5 Tips Mengatasi Efek Begadang, Bikin Tubuh Tetap Fit!

5 Tips Mengatasi Efek Begadang, Bikin Tubuh Tetap Fit!

Tak bisa dipungkiri, tidur larut malam kerap kali dilakukan ketika pekerjaan sedang menumpuk, menjelang ujian, atau terlalu sibuk bermain game, hingga menonton film. Padahal, bisa saja keesokan harinya kamu masih harus pergi bekerja. Untuk menghindari efek begadang – dan membantu tubuh tetap fit, ada beragam tips yang bisa dilakukan, lho.

Perlu diketahui bahwa orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama 8 jam agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kebutuhan tidur ini umumnya berbeda-beda, tergantung masing-masing individu serta disesuaikan dengan usia, aktivitas, dan kondisi medis yang dimiliki.

Ketika jam tidur berkurang drastis, maka ada efek begadang, seperti rasa kantuk yang menyerang keesokan paginya. Untuk menghindari efek begadang, berikut tips yang bisa diterapkan.

 

 

Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

5 Tips Mengatasi Efek Begadang, Bikin Tubuh Tetap Fit!

Credit Image - health.kompas.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi efek begadang, yaitu dengan meluangkan waktu tidur sejenak di siang hari. Waktu tidur siang bisa dilakukan pada jam istirahat selama 15-20 menit. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama tidur siang karena justru membuat kamu pusing setelahnya.

Selain itu, durasi tidur siang yang cukup dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Hindari tidur siang di atas pukul 3 sore, karena dapat mengganggu waktu tidur kamu pada malam harinya.

 

Lakukan Olahraga Ringan

Saat berada di kantor, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik-turun tangga, lari di tempat, atau sedikit peregangan yang bisa membuat tubuh bergerak. Aktivitas ini dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat kamu tetap terjaga.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan senam aerobik selama 30–40 menit sebelum berangkat kerja untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit setelah bergadang.

 

Sesuaikan Pencahayaan di Kamar Tidur

5 Tips Mengatasi Efek Begadang, Bikin Tubuh Tetap Fit!

Credit Image - suara.com

Saat mengalami efek begadang – dan terasa lelah sebagian orang lebih memilih memadamkan lampu agar bisa beristirahat dengan nyenyak. Kegelapan ini justru memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk.

Namun, jika kamu tetap ingin terjaga setelah bergadang, usahakan untuk selalu berada di ruangan yang terang. Selain itu, kamu juga bisa berjemur sejenak di bawah sinar matahari untuk menghilangkan rasa kantuk.

 

Manfaatkan Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik, termasuk laptop, tablet, ponsel, atau TV, memancarkan cahaya biru (blue light) yang dapat menunda pelepasan melatonin atau hormon penyebab kantuk. Oleh karena itu, mainkan perangkat elektronik untuk membuat tubuh tetap terjaga setelah bergadang.

Ketika aktivitas harian berakhir, segera gunakan waktu tersebut untuk tidur. Jika keesokannya hari libur, kamu bisa mematikan alarm dan tidur kembali hingga terbangun secara alami. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala.

Meski demikian, kamu disarankan untuk tidak sering bergadang, karena dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus tidur-bangun alami tubuh. Hal ini dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku sepanjang hari.

 

Konsumsi Vitamin dan Mineral untuk Menjaga Stamina

5 Tips Mengatasi Efek Begadang, Bikin Tubuh Tetap Fit!

Credit Image - orami.co.id

Mengurangi efek begadang juga dapat dilakukan dengan menjaga stamina tubuh agar kamu tetap bisa melakukan aktivitas harian dengan maksimal. Di sini, vitamin dan mineral punya peranan yang besar, lho, apalagi vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam proses metabolisme, sehingga tubuh mampu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

Nah, selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga dapat mengoptimalkan kebutuhan vitamin B harian dengan rutin meminum multivitamin, lho. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Efek begadang dalam jangka panjang memang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh, mulai dari menyebabkan obesitas, depresi, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke. Untuk itu, sebisa mungkin hindari tidur terlalu larut jika tidak ada kepentingan mendesak!

 

 

Featured Image – pikiran-rakyat.com

Source - alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!