Tahukah kamu bahwa si kecil mudah menyerap apapun yang ada di sekitar, termasuk yang kamu ajarkan? Tidak hanya menghitung atau melafalkan huruf, anak juga perlu membantu orangtua di rumah sebagai bekal kemandiriannya.

Anak- anak yang telah terbiasa membantu orangtua di rumah nantinya akan mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Pekerjaan rumah tangga merupakan predictor terbaik yang mengajarkan anak nilai- nilai kedewasaan, kebahagiaan, dan kemandirian.

Mengajarkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sejak dini, membuat mereka merasa mampu menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab, serta mereka juga akan merasa merupakan bagian dari tim. Berikut ini pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan anak untuk membantu orangtua di rumah.

1. Melipat pakaian

Credit: smartmama.com

Melipat pakaian merupakan pekerjaan rumah yang tidak terlalu sulit. Ajari anak untuk melipat pakaian yang mudah, seperti melipat celana yang hanya membutuhkan dua lipatan. Apabila pekerjaan ini dirasa terlalu sulit, minta anak untuk mengorganisir pakaian berdasarkan kepemilikannya.

2. Mencuci piring

Credit: glitzmedia.co

Mencuci piring sebenarnya bisa menjadi pilihan pekerjaan rumah yang akan disenangi anak- anak. Mereka akan senang karena bermain dengan busa yang dihasilkan dari sabun pencuci piring.

Contohkan kepada anak bagaimana cara mencuci piring dan membilasnya. Dan nantinya anak- anak akan bisa dengan cepat meniru. Dan jangan lupa pastikan tidak ada benda- benda tajam di sekitarnya.

3. Menyiram tanaman

Credit: dekoruma.com

Untuk pekerjaan ini, kamu hanya perlu mengharahkan si kecil untuk menyiram semua tanaman yang ada di lingkungan rumah setiap pagi. Mengetahui bahwa mereka terlibat dalam menjaga tanaman untuk tetap tumbuh akan sangat berarti bagi perkembangan si kecil. Tidak perlu disuruh, setiap pagi anak pasti akan mengingatkanmu untuk membiarkan mereka yang menyiram tanaman.

4. Menyiapkan makanan dan camilan

Credit: hellosehat.com

Melihat anak dapat menyiapkan makanan dan camilannya sendiri merupakan suatu kebanggaan. Si kecil bisa memperhatikan  saat kamu mempersiapkan makanan dan camilan untuknya. Dan terkadang, ia akan meminta ditambahkan topping yang ia inginkan sendiri. Rasa ingin tahu yang besar juga bisa membuat anak mempersiapkan makanannya sendiri sesuai selera.

5. Membersihkan mainan

Credit: aura.tabloidbintang.com

Mengajak anak untuk membersihkan mainan bersama merupakan ide yang bagus. Tidak hanya menunjukkan bagaimana cara membersihkan mainannya, tapi juga mengapa kita harus sesering mungkin membersihkannya. Katakan pada si kecil, bahwa mainannya juga perlu dimandikan agar lebih bersih untuk dimainkan kembali esok hari.

Apabila mainan tersebut juga disentuh oleh orang lain, berikan pemahaman bahwa hal ini bisa aja membawa kuman nakal. Sehingga membersihkan mainannya merupakan keharusan, agar kuman tidak berpindah ke tubuh anak.

 

Featured Image - wgno.com