Di zaman serba digital, tidak sedikit orang yang merasa “kecanduan” dalam menggunakan gadget, mengingat fungsi smartphone yang semakin beragam dan mampu menunjang kehidupan sehari-hari manusia.

Meski demikian, patut kamu waspadai bahwa terlalu lama menatap layar gadget dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh, tidak hanya bagian mata saja, namun organ tubuh lainnya pun bisa ikut terpengaruhi.

Apa saja dampak tersebut? Berikut ulasannya.

 

 

Terjadi Ketegangan pada Mata

Credit Image - alodokter.com

Terbiasa berjam-jam menatap layar smartphone atau laptop? Hati-hati, karena ini bisa menyebabkan ketegangan pada mata! Faktanya, diprediksi 2 dari 3 orang akan mengalami ketegangan mata yang disebabkan oleh menatap layar gadget berlebihan, tutur laman Eye Center of Texas

Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang melihat smartphone lebih dari 150 kali dalam sehari. Padahal, ini menyebabkan banyak efek negatif bagi mata. Namun, kamu bisa menyembuhkan mata tegang dengan berbagai cara, misalnya sering-sering berkedip, kurangi pencahayaan pada layar gadget dan berikan jeda setiap 20 menit sekali. Memakai night mode di smartphone juga sangat

 

Menyebabkan Pusing

Ternyata, menatap layar gadget terlalu lama tidak hanya mengakibatkan masalah penglihatan, tetapi juga menyebabkan pusing! Biasanya, pusing ini juga disertai dengan masalah lain, yakni mata tegang, leher kaku dan sakit kepala, terang laman Cosmopolitan.

Ketika rasa pusing datang, letakkan gadget dan mulai cari cara untuk menyembuhkan. Cobalah untuk berbaring dan pejamkan mata, lalu duduk kembali dan teguk air perlahan-lahan untuk membuat kamu tetap terhidrasi. Jika pusing itu tetap bertahan, jangan ragu untuk segera beristirahat yang cukup.

 

Leher Menjadi Kaku

Credit Image - health.kompas.com

Tak hanya itu, menatap layar gadget terlalu lama bisa menyebabkan leher kaku. Apalagi, ketika kita melakukannya dengan posisi yang salah, seperti menunduk ke bawah. Menundukkan kepala memberikan banyak tekanan ekstra pada tulang belakang leher, ungkap laman CBI Health Group.

Faktanya, menundukkan kepala dapat memberi tekanan hingga 60 pon (27 kg) pada tulang belakang. Bahkan, beban akan bertambah 27 pon ketika kemiringan kepala mencapai 15 derajat. Akumulasi beban ini dapat menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan jaringan lunak di sekitarnya.

 

Sakit di Bagian Punggung

Tak hanya berimbas pada mata, menatap layar gadget terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa laporan menunjukkan bahwa tulang belakang berada di bawah tekanan saat menggunakan smartphone, tutur laman CBI Health Group.

Apalagi, jika kita menatap gadget terlalu dekat dengan mata, punggung kamu jadi tertekuk, lalu mengakibatkan otot nyeri. Kondisi ini juga bisa memicu osteoartritis dini pada tulang belakang leher dan punggung menjadi kaku.

 

Tangan Menjadi Sakit dan Kaku

Credit Image - halodoc.com

Bukan mata, leher dan punggung saja yang jadi korban, tetapi juga tangan! Ini akibat kita memegang smartphone dengan tangan selama berjam-jam. Berdasarkan studi di Amerika Serikat, tiap orang rata-rata menghabiskan 5 jam per hari memakai smartphone dan mengakibatkan sindrom carpal tunnel, jelas laman Muir Orthopaedic Specialists.

Carpal tunnel menyebabkan rasa sakit, mati rasa, kesemutan di lengan dan tangan. Kondisi ini terjadi ketika salah satu saraf utama tangan, yaitu saraf median, terlalu lama mendapat tekanan, terang laman Ortho Info. Peredaran darah pun menjadi tak lancar dan mengakibatkan rasa nyeri, mati rasa dan kesemutan di tangan.

 

Waktu Tidur Berkurang – Tubuh Menjadi Mudah Lemas

Terlalu sering bermain gadget pun bisa menyebabkan kamu stamina tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan mineral.

Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Itulah efek negatif dari terlalu lama menggunakan gadget, pastikan kamu sudah membatasi waktu pemakaiannya!

 

 

Featured Image – dewimagazine.com

Source – idntimes.com