5 Asupan Untuk Bantu Atasi Sindrom Kelelahan Kronis, Bikin Tubuh Kembali Berenergi

5 Asupan Untuk Bantu Atasi Sindrom Kelelahan Kronis, Bikin Tubuh Kembali Berenergi

Mendapat asupan nutrisi menjadi salah satu hal terpenting dalam proses memperbaiki sel tubuh yang rusak ketika sedang sakit. Namun ternyata, kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan jika kamu sedang mengalami sindrom kelelahan kronis, lho.

Sindrom kelelahan kronis merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa lelah dan lemas sepanjang waktu meski sudah cukup tidur atau istirahat sepanjang hari. Saat sedang mengalami sindrom ini, tubuh tidak hanya membutuhkan makanan yang menghasilkan energi yang bertahan dalam waktu singkat saja, namun harus bisa membantu regenerasi sel otot dan otak.

Berikut ini asupan yang perlu dikonsumsi untuk membantu mengatasi sindrom kelelahan kronis.

 

 

Konsumsi Magnesium dan Potassium

5 Asupan Untuk Bantu Atasi Sindrom Kelelahan Kronis, Bikin Tubuh Kembali Berenergi

Credit Image - klikdokter.com

Baik magnesium dan potassium dapat meringankan berbagai gejala sindrom kelelahan kronis, terutama gangguan pada otot.

Magnesium sendiri berguna dalam meningkatkan kadar energi tubuh, menyeimbangkan mood dan mengurangi rasa nyeri. Magnesium juga diperlukan untuk mengatur kadar gula darah dan tekanan darah. Sumber makanan yang kaya akan magnesium seperti bayam, labu, kacang almond, alpukat, dan pisang. Sedangkan potassium berfungsi untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Kram otot adalah tanda utama kekurangan potassium. Cukupi kebutuhan potassium dengan mengonsumsi bayam, air kelapa, pisang, buah aprikot, dan jamur.

 

Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Salah satu penelitian pada tahun 2015 lalu menemukan bahwa individu yang mengalami kelelahan kronis cenderung memiliki kadar serum vitamin D yang rendah. Rasa lemas dan otot terasa lelah adalah tanda saat tubuh mulai kekurangan vitamin D dan dampak lebih buruknya adalah tubuh tidak dapat menyerap mineral menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D dapat dengan mudah ditemukan di berbagai bahan makanan yang mengandung lemak seperti telur dan ikan berminyak serta produk olahan susu. Tubuh juga dapat memproduksi vitamin D saat sinar matahari mengenai permukaan kulit.

 

Perbaiki Asupan Nutrisi

5 Asupan Untuk Bantu Atasi Sindrom Kelelahan Kronis, Bikin Tubuh Kembali Berenergi

Credit Image - insider.com

Makanan olahan pada umumnya tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat kamu mengalami sindrom kelelahan kronis. Di samping itu, makanan olahan cenderung tinggi karbohidrat dan kalori. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makan olahan dan ganti dengan bahan makanan alami seperti telur, daging, atau ikan segar.

Untuk menjaga keseimbangan energi, penuhilah kebutuhan energi harian lebih banyak dari serat dan protein karena dapat bertahan lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana yang berasal nasi putih dan tepung.

 

Konsumsi Vitamin B

Salah satu penyebab sindrom kelelahan kronis adalah tidak tercukupinya vitamin B dari menu makanan sehari-hari. Vitamin B terdapat di berbagai jenis makanan dan memiliki kadar yang bervariasi, itulah sebabnya pola makan gizi seimbang dengan variasi makanan membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

Tidak semua vitamin B sama, berikut beberapa jenis vitamin B yang diutamakan untuk mengatasi kelelahan kronis:

  • Vitamin B6: membantu mengatasi kelelahan dengan membantu penguatan imunitas karena kelelahan kronis dapat disebabkan adanya infeksi dari dalam tubuh. Vitamin B6 terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, pisang, kentang manis, daging sapi, ikan tuna dan salmon.
  • Vitamin B12: diperlukan untuk menghasilkan komponen methyl untuk proses kekebalan, metabolisme, pengeluaran racun hingga fungsi saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai proses tersebut terganggu dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit kardiovaskuler, dan diabetes yang dapat memicu kelelahan kronis. Vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan ikan berminyak, hati hewan, telur, dan olahan susu.

 

Konsumsi Suplemen

5 Asupan Untuk Bantu Atasi Sindrom Kelelahan Kronis, Bikin Tubuh Kembali Berenergi

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Kecukupan nutrisi memang diperlukan untuk membantu mengatasi sindrom kelelahan kronis. Asupan nutrisi ini pun bisa dipengaruhi oleh asupan makanan, misalnya jika makanan kurang bervariasi dan jumlah terlalu sedikit, maka ada kemungkinan asupan nutrisi tidak bisa tercukupi secara maksimal.

Untuk itu, kamu disarankan mengonsumsi suplemen yang juga bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang dapat memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas tubuh.

Selain menjaga daya tahan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon juga dapat memaksimalkan metabolisme makanan, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Itulah deretan asupan yang diperlukan untuk mengatasi masalah sindrom kelelahan kronis. Jika kamu mengalaminya, pastikan segera melakukan cara untuk atasinya, ya!

 

 

Featured Image – liputan6.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!