Memiliki kesehatan mental memang penting, karena hal ini juga akan mendukung kondisi kesehatan fisik. Tapi sayangnya, sebagian orang masih memiliki masalah mental, mulai dari depresi, dan memiliki perasaan yang tidak nyaman.

Di sisi lainnya, seseorang yang punya mental sehat tentu bisa mengelola tingkat stres – dan juga emosinya. Selain itu, mental sehat pun mampu mengatasi dari rasa kurang aman, lho. Sudahkah kamu memiliki kondisi mental yang baik?

Berikut ini deretan tanda kesehatan mental yang baik.

 

 

Memiliki Rasa Aman dan Bisa Berinteraksi dengan Diri Sendiri

Credit Image - satelitnews.id

Lewat paparan yang disampaikan oleh Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Sayang Ajeng Mardhiyah, S.P.Si., M.Si, tanda kalau orang punya mental yang sehat  dia memiliki perasaan yang aman dan mampu berinteraksi dengan diri sendiri. Baik itu dengan orang lain, pekerjaan, keluarga, hingga masyarakat.

Tentunya, seseorang dapat menjalin relasi dengan siapapun tanpa adanya rasa was-was, kekhawatiran, dan juga ketakutan.

 

Dapat Mengatasi Permasalahan

Tanda seseorang punya mental sehat selanjutnya adalah, dirinya mampu berpikir realistis dalam mengatasi permasalahannya. Misalnya fisik, sosial, dan juga dirinya sendiri. Hal ini sangat menandakan bahwa mental kamu dalam keadaan stabil.

Selain itu, kondisi kesehatan mental seseorang juga bisa diukur melalui kemampuan dalam mengendalikan diri. Hal ini berkaitan dengan sikap seseorang dalam menghadapi masalah yang menimpanya. Seseorang dengan kesehatan mental yang baik, akan mampu mengendalikan diri dari hal-hal yang di luar batas ketika mereka mendapatkan masalah yang cukup serius.

 

Jarang Merasa Stres

Credit Image - detik.com

Stres merupakan kondisi yang wajar dan sering dialami seseorang ketika mendapatkan suatu masalah, baik karena beban pekerjaan atau persoalan hidup lainnya. Namun bukan berarti orang yang jarang merasa stres adalah orang yang tidak pernah dilanda masalah.

Hanya saja, mereka yang jarang merasa stres memiliki cara yang berbeda dalam menanggapi suatu masalah, misalnya saja tidak memikirkan suatu masalah secara berlebihan. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kesehatan mental yang baik.

 

Mudah Bangkit dari Keterpurukan

Mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang baik akan dengan mudah bangkit dari keterpurukan. Hal ini dikarenakan orang-orang dengan kesehatan mental yang baik rata-rata memiliki tingkat optimisme yang tinggi serta mereka mampu untuk mengendalikan diri ketika menghadapi suatu kegagalan atau bahkan peristiwa yang menyakitkan.

 

Terbuka dan Mampu Menerima Kritik dari Orang Lain

Credit Image - fimela.com

Ciri orang dengan kesehatan mental yang buruk adalah mereka sangat menutup diri dan berusaha menghindari segala macam kritikan. Karena bagi mereka kritikan bisa menjadi penyebab down-nya seseorang, dan bahkan mereka bisa menjadi sangat terpuruk karena kritikan yang didapat.

Berbanding terbalik dengan orang yang memiliki kesehatan mental yang baik. Mereka akan sangat terbuka dan mau menerima segala kritikan yang diberikan pada dirinya. Karena mereka menganggap kritikan merupakan suatu hal yang membangun dan bisa menjadikan masukan bagi dirinya untuk lebih baik lagi.

Memiliki mental yang sehat bisa mendukung kondisi kesehatan secara fisik. Dan untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, pastikan kamu sudah menjaga imunitas tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan asupan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun semakin terjaga, otomatis imun akan ikut meningkat.

Selain itu, jangan lupa untuk rajin melakukan aktivitas fisik, istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Yang tidak kalah pentingnya, untuk mendukung imunitas tubuh, kamu juga memerlukan asupan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang dapat memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas tubuh.

Selain menjaga daya tahan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon juga dapat memaksimalkan metabolisme makanan, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Gimana? Dari sejumlah tanda kesehatan mental di atas, apakah kamu sudah memilikinya?

 

 

Featured Image – feeljoy.medium.com

Source – popmama.com