Buat Pikiranmu Lebih Tajam, Lakukan Sejumlah Latihan Mudah Ini, Yuk!

Buat Pikiranmu Lebih Tajam, Lakukan Sejumlah Latihan Mudah Ini, Yuk!

font size A Ǎ

Pernah berpikir untuk mencoba latihan otak, namun bingung bagaimana cara melakukannya? Ternyata, ada berbagai kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan, lho. Melatihan latihan otak dapat meningkatkan kecerdasan dan mempertajam pikiran, sehingga kamu bisa berpikir dengan baik.

Buat kamu yang masih bingung untuk mulai darimana, di bawah ini, Enervon bakal kasih informasi mengenai deretan cara melatih otak dengan kegiatan sederhana – dan pastinya mudah dilakukan. Yuk, simak informasinya!

 

 

Pelajari Hobi Baru

Buat Pikiranmu Lebih Tajam, Lakukan Sejumlah Latihan Mudah Ini, Yuk!

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Mempelajari hobi baru mungkin membutuhkan lebih banyak komitmen dibandingkan dengan yang lain. Namun, cara yang satu ini lebih efisien dalam menjaga otakmu tetap waspada. Mempelajari sesuatu yang baru dapat menantang pikiranmu.

Mempelajari hal-hal baru mungkin bisa kamu lakukan, seperti mempelajari bahasa, hobi, atau memainkan alat musik. Dalam hal ini, kamu tidak hanya akan belajar sesuatu yang baru, tetapi juga meregangkan pikiranmu. Ini juga akan membantumu menjadi lebih berprestasi dan mengembangkan keterampilanmu.

 

Latihan Menggunakan Sumpit

Kamu pasti heran, bagaimana latihan otak dengan menggunakan sumpit? Caranya adalah dengan makan menggunakan sumpit. Kamu harus tahu bawah makan dengan sumpit adalah latihan otak yang sederhana, tapi dinilai efektif. 

Ini membantumu dalam sadar akan makan makanan yang bermanfaat untuk pencernaanmu. Juga, melakukannya bermanfaat untuk konsumsi kalori dan kesehatan otak. Jika kamu sudah mahir makan menggunakan sumpit, cobalah gunakan sumpit dengan tangan yang tidak dominan.

 

Gunakan Semua Indra Tubuhmu Sekaligus

Buat Pikiranmu Lebih Tajam, Lakukan Sejumlah Latihan Mudah Ini, Yuk!

Credit Image - eater.com

Memicu seluruh indramu dapat memberi kerja pada otak. Menggunakan semuanya dinilai dapat memperkuat dan meningkatkan pikiranmu. Untuk mencapai ini, cobalah aktivitas yang meningkatkan kelima indramu, seperti memanggang kue, mencoba restoran baru, bepergian, dan berkebun

Saat melakukan semua aktivitas itu, coba fokuslah pada sentuhan, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan pendengaran pada saat yang bersamaan. Libatkan untuk belajar dari hal yang kamu rasakan dari semua indra itu dan kamu akan mendapatkan indomaret dari apa yang kamu lakukan. 

 

Meningkatkan Kosa Kata

Kamu pasti sering menganggap bahwa meningkatkan kosa kata sebagai cara agar terdengar cerdas. Namun, apakah kamu sadar bahwa itu juga merupakan cara yang menyenangkan untuk merangsang otakmu?

Sebelum mengabaikannya, kamu harus tahu bahwa banyak area otak mengambil bagian dalam tugas kosakata. Tugas-tugas ini melibatkan pemprosesan pendengaran dan visual. Mempelajari kata-kata asing setiap hari merangsang berbagai area otak. Ini juga meningkatkan memori dan kognisi.

 

Mainkan atau Dengarkan Musik

Buat Pikiranmu Lebih Tajam, Lakukan Sejumlah Latihan Mudah Ini, Yuk!

Credit Image - humnutrition.com

Meningkatkan daya kreatifmu bisa semudah mendengarkan musik. Mendengarkan musik membantu menghasilkan solusi inovatif.

Jadi, mainkan musik yang menyenangkan untuk meningkatkan kekuatan otak dan pemikiran kreatifmu. Selain itu, mendengarkan musik juga membuka pikiranmu untuk menerima dan mempelajari hal-hal baru.

Otakmu adalah organ yang kompleks dan melatih otakmu adalah cara terbaik untuk memaksimalkannya. Aktivitas otak membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan memorimu.

Menjaga kesehatan otak juga diperlukan dengan mengonsumsi asupan makanan bergizi. Ingatlah bahwa makanan yang tidak bergizi, seperti makanan cepat saji bisa meningkatkan inflamasi di bagian otak.

Jadi, kamu sangat direkomendasikan untuk menghindari sejumlah makanan yang tak sehat, ya. Sebagai gantinya, konsumsi makanan kaya akan antioksidan yang bisa melindungi otak dari kerusakan. Salah satu vitamin yang mengandung antioksidan, yakni vitamin C.

Tak hanya dikenal sebagai nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, namun manfaat vitamin C juga dapat kamu rasakan untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Dampak baik tersebut pun bisa dirasakan jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C dalam jangka panjang, baik mendapat asupannya dari makanan, maupun suplemen multivitamin.

Mirip dengan vitamin E, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas. Dalam hal ini, antioksidan juga dapat melindungi otak dari berbagai macam risiko penyakit yang berkaitan dengan ingatan, seperti Alzheimer.

Selain itu, manfaat vitamin C untuk otak juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif seseorang, ya.

Lalu, vitamin B kompleks juga tak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan otak, lho. Mulai dari vitamin B1 – alias tiamin yang bisa meminimalisir berbagai risiko buruk terhadap otak. Kekurangan vitamin B1 atau tiamin dapat menyebabkan gangguan otak yang disebut Sindrom Wernicke-Korsakoff. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, hingga gejala yang lebih berat, seperti gangguan koordinasi gerakan tubuh dan berhalusinasi.

Kemudian, vitamin B6 juga penting dipenuhi setiap harinya. Vitamin ini berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres. Vitamin B6 juga berfungsi untuk menunjang produksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur jam tidur dan waktu istirahat tubuh.

Dan, ada pula vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung saraf otak. Vitamin ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

Baik vitamin C maupun vitamin B kompleks memang bisa diperoleh asupannya dari sumber makanan, namun agar lebih mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active, nih.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Melakukan deretan hal di atas dapat membantu melatih otak. Jadi, cobalah beberapa aktivitas tersebut – dan rasakan manfaat baiknya!

 

 

Featured Image – everydayhealth.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!