Stres merupakan perasaan yang wajar dialami, selama kamu dapat mengelolanya secara tepat. Lalu, bagaimana jika stres semakin tidak bisa dikendalikan? Jika mengalaminya, kamu memerlukan berbagai latihan teknik relaksasi dasar yang mudah, ya.

Dilansir dari Mayoclinic, teknik relaksasi adalah cara yang baik untuk membantu stres pada pikiran dan tubuhmu. Hal ini pun bisa membantumu menikmati kualitas hidup yang lebih baik, lho.

Berikut 5 teknik relaksasi untuk melepas stres yang dapat diterapkan.

 

 

Meditasi untuk Membantu Pikiran Lebih Tenang

Credit Image - klikdokter.com

Untuk membantu redakan stres dan kecemasan, cobalah menggunakan teknik relaksasi dengan meditasi. Manfaat meditasi sendiri dapat memusatkan perhatian dan membuat pikiran yang lebih tenang.

Bahkan proses ini akan menghasilkan peningkatan kesejahteraan fisik dan emosional. Nah, bagi kamu yang termasuk pemula, kamu tak perlu melakukan meditasi terlalu lama. Cukup lakukan beberapa menit per hari dahulu, ya.

 

Teknik Deep Breathing untuk Menguatkan Diafragma

Kapan terakhir kali kamu menarik napas dalam-dalam? Bahwa teknik deep breathing adalah cara yang paling mudah, nyaman dan alami untuk memerangi masalah seperti stres.

Diinformasikan dari Healthline, pernapasan diafragma adalah jenis latihan pernapasan yang membantu memperkuat diafragma. Latihan pernapasan ini memiliki sejumlah manfaat yang mempengaruhi seluruh tubuh.

Meski terlihat sederhana, deep breathing juga dapat mengurangi tekanan darah dan gejala kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan.

 

Progressive Muscle Relaxation yang Membantu Kurangi Kelelahan

Credit Image - womensalphabet.com

Bagi kamu yang sedang ingin meredakan stres, progressive muscle relaxation adalah pilihan tepat. Dilansir dari Nationaljewishprogressive muscle relaxation akan menghasilkan berbagai manfaat. Termasuk pengembangan perasaan sejahtera, penurunan tekanan darah dan mengurangi kelelahan.

Jadi, teknik relaksasi ini lebih fokus melepaskan ketegangan secara perlahan dan merilekskan setiap kelompok otot. Biasanya, sesi progressive muscle relaxation memakan waktu sekitar 10-15 menit. Kamu pun dapat berlatih setiap saat, terutama sebelum tidur.

 

Visualization untuk Merasakan Situasi yang Damai

Selanjutnya, cobalah melakukan teknik relaksasi visualisasi yang bermanfaat menghilangkan stres dan membuat kamu lebih bahagia. Dengan teknik relaksasi ini, kamu bisa membentuk gambaran mental untuk merasakan situasi yang damai dan menenangkan.

Kamu dapat memvisualisasikan apa saja, hal-hal baik dan membawa gambaran mental yang positif dalam pikiran. Jadi, mulailah menggunakan imajinasi dan memanfaatkan bantuan aplikasi yang berisi suara agar lebih memudahkan.

 

Terapi Panas yang dapat Menghilangkan Ketegangan Otot

Credit Image - flexfreeclinic.com

Yuk, mulailah atasi ketegangan akibat stres dengan terapi panas. Tertarik mencobanya? Mengompres hangat beberapa bagian tubuh, ini adalah salah satu teknik relaksasi untuk membantu mempercepat proses pemulihan otot dan jaringan di sekitarnya. 

Dikutip dari Absoluteintegrativehealth, stres dan ketegangan adalah kombinasi yang tidak diinginkan tubuh. Ketika panas diterapkan, maka ketegangan pada otot-otot bisa dengan mudah dihilangkan. Terapi panas sangat bagus untuk meredakan stres, karena dapat membantu merilekskan tubuh dan memberikan kenyamanan. Termasuk perasaan menenangkan ke daerah yang terkena.

 

Maksimalkan Relaksasi dengan Konsumsi Vitamin Ini!

Tahukah kamu bahwa vitamin B kompleks dapat memberikan efek relaksasi, termasuk meningkatkan suasana hati? Ya, jadi tidak hanya rajin melakukan teknik relaksasi di atas, kamu juga bisa memaksimalkan kegiatan tersebut dengan rutin mengonsumsi vitamin B, lho.

Yang pertama, ada vitamin B3 – yang berperan dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain – kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang juga dapat dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood.

Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan, yang terakhir ada pula vitamin B9 dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Asupan vitamin B bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Namun, lebih mudahnya – kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C tablet mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – dan tentunya bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Dan, bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Yang pasti, Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua multivitamin tersebut memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

 

Jadi, itulah deretan cara relaksasi yang bisa kamu lakukan untuk redakan stres. Tak perlu waktu banyak, sejumlah teknik di atas bisa dilakukan dalam waktu singkat, lho. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – bernas.id

Source – popmama.com