Menjaga asupan gizi dan nutrisi yang baik penting dilakukan agar tubuhmu tetap sehat. Dengan membawa bekal makanan ke kantor akan membuatmu lebih mudah mengatur jenis dan jumlah nutrisi, serta rasa makanannya. Menu makanan bisa dibilang bergizi dan sehat jika sudah mengandung karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah, dan lemak baik.

Nah, untuk kamu yang ingin membawa bekal ke kantor, berikut ini beberapa contoh menu makan siang sehat yang bisa kamu bawa. Menu ini mudah dibuat dan pastinya kaya akan gizi!

1. Sandwich

Credit: us.kiwilimon.com

Sandwich atau roti isi bisa jadi salah satu pilihan menu makan siang sehatmu. Sandwich bisa dikreasikan dengan berbagai bahan makanan. Kamu bisa mengisinya dengan selai kacang dan potongan buah- buahan, atau diisi dengan pilihan protein seperti daging sapi, daging ayam fillet, telur, ikan, atau keju. Selain itu, sandwich juga bisa diisi dengan buah seperti alpukat atau sayuran rebus yang ditambah sumber protein, baik hewani atau nabati.

Saat mengisi roti, pastikan kamu tidak menggunakan mayonnaise dan mentega terlalu banyak, karena bahan ini mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh.

Menu makan siang sehat seperti ini cocok dikonsumsi untuk kamu pekerja kantoran yang tidak terlalu banyak beraktivitas fisik. Dan juga cocok untuk kamu yang sedang diet.

2. Salad sayuran

Credit: booths.co.uk

Jika dibuat dengan resep yang pas dan sesuai, salad bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu, lho!

Salad merupakan sumber makanan tinggi serat yang mudah dibuat. Caranya, kamu hanya perlu mencuci bersih sayuran hijau, dan memotongnya kecil- kecil sebelum berangkat beraktifitas. Untuk mencukupi nutrisi harianmu, padukan salad dengan sumber karbohidrat seperti kentang bakar atau kentang rebus, dan sumber protein seperti potongan daging ayam tanpa kulit.

Sama seperti sandwich, pastikan kamu tidak terlalu banyak menggunakan mayonnaise karena mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

3. Nasi, sayuran, dan protein

Credit: tasteofhome.com

Bagi kamu yang merasa kurang kalau belum makan nasi, menu makan siang sehat ini mungkin cocok untukmu! Nasi aman dikonsumsi setiap hari, jika kamu bisa mengatur porsinya dengan tepat. Jika ingin membuat menu makan siang untuk diet, kamu bisa mengganti nasi dari beras putih ke beras merah.

Kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah dapat membuat perut kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan. Sebagai pelengkap, tambahkan sayuran tumis atau rebus dan sumber protein seperti ayam panggang, daging tumis, atau ikan rebus.

 

Menu makan siang sehat dan enak sebenarnya mudah didapatkan dan biayanya cukup murah jika disiapkan dari rumah. Kombinasikan menu makan siang sehat dengan berbagai macam sayuran yang ada, seperti bayam, wortel, bunga kol, dan brokoli yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisimu.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin C dari Enervon yang bantu jaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - barbercuebible.com