Memiliki keluarga yang sehat merupakan idaman setiap orang. Keluarga yang sehat berasal dari rumah yang sehat. Kalau dilihat rumah sehat jenisnya banyak mulai dari ukuran, ventilasi, sumber air, toilet, pembuangan sampah, luas bangunan dan lingkungannya,

Rumah sehat merupakan tempat yang penting bagimu untuk memenuhi kebutuhan secara jasmani maupun rohani. Rumah sehat perlu strategi desain tersendiri ditambah dengan kepedulian penghuni rumah untuk tetap menjaga serta memeliharanya dengan baik.

Apa saja kriteria rumah sehat? Berikut ini ulasannya.

1. Kering

Credit: idea.grid.id

Rumah yang sehat dikondisikan dengan membangun sistem bangunan yang dikonstruksi dengan lingkungan lingkungan sekitarnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga agar sistem saluran air dan saluran pembuangan terjaga dengan baik. Begitu pula masalah perembesan serta kebocoran rumah, sebaiknya diatur agar tidak terjadi.

2. Bersih

Credit: parenting.dream.co.id

Sistem bangunan yang dimiliki memungkinkan agar rumah bebas kotoran, debu, asap, serta kontaminan lainnya. Rumah yang berada di dekat jalan raya berbeda penanganannya dengan rumah yang ada di kompleks atau persawahan. Hal ini dilakukan agar rumah sehat untuk keluarga dapat tercipta.

3. Aman

Credit: dekoruma.com

Selain dua poin diatas, rumah sehat sebaiknya dibangun dengan bentuk, fungsi, dan peralatan yang aman bagi penghuninya. Konsep ergonomis di setiap rumah juga sebaiknya dipikirkan. Sisi keamanan merupakan faktor yang penting, demi menghindari terjadinya kecelakaan di dalam atau di sekitar rumah.

4. Bebas kontaminasi

Credit: hellosehat.com

Gunakanlah cat rumah dan produk- produk bangunan yang aman dan tidak mengganggu kesehatan. Jauhi penggunaan formaldehida atau gas serta cairan yang dikenal sebagai formalin, untuk meminimalisir kontaminasi anggota keluarga.

5. Memiliki ventilasi

Credit: dekoruma.com

Setiap rumah sehat wajib memiliki ventilasi, yang berfungsi untuk mempelancar pertukaran udara segar. Dan standarnya, setiap ruangan harus memiliki ventilasi.

6. Bebas dari hewan pengganggu

Credit: nakita.grid.id

Penguin sebaiknya menjaga agar setiap sudut rumah bebas dari hewan pengganggu seperti tikus, kecoa, cicak, dan lainnya. Hewan- hewan ini selalu berusaha mencari makanan dan sarang di dalam rumah sehingga kamu dan keluarga harus bekerja ekstra untuk menghilangkannya.

7. Terawat

Credit: reader's digest

Rumah sehat merupakan rumah yang setiap elemennya terawat dan terpelihara dengan baik. Sebaiknya, para penghuni rumah mengatur jadwal khusus untuk saling berbagi tugas merawat rumah.

 

Rumah sehat adalah faktor pendukung dari kesehatan. 7 kriteria ini biasanya bisa dilihat dalam rangkaian 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan kemudian 1 tahun terakhir berapa anggota keluarga yang terkena penyakit tertentu yang berbasis lingkungan, seperti batuk atau pilek.

Selain 7 kriteria rumah sehat diatas, agar keluarga tetap sehat sebaiknya mengonsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin untuk bantu jaga daya tubuh kamu dan keluarga.

 

Featured Image - apartementtherapy.com