi. 

Sejumlah gerakan di atas memang dapat membantu membentuk otot perut sekaligus menjaga kesehatan. Ya, aktivitas fisik dianggap mampu mempertahankan kondisi tubuh, hingga menguatkan sistem kekebalan.

Yang terpenting, dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh, pastikan kamu sudah mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah kelima latihan untuk membangun otot perut yang bisa mulai kamu rutin lakukan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!