Mental Fatigue Adalah Kondisi yang Rentan Terjadi, Ini Cara Mengatasinya

Mental Fatigue Adalah Kondisi yang Rentan Terjadi, Ini Cara Mengatasinya

font size A Ǎ

Pernahkah kamu mendengar istilah mental fatigue? Ya, kondisi yang satu ini ternyata sering dialami oleh para pekerja, lho. Jika kamu mengalaminaya, jangan sampai dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu kinerja.

Meski demikian, mental fatigue adalah sesuatu kondisi yang tidak bisa diatasi begitu saja, pasalnya butuh latihan dan proses – alias tidak bisa instan. Lantas, bagaimana sajakah cara mengatasi masalah yang satu ini?

Berikut ulasannya!

 

 

Kenali Penyebab Stres

Mental Fatigue Adalah Kondisi yang Rentan Terjadi, Ini Cara Mengatasinya

Credit Image - inews.id

Langkah pertama dalam mengatasi mental fatigue adalah mengenali dulu apa yang menyebabkan kamu stresBisa jadi ada masalah relasi dengan tim, kurang istirahat, beban kerja yang berat, atau memang pekerjaanmu bersifat sangat genting (misalnya tenaga kesehatan di tengah pandemi).

Nah, nantinya kalau sudah tahu penyebabnya secara persis, kamu akan lebih mudah fokus untuk mencari solusinya.

 

Tata Pikiran dan Pekerjaan Secara Perlahan

Menurut Forbes, kamu memang harus sering-sering menata ulang pikiran dan tenaga. Pelan-pelan, aturlah prioritasmu dan tunda dulu hal-hal yang sifatnya tidak mendesak.

Diskusikan dengan tim atau atasan apa saja yang memang harus diselesaikan sekarang dan mana yang bisa ditunda untuk sementara waktu. Kemudian, bagi pekerjaanmu dalam beberapa tugas kecil supaya lebih mudah dipantau dan kendalikan.

 

Bersikap Realistis

Mental Fatigue Adalah Kondisi yang Rentan Terjadi, Ini Cara Mengatasinya

Credit Image - dictio.id

Tahukah kamu bahwa memiliki sifat perfeksionis dan ambisius bisa memicu mental fatigue? Ya, meski terdengar sepele, namun nyatanya memasang target dan memiliki ekspektasi memang penting dalam bekerja.

Namun, kamu tetap harus bersikap realistis untuk mengukur kapasitasmu sendiri. Tidak perlu mengiyakan semua tugas atau tenggat waktu. Pahami juga bahwa ada waktunya untuk menjadi perfeksionis dan memastikan semua hal berjalan sesuai rencanamu. Namun, ada juga waktunya untuk menjadi lebih fleksibel.

 

Cobalah Lakukan Teknik Relaksasi

Dilansir dari Healthline, teknik relaksasi bisa menurunkan hormon kortisol. Maka, kamu akan jadi lebih tenang dan fokus. Ada berbagai teknik relaksasi yang bisa kamu coba. Bagi setiap orang, cara yang paling efektif mungkin berbeda-beda. Di antaranya adalah:

 

Menjaga Kesehatan

Mental Fatigue Adalah Kondisi yang Rentan Terjadi, Ini Cara Mengatasinya

Credit Image - everplate.co.id

Saat beban mental di kantor sedang berat-beratnya, langsung perhatikan pola hidupmu. Jaga kesehatanmu dengan cara makan teratur dengan berbagai menu bergizi – dan pastikan menghindari jenis makanan cepat saji.

Selain itu, tidur yang cukup setiap harinya, olahraga teratur, hingga mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah merasa lelah, sehingga dapat beraktivitas secara maksimal.

Yang tidak kalah pentingnya dalam menerapkan hidup sehat, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan asupan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang dapat memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas tubuh.

Selain menjaga daya tahan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon juga dapat memaksimalkan metabolisme makanan, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Nah, itulah deretan tips sederhana mengatasi mental fatigue. Apakah kamu tengah mengalaminya? Cobalah sejumlah cara di atas, yuk!

 

 

Featured Image – glints.com

Source - glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!