5 Trik Jitu Menjadi Team Leader yang Baik, Yuk, Diterapkan!

5 Trik Jitu Menjadi Team Leader yang Baik, Yuk, Diterapkan!

font size A Ǎ

Team leader adalah salah satu peran yang dibutuhkan dalam bekerja bersama tim. Namun, menjadi seorang team leader tentu bukan tugas yang mudah dijalani, lho. Karena selain membutuhkan sikap kepemimpinan yang baik, menjadi team leader juga memerlukan pengetahuan yang luas sekaligus menguasai keahlian yang lebih banyak dari anggota timnya.

Sayangnya, tidak sedikit pekerja yang justru dihadapkan dengan pemimpin yang membuatmu justru kurang nyaman. Mulai dari sikapnya yang kurang adil, pilih kasih, hingga kurang disiplin. Deretan hal tersebut memang harusnya dihindari oleh para pemimpin.

Tapi, ada deretan tips yang bisa dilakukan untuk menjadi team leader yang baik, sehingga anggota tim pun dapat bekerja secara maksimal. Apa saja?

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Menguasai Pekerjaan

5 Trik Jitu Menjadi Team Leader yang Baik, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - us.experteer.com

Memang, team leader adalah sosok yang mesti memiliki berbagai kehalian. Menjadi team leader pun tidak hanya dituntut menguasai satu bidang saja, namun diharuskan untuk mengetahui seluk beluk dan mengerti secara detail setiap pekerjaan yang ada.

Mengapa hal tersebut diperlukan, sebab ketika ada bawahan yang bertanya mengenai pekerjaan yang belum dia pahami kamu bisa menjelaskan dan menjawabnya secara detail. Maka penting kiranya menjadi team leader untuk terus meningkatkan kapasitasnya.

 

Menjadi Pemimpin yang Ramah

Penting kiranya saat bekerja kamu harus bersikap ramah. Apalagi jika kamu menjadi pemimpin atau team leader dalam sebuah perusahaan, sikap ramah dan tidak cuek bisa membuat bawahan dan rekan kerjamu akan nyaman bekerja denganmu.

Misalnya, jangan pernah merasa ragu untuk menyapa lebih dulu saat papasan dengan bawahan, atau saat ada rekan kerja yang membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menunjukkan sikap kepedulianmu.

 

Bersikap Adil

5 Trik Jitu Menjadi Team Leader yang Baik, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - indrairwansyah.medium.com

Tips selanjutnya yaitu berusaha untuk menjadi sosok pemimpin yang bisa bersikap adil terhadap rekan kerja yang lain. Maksud adil disini artinya menjadi pemimpin yang tidak mendiskriminasi atau membeda-bedakan terhadap bawahan dan bersikap sama terhadap rekan kerja yang lain.

Jika ada karyawan yang melakukan kesalahan, beri punishment atau sanksi yang sesuai dengan kesalahan yang dibuat, jangan melebih-lebihkan. Sifat adil sebagai team leader adalah salah satu karakteristik yang penting dimiliki semua pemimpin, lho.

 

Menjadi Pemimpin yang Adil

Dalam bekerja disiplin adalah hal yang sangat penting. Sebab, dengan menerapkan kedisiplinan akan membuat pekerjaanmu menjadi berkualitas.

Maka dari itu jadilah pemimpin yang bisa menjadi contoh baik dengan datang tepat waktu, konsisten, dan disiplin terhadap segala hal pekerjaan yang kamu buat. Sehingga membuat kamu menjadi panutan bagi teman kerjamu yang lain. 

 

Membimbing Rekan Kerja

5 Trik Jitu Menjadi Team Leader yang Baik, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - digstraksi.com

Tips kelima, kamu harus bisa membimbing rekan kerja atau bawahanmu terhadap segala interuksi yang sudah kamu berikan. Hal itu bertujuan untuk menghindari miss komunikasi – atau adanya kesalahpahaman saat bekerja.

Sebab, sering kamu alami salah satu permasalahan yang sering terjadi di kantor yaitu adanya miss komunikasi antara atasan dan bawahan. Maka dari itu sebagai leader yang baik, sebaiknya berilah penjelasan terlebih dahulu sebelum memberikan perintah. 

Memang, melatih menjadi sosok pemimpin yang baik bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, namun agar kegiatan belajar tersebut semakin maksimal, pastikan kamu sudah selalu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang sakit. Ini juga penting biar semakin produktif.

Untuk itu, kamu disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.. Multivitamin ini mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Meski menjadi team leader adalah tugas yang tidak mudah dilakukan, namun bukan berarti mustahil, lho. Kamu bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, salah satunya dengan menerapkan deretan tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – realitytraining.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!