Investasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dipilih untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan, investasi pun seringkali dilakukan oleh para pekerja lepas, lho. Tapi, bagi berinvestasi yang penting diperhatikan.

Berbagai hal tersebut dapat membantumu agar tidak salah memilih jenis investasi sekaligus bisa mendapat keuntungan maksimal. lantas, apa saja tips yang bisa diterapkan agar kegiatan investasi bagi freelancer bisa dilakukan dengan tepat?

Berikut informasinya.

 

 

Melunasi Utang, Cicilan, dan Kebutuhan Lainnya Dahulu

Credit Image - thrivingmarriages.com

Pada hakikatnya, kamu dapat berinvestasi setelah kebutuhan dasar tercukupi, utang piutang telah berhasil tutupi dan segala cicilan telah lunas. Setelah itu semua selesai, kamu dapat mulai berinvestasi. Ingat, investasi itu tidak perlu harus dengan jumlah yang fantastis, yang paling penting adalah rutin.

Setelah kamu mengalokasikan gaji yang telah diterima untuk kebutuhan mendasar, kamu dapat menggunakan beberapa persen dari gaji tersebut untuk dinvestasikan. 

 

Meminimalisir Pengeluaran

Tips ini memang berlaku untuk seluruh pekerja, tidak memandang apakah gajinya tetap ataupun gajinya tidak tetap. Meminimalisir pengeluaran memang menjadi salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik.

Untuk kamu yang bekerja sebagai pekerja lepas  mulai sekarang lebih disarankan untuk sudah harus mengurangi pengeluaran terhadap hal-hal yang dirasa tidak perlu.

Contoh kecilnya, apabila kamu selama ini senang sekali membeli banyak sekali pakaian untuk dikoleksi. Maka, kamu harus berkompromi pada diri sendiri untuk tidak membeli banyak pakaian lagi, kamu harus mulai membiasakan untuk membeli pakaian yang secukupnya.

Apabila hal ini tercapai, uang yang tadinya digunakan untuk membeli pakaian yang banyak dapat diinvestasikan atau digunakan untuk keperluan yang lain.

 

Mencari Sumber Pendapatan Lainnya

Credit Image - digination.id

Pekerja lepas adalah jenis pekerja yang mendapatkan uang dari hasil pekerjaan yang ditawarkan oleh klien. Apabila tidak ada klien yang menawarkan pekerjaan maka freelancer tidak mendapatkan uang.

Untuk mengatasi krisis keuangan yang terjadi saat tidak ada klien, langkah jitu yang dapat dilakukan seorang freelancer adalah dengan melebarkan sayap untuk mencari sumber pendapatan lain. Kamu diharapkan dapat mempelajari keahlian lain yang dinilai bisa menghasilkan cuan untuk mengatasi krisis yang terjadi saat tidak ada klien yang menawarkan pekerjaan. 

 

Mengalokasikan Dana Investasi ke Beberapa Instrumen

Apabila kamu sudah mulai terjun berinvestasi, sangat disarankan untuk mengalokasikan dana yang dimiliki ke beberapa instrumen investasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko investasi. Misalnya, apabila kamu memiliki investasi di pasar saham yang beresiko tinggi. Selain itu, sebar juga ke instumen yang lebih aman misalnya emas

 

Siapkan Dana Darurat

Credit Image - ekrut.com

Sebenarnya ini merupakan sebuah opsi, yang dapat dapat dipilih atau tidak. Dana darurat sendiri adalah dana yang dapat digunakan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Misalnya, dalam beberapa waktu ini, banyak klien yang memutuskan kerjasama dan sedang tidak menggunakan jasamu, sehingga kamu tidak menerima gaji.

Jika sebelumnya kamu telah mengumpulkan dana darurat, maka dana itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sampai kamu mendapatkan klien yang baru lagi. Investasi yang dialokasikan pada beberapa instrumen sebenarnya dapat digunakan sebagai dana darurat, tetapi akan lebih baik jika sobat bisnis muda dapat mengumpulkan dana darurat tersendiri.

Nah, bagi kamu pekerja lepas yang berniat untuk melakukan investasi, agar tepat dalam memilih jenis instrument, pastikan kamu sudah menjaga konsentrasi. Ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang juga penting untuk menjaga energi tubuh.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Itulah deretan tips melakukan investasi bagi pekerja lepas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – pluang.com

Source - idntimes.com