Ajari Si Kecil Belajar Mengeja, 5 Trik Ini Dapat Membantu, Lho!

Ajari Si Kecil Belajar Mengeja, 5 Trik Ini Dapat Membantu, Lho!

Moms dan dads pasti tahu bahwa mengajari Si Kecil untuk belajar mengeja mungkin bukan perkara mudah, ya? Untuk itu, penting sekali mengetahui berbagai langkah pembelajarannya, sehingga anak mampu menyerap ilmu dengan maksimal.

Tak dapat dipungkiri, membaca merupakan jendela dunia. Ya, dengan kegiatan ini, anak pun dapat membaca sehingga bisa memperoleh wawasan baru. Kegiatan membaca pun baiknya dimulai sejak usia dini agar anak bisa membaca dan mengikuti pelajaran di sekolah.

Nah, sebelum menguasai kemampuan membaca, Si Kecil pun perlu melalui proses belajar mengeja. Berikut ini tips mengajari anak belajar mengeja, yuk, simak informasinya!

 

 

Mengenal Huruf dan Pendekatannya

Ajari Si Kecil Belajar Mengeja, 5 Trik Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - kompasiana.com

Belajar mengenal bentuk-bentuk huruf adalah kunci dalam mengeja bacaan. Pada sesi perkenalan huruf, beri tahu seperti apa bentuk huruf dengan pengaturan kapital. Misalnya, "A", "B", "C", dan seterusnya.

Agar anak mudah mengingat huruf tersebut, jelaskan bagaimana bentuknya lewat pendekatan dengan hal-hal yang menarik bagi anak. Contohnya, huruf J, yang memiliki bentuk seperti gagang payung.

 

Mengenal Bunyi Huruf

Kunci penting dalam belajar mengeja anak TK selanjutnya adalah mengenal bunyi dari suatu huruf, mulai dari konsonan B hingga Z dan diikuti huruf vokal a, i, u, e, o. Kemudian, kenalkan juga bunyi-bunyian seperti ba, bi, bu, be, bo. Kenalkan kembali dengan huruf mati seperti "ng" dan "ny".

Lakukan pengenalan bunyi secara perlahan dan jangan lupa untuk melakukan pengulangan. Setelah selesai dipelajari, coba tanyakan bunyi dari kesemua huruf yang ada secara acak untuk mengasah kemampuannya.

 

Mengeja Satu Kata Utuh

Ajari Si Kecil Belajar Mengeja, 5 Trik Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - alodokter.com

Langkah selanjutnya adalah mengeja satu kata utuh yang umumnya ada di sekitar anak, contohnya kata "mama". Pecah kata tersebut menjadi beberapa huruf penyusunnya, kemudian minta anak untuk mengikuti moms dan dads menyebutkan ejaan dari kata tersebut.

Pada kata "mama", terdiri dari huruf "M", "A", "M", "A". Nah, ketika mengejanya, Moms menyebutnya dengan bunyi "em a ma em a ma" dan kemudian disambung dengan bunyi kata seutuhnya "mama".

Mempelajari keterampilan ini memang butuh waktu, dan perlu dilakukan secara berulang-ulang. Jadi, anak perlu melatihnya sesering mungkin agar kemampuannya semakin terasah.

 

Bisa Dilakukan dengan Membaca Bersama

Satu lagi kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk membantu anak lebih baik dalam mengeja kata, yakni membaca bersama. Jika biasanya moms dan dads yang membacakan buku dan Si Kecil hanya mendengarkan, pada kesempatan ini lakukan kegiatan bersama-sama.

Buka halaman buku dan lihat bersama-sama huruf-huruf apa saja yang ditampilkan. Lalu tuntun Si Kecil untuk mengeja kata tersebut, dan tanyakan bunyi-bunyi dari ejaan huruf yang ada.

 

Memainkan Card Words

Ajari Si Kecil Belajar Mengeja, 5 Trik Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - herzindagi.com

Anak-anak sebagian besar menghabiskan waktunya untuk bermain. Nah, Moms bisa menyelipkan metode bermain sembari belajar untuk hal ini. Caranya, sediakan mainan kartu-kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf.

Nah, dalam belajar mengeja, moms dan dads bisa mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana bunyinya dan mengurutkan kartu-kartu tersebut menjadi kata yang utuh. Metode belajar mengeja yang satu ini cukup mudah dilakukan, ya?

Agar kegiatan belajar mengeja semakin maksimal, pastikan pula moms dan dads sudah memberikan asupan nutrisi lengkap agar ia mampu menjaga konsentrasi.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Apakah Si Kecil sedang berada di fase belajar mengeja? Untuk memudahkan moms dan dads, cobalah tips di atas untuk memaksimalkan proses belajar mengeja anak, ya!

 

 

Featured Image – detik.com

Source - orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!